Mohon tunggu...
Muklis Puna
Muklis Puna Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Penulis Buku: Teknik Penulisan Puisi, Teori, Aplikasi dan Pendekatan , Sastra, Pendidikan dan Budaya dalam Esai, Antologi Puisi: Lukisan Retak, Kupinjam Resahmu, dan Kutitip Rinridu Lewat Angin. Pemimpin Redaksi Jurnal Aceh Edukasi IGI Wilayah Aceh dan Owner Sastrapuna.Com . Saat ini Bertugas sebagai Guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Dialog dalam Drama adalah Sebuah Bentangan Cerita, Betulkah?

17 Februari 2024   13:07 Diperbarui: 17 Februari 2024   13:10 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Pixabay

Oleh: Mukhlis, S.Pd., M.Pd.

Terdapat dua terjemahan yang tidak dipahami oleh penikmat drama secara umum. Adapun kedua terjemahan tersebut adalah, pertama  pemeran drama menterjemahkan naskah drama yang telah ditulis oleh sutradara dalam  naskah yang panjang dalam bentuk   dalam bentuk lakuan tokoh yang telah dibagikan oleh penulis naskah. 

Selanjutnya, pada bagian  kedua  penonton selaku  penikmat drama yang dipentaskan  di atas panggung menterjemahkan  tigkah laku tokoh.  

Kedua hal di atas selama ini terasa abai oleh guru  yang mengajar materi drama. Setiap pesan dan amanat yang mau disampaikan dalam naskah drama ternyata membutuhkan proses yang lama  untuk sampai pada penikmat karya sastra dalam bentuk drama.

Selain itu,  dalam drama juga perlu memperhatikan peran para pelaku yang ditulisnya. Dalam proses penulisan, penulis harus akrab dengan karakter dan gerak langkah yang harus diperbuat oleh aktor-aktor yang diperankan  di dalam naskah tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan jelas pada naskah drama yang ditulis di dalam kurung atau kramagung

Kramagung ini ibarat perintah penulis bagi para aktor untuk berbuat sesuatu, berbuat sesuatu itu harus dengan peran. Tuntutan gerak atau akting yang diharapkan para penulis dalam drama bersifat terbuka, artinya para aktor atau sutradara yang akan memainkan drama tersebut bebas mengembangkan dengan mempertimbangkan segala hal.

Akting atau teknik bermain ini unsur drama yang penting yang harus diperhatikan baik oleh penulis maupun oleh para pemain. Dialog-dialog yang ditulis harus diucapkan dengan baik dan harus diimbangi dengan gerak ekspresi wajah tepat sesuai dengan yang diharapkan dalam naskah drama tersebut. 

Kalau mengucapkan ”Aku lelah dan perutku lapar….” Tanpa ekspresi wajah dan gerak yakin, pesan yang terkandung dalam teks drama itu tidak akan sampai kepada penonton. Oleh karena itu, dialog harus diucapkan dengan peran  yang mencerminkan hal itu benar-benar lapar, misalnya dengan wajah yang kecapaian sambil menekan perut yang lapar itu.

Sebagai penulis drama harus mempunyai suatu wawasan tentang bagaimana posisinya, kapan harus mengubah posisi, gerakan bagaimana yang harus diperankan agar dapat menimbulkan efek dramatis. (Muclisoh, 1991:398).

 Dialog

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun