Mohon tunggu...
sri mulyani
sri mulyani Mohon Tunggu... Guru - Kepala SMP Negeri 7 Purwodadi

Penulis Buku Sinau Tembang Macapat yang diterbitkan oleh Media Guru penulis BUku Terciptanya Tari Batik Grobogan yang diterbitkan oleh Media Guru

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Manfaat Aplikasi IT dalam Pembelajaran

13 Mei 2020   22:07 Diperbarui: 13 Mei 2020   23:58 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sri Mulyani,S.Pd.,M.Pd.

Guru dengan tugas tambahan. Bekerja di SMPN 7 Purwodadi,Kabupaten Grobogan,jawa Tengah.

Bp/ Ibu peserta  workshop di belahan nusantara,saya ucapkan selamat mengikuti E- workshop  Batch 1 dengan topik  “Aplikasi IT  untuk Pembelajaran” yang di selenggarakan oleh Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan pola 10 jam melalui moda in –on – in.

In- 1: 11 Mei 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB melalui aplikasi zoom.

On: 12 -13 Mei 2020 dilakukan secara mandiri

In-2: 14 Mei 2020 melalui aplikasi zoom pukul 09.00 – 11.00.

Kegiatan E- Workshop ini sebagai nara sumber adalah bapak Hari Wibowo,M.Pd (Widyaiswara PPPPTK Bahasa.

Sebagai Moderator adalah Ibu Indriyati,Mtrain.Dev (eks-Staf Khusus UNESCO di Ethiopia).

Bapak / ibu peserta workshop di seluruh belahan nusantara ,Sungguh tidaklah sia – sia,kita bisa mengambil kesempatan yang sangat baik ini  ikut bergabung dalam kegiatan ini. Guru di era milenial sekarang di tuntut untuk melek IT.

Syukur alhamdulilah dalam kondisi seperti sekarang ini dengan adanya pandemi covid 19. Ikatan Widyaiswara Indonesia(IWI) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memfasilitasi guru di seluruh indonesia untuk mengikuti workshop

Workshop ini sangat bermanfaat sekali bagi kami, karena materi yang ada dalam kegiatan ini memperkenalkan 8 aplikasi Pembelajaran di antaranya :

  • Rumah Belajar
  • Penyedia aplikasi & Konten Edukasi dari Kemdikbud
  • Fitur Utama : Kelas Digital, Sumber Belajar, Kelas Maya dan Bank Soal
  • Sumber Belajar Lainnya : TV-E, Radio-Edukasi, M-edukasi dll
  • Partner : G-Suite, Office 365, Ruang Guru, Zanius.net, dll
  • Sumber Belajar
  • Fitur materi ajar yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan.
  • Bank Soal
  • Fitur kumpulan soal dan materi, evaluasi siswa yang dikelompokan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal lahitan, ulangan dan ujian.
  • Kursus Daring
  • Fitru pembelajaran daring interaktif dilakukan melalui konferensi video bersama guru-guru duta Rumah Belajar dari seluruh provinsi di Indonesia, yang diselenggarakan untuk mendampingi siswa-siswi yang sedang belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19.
  • Classtools.Net
  • Kreasi game, kuis, aktivitas gratis tanpa sign up
  • random name picker
  • (permainan russian roulette) yang menunjukkan siswa agar aktif secara acak. Dengan cara klik to spin, klik edit/save untuk mengganti dengan nama siswa. Setelah jadi silahkan klik agar berputar. Jarum jamnya yang berputar akan menunjuk salah satu nama siswa.
  • QR treasure hunt generator
  • (memburu QR barcode) cara penggunaannya sebagai berikut :
  • Sebelum pelajaran : bentuk siswa ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok membutuhkan setidaknya Satu orang yang memiliki perangkat seluler. Kemudian minta siswa untuk unduh pembaca QR ke perangkat seluler mereka. Bawa perangkat ini ke dalam pelajaran. Cetak kode QR ini untuk masing-masing pertanyaan kuis ini. Gunting dan letakkan di sekitar kelas/ sekolah anda.
  • Saatb pembelajaran : miliki kode QR pertama pada layar di papan tulis anda. Setiap tim memindai ke perangkat mereka dan diberitahu untuk mulai berburu di sekitar sekolah untuk kode QR yang tersisa. Mereka pergi! Pemenangnya adalah tim pertama yang kembali dengan jawaban paling benar pada waktu yang tersedia.
  • Puzzle Tokoh
  • (menyusun puzzle tokoh)
  • Kahoot.Com
  • Permainan kuis interaktif
  • Pada laman ini caranya dengan sign up dan login, kemudian silahkan klik create, lalu klik kuis dengan membuat soal-soal pilihan ganda beserta opsinya, jangan lupa untuk save  untuk dapatkan kode pin, selanjutnya klik play untuk mulai bermain kuis.
  • Saat bermain siswa diminta menggunakan gawainya/HP dengan cara : klik browser google lalu klik kahoot.it. masukkan kode pin dan ketik namanya, lalu ok. Selanjutnya jawab pertanyaan yang ditayangkan dengan klik pilihan benar pada gambar dua dimensi pada gawai.
  • Kompasiana.Com
  • Blog skala nasional, dibawah media kompas digital, menjadi wadah berbagi tulisan atau artikel-artikel pembelajaran. Blog ini dapat dikelola sendiri dan dapat dibagikan tautan tulisannya di WAG/FB/Twitter/Instagram.
  • Wakelet.Com
  • Wadah kreasi konten didunia maya. Platform kurasi konten yang pengguna dapat menyimpan tautan, posting media sosial, video, dan gambar sebagai item yang nantinya akan diorganisasi menjadi koleksi pribadi atau publik. Aplikasi ini dapat dikelola sendiri dan dapat dibagikan tautannya.
  • Moviemaker
  • Mengubah PPT jadi video pembelajaran dengan cara kumpulkan materi / gambar, pilih sebuah lagu MP3 kemudian simpan dalam format MP4/ video, kemudian buka aplikasi moviemaker, masukan video MP4 lalu masukan lagu pengiringnya dan save dalam format youtube.
  • Youtube.Com
  • Berbagi video pembelajaran. Dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Video dari moviemaker bisa diunggah di laman ini. Dengan sign up/ daftarkan channelnya di www.youtube.com kemudian ungguh video dan share tautannya kepada siswa.
  • Savefrom.net
  • Aplikasi yang dapat menyimpan video dari youtube. Buka laman youtube di browser, silahkan ketik judul video yang dibutuhkan di mesin pencari. Tambahkan huruf SS pada portal youtube, seperti berikut : https://www.ssyoutube.com/watch?v=-kXsWyCWA4M maka akan terbuka jendela baru ke portal www.savefrom.net. Video dari youtube siap diunduh dengan memilih format video (MP4, 3GP dsb) terlebih dulu. Video unduhan anda dapat dilihat di folder download.

 Dari 8 aplikasi pembelajaran yang telah kami terima dalam kegiatan workshop tersebut semuanya sangat bermanfaaat. Dan pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam variasi  aplikasi sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Contoh aplikasi KAHOOT .Di dalam aplikasi ini baik siswa maupun guru semuanya aktif.

Dengan mengikuti workshop ini saya tertantang untuk menggunakan aplikasi zoom untuk mengajak meeting bp/ibu guru saya ,dan saya laksanakan pada hari kamis pukul 08.00 WIB. dalam rangka Rapat Penulisan Surat Keterangan LULUS dan Penulisan nilai Raport pada anak kelas IX di SMP Negeri 7 Puwodadi. hal ini baru pertama kalinya saya menyelenggarakan rapat online dengan Bapak/ Ibu Guru saya.  

Terimakasih Bapak / ibu Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) yang telah memfasilitasi dan memberikan kesempatan untuk bergabung  mengikuti workshop ini.Dan insyaalloh akan saya tularkan kepada guru – guru saya di SMPN 7 Purwodadi  Kab. Grobogan ,Jawa Tengah pada kegiatan In House Training di awal tahun pelajaran 2020-2021 dengan memanfaatkan aplikasi IT Pembelajaran. dalam suasana pandemi covid-19 seperti ini sangatlah diharapkan agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan lancar dan dapat memenuhi standar yang ada di dalam kurikulum. guru dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.  dengan menggunakan berbagai macam aplikasi di dalam pembelajaran baik siswa maupun guru dituntut untuk selalu mengkreasi hal-hal yang baru yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu yang membuat siswa dan guru saling berinterkaksi aktif tentunya dalam hal ini pembelajaran tersebut sangatlah menyenangkan dan tidak membosankan.

#iwikemdikbud

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun