Mohon tunggu...
Mulyani
Mulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mulyani mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rendahnya Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas V SDN Cipocok Jaya 4

30 November 2024   10:35 Diperbarui: 30 November 2024   10:32 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB I  PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 

Kemampuan menyimak ialah salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam pembelajaran dan dunia pendidikan. Kemampuan menyimak ialah suatu keterampilan atau kemampuan yang harus dimiliki setiap peserta didik khususnya di sekolah dasar. Menurut Soraya, dkk (2019:1) keterampilan menyimak adalah sebuah keterampilan berbahasa yang sangat esensial, sebab keterampilan menyimak adalah dasar untuk menguasai sebuah Bahasa. Pendapat berbeda dikemukakan oleh Mustadi, dkk (2021:1) yang menyatakan bahwa Keterampilan menyimak merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Dengan demikian, keterampilan menyimak adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik khususnya peserta didik sekolah dasar yang mana keterampilan menyimak ini memiliki manfaat dan tujuan agar peserta didik bisa lebih memahami materi atau pun pelajaran yang di ajarkan dengan baik. 

Dalam Keterampilan menyimak di perlukan kegiatan ekstra dalam mendengarkan dengan cara yang baik. Seorang peneliti bernama Rankin melakukan penelitian tentang bagaimana keterampilan mendengarkan digunakan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa umumnya orang menggunakan keterampilan mendengarkan lebih sering dibandingkan dengan keterampilan lainnya. Namun, kenyataannya, pelatihan untuk keterampilan mendengarkan sering diabaikan. Rankin menyatakan bahwa pengajaran di kelas lebih terpusat pada keterampilan membaca. Banyak orang menganggap remeh keterampilan mendengarkan. Penting untuk dicatat bahwa di awal proses pembelajaran, siswa memerlukan perhatian khusus terhadap keterampilan mendengarkan atau menyimak. 

Permasalahan yang dialami peserta didik dalam kegiatan menyimak sering mengganggu pembelajaran atau menghambat kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, seperti halnya di kelas V SDN Cipocok Jaya 4 kemampuan menyimak peserta didik masih tergolong rendah. Maka pendidik perlu memahami terlebih dahulu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menyimak. Selain itu, sebagai pendidik juga perlu mencari jalan keluar dari masalah itu, agar di masa depan siswa mampu menyimak dengan baik. Oleh karena itu, peneliti akan menyelidiki lebih lanjut mengenai faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan menyimak dan bagaimana solusi untuk guru dalam mengatasi rendahnya kemampuan menyimak siswa. 

B. Rumusan Masalah  

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 

1. Apa saja faktor penyebab rendahnya keterampilan menyimak peserta didik kelas V SDN Cipocok Jaya 4?  

2. Bagaimana solusi untuk mengatasi rendahnya keterampilan menyimak peserta didik kelas V SDN Cipocok Jaya 4 

C. Tujuan 

1. Untuk mengidentifikasikan faktor penyebab rendahnya keterampilan menyimak peserta didik kelas V SDN Cipocok Jaya 4 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun