Mohon tunggu...
Munti KurniaNingsih
Munti KurniaNingsih Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - semoga menjadi literasi yang bermanfaat

segala sesuatu yang melalui proses susah, hadiahnya akan indah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Melalui Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Omah Jenang Blitar

18 Agustus 2021   09:10 Diperbarui: 18 Agustus 2021   11:30 490
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Omah Jenang merupakan UMKM yang terletak di Jl. Masjid Utara No.46, Yosowinangun, Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur. UMKM ini menjual produk oleh-oleh khas Blitar yang dipasarkan di dalam serta luar wilayah Blitar. Selama pandemi, UMKM Omah Jenang mengalami penurunan omset secara drastis. 

Hal tersebut terjadi karena adanya berbagai kebijakan yang telah diterapkan oleh pemerintah, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. 

Selain itu, penerapan strategi pemasaran kurang efektif sehingga tidak maksimal dalam menggait para konsumen. Padahal pelaku UMKM lainnya telah gencar memasarkan produk dengan cara yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini.

Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, mahasiswa memberikan kontribusi berupa tindakan nyata untuk dapat mengentaskan permasalahan tersebut. Tindakan nyata tersebut diimplementasikan melalui program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). 

Program pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan menganalisis permasalahan yang sedang dialami oleh masyarakat. Kemudian membantu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Apabila solusi telah ditemukan, mahasiswa mengaplikasikannya sesuai solusi yang telah dirancang. 

Dengan demikian, adanya pengabdian masyarakat dapat membantu menyelesaikan masalah sosial yang sedang dihadapi oleh UMKM Omah Jenang Blitar.

Tim pengabdian masyarakat adalah mahasiswa jurusan sosiologi Universitas Negeri Malang. Diketuai oleh Kiki Amelia Sari, tim pengabdian melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada pelaku usaha Omah Jenang mengenai teknik fotografi. 

Pelatihan teknik fotografi ditujukan untuk dapat menghasilkan foto produk Omah Jenang yang lebih menarik dan mengandung unsur estetika. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk Omah Jenang Blitar.

Tim pengabdian pada masyarakat turut memberikan sosialisasi mengenai teknik pemasaran dengan manfaatkan media sosial sebagai salah satu media pemasaran produk. 

Media sosial berguna untuk meningkatkan pangsa pasar Omah Jenang yang dapat meningkatkan pendapatan usaha Omah Jenang. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan 4 (empat) karyawan UMKM Omah Jenang Blitar dan dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai standar yang diberlakukan.

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan secara tatap muka meskipun masih dalam suasana pandemi COVID-19 berjalan dengan lancar dan baik. Pertemuan dalam kegiatan ini dikemas dengan menarik dan sistematis sehingga membuat peserta PPM dapat mengikuti dengan seksama. 

Pelaksanaan PPM bertempat di Pusat Omah Jenang Blitar yang terletak di Jalan Masjid Utara No. 46, Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur. 

Kegiatan PPM dilaksanakan melalui sosialisasi strategi promosi dan pemasaran serta pelatihan dan praktik fotografi diikuti oleh 4 (empat) orang karyawan Omah Jenang Blitar. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 8 dan 9 Mei 2021 mulai pukul 08.00-11.30 WIB.

Kegiatan PPM hari pertama dilaksanakan melalui sosialisasi strategi promosi dan pemasaran. Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan oleh owner Omah Jenang Blitar. 

Kemudian dilanjutkan pada kegiatan inti, yaitu sosialisasi dan penyampaian materi oleh tim pengabdian. Materi sosialisasi dan pokok bahasan yang disampaikan oleh tim, meliputi Teknik Fotografi, Teknik Pemasaran, Alur Pemasaran, dan Teknik Editing Foto. 

Setalah sosialisasi dan penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan sosialisasi mendapat sambutan positif dari peserta. Partisipasi aktif dari peserta membuat kegiatan berjalan baik dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab. 

Strategi pemasaran yang ditawarkan oleh tim pengabdi adalah pemasaran melalui media sosial yaitu menggunakan platform Instagram. Pemasaran melalui media sosial ini dilakukan dengan melakukan pemasangan iklan melalui Instagram story dan editing foto yang akan diunggah untuk menarik perhatian calon kosumen. 

Jangkauan iklan terpasang luas sehingga banyak orang akan mengetahui produk yang dihasilkan oleh UMKM Omah Jenang Blitar dan tertarik untuk membeli secara online.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan melakukan pelatihan teknik fotografi. Kegiatan pelatihan tersebut mendapat sambutan baik dari para karyawan yang menjadi peserta pada kegiatan PPM. Praktik fotografi ditujukan untuk membuat para peserta menjadi lebih memahami teknik fotografi yang benar untuk mendapatkan hasil foto yang indah. 

Kegiatan pelatihan teknik fotografi dilakukan dengan memberikan informasi terkait pemilihan angle foto yang tepat hingga teknik editing foto. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan teknik fotografi yang sudah dipelajari secara langsung. 

Selanjutnya, foto yang telah diambil dengan bagus dan telah melewati proses editing akan diposting dalam akun Instagram sebagai katalog. Katalog berisi berbagai informasi mengenai produk olahan Omah Jenang yang original, agar konsumen yang berasal dari luar Blitar yang hendak membeli secara online dapat melihat melalui katalog yang ada di Instagram.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun