Â
Oleh: Mukhlis, S.Pd., M. Pd.Â
 Sejak  tahun pemilu  mulai  berdentang, orang - orang  sibuk  mengulas  dan  menganalisis  siapa  calon  pemimpin  Indonesia  ke depan.  Dilihat  sekilas, mereka  seperti ahli  politik  pada acara Talk Show yang  ditayangkan  di  televisi  swasta nasional  dewasa  ini.
Padahal  ketika  ditilik  lebih jauh, ternyata referensi  politik  yang  digunakan  adalah  media Tiktok dan  Facebook.  Media tersebut   belum  jelas  informasi  yang  dibicarakan,  akan tetapi mulut  mereka  berbusa - busa  mengupas  politik  yang  berkembang. Â
"Politik  basi  ala  warung  kopi" itu  versi  penulis  yang  berkembang  dewasa  ini. Tanpa  modal   yang  cukup  mereka  menjadikan  dirinya  raja di  warung  kopi  dalam  debat  sarung  yang  diluncurkan. Â
 Anehnya,  debat  sarung  yang  tidak  jelas  mana atas  dan  mana  bawah  hanya  membicarakan  calon  presiden  dan  wakil  presiden. Â
Pertanyaannya  mengapa  pemilihan  legislatif  sepi seperti  ditelan  waktu.  Hanya  sampah -sampah  visual  milik  sang  caleg  yang  berceloteh  mengumbar  janji  di atas  panji  dalam nuansa  warna?Â
Lebih  lanjut, mengapa  masyarakat  tidak  tertarik  sama sekali  mengulas dan  membahas  tentang  calon  legislatif, baik  secara personal   atau program yang  ditawarkan?Â
Pemilihan Calon Legislatif Dilaksanakan  Serentak dengan Capres Cawapres
Ketika pemilihan capres-cawapres dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan legislatif, maka gaung capres- cawapres lebih bergema.Â