Oleh: Mukhlis, S.Pd., M.PdÂ
Penulis  produktif  ini  telah  menghasilkan karya risalah keagamaan dan juga prosa yang sarat dengan ide-ide mistis. Selain  menulis tentang karya-karya bernuansa  tasawuf  beliau juga  menguasai bahasa Arab, bahasa Parsi,  dan  menguasai bahasa Urdu. Kepopuleran nama Hamzah  Al- Fanzuri  tidak diragukan lagi, banyak pakar telah mengkaji keberadaannya  lewat karya-karyanya yang monumental. Â
Paham dan pemikiran tasawuf Hamzah  Al- Fanzuri  yang dibawanya bersama seorang muridnya bernama Syamsuddin Al-sumatrani. Mereka  memainkan peranan penting dalam membentuk pemikiran dan praktek keagamaan kaum muslim nusantara pada paruh pertama abad ke- 17 M.Â
Ajaran-ajaran mereka sangat dipengaruhi oleh karangan-karangan Ibnu Arabi dan Al-Jilli. Misalnya, bahwa alam raya merupakan serangkaian emanasi neo-platonisme, dan menganggap setiap emanasi adalah aspek Tuhan. Â Tuhan sebagai wujud tunggal yang tiada bandingan dan sekutu menampakkan sifat-sifat kreatif-Nya melalui ciptaan-Nya.Â
Pendapatnya ini merujuk pada Al-Quran Surat Al-Baqarah, ayat 151 yang artinya  Kemanapun kamu memandang akan tampak wajah Allah. Paham ini menyebabkan Hamzah Fansuri dan Syamsuddin dituduh sesat dan menyimpang. Pemikiran mereka akhirnya ditentang oleh ulama-ulama besar Aceh yang datang belakangan .
Semua karya dan kitab Hamzah  Al- Fanzuri  mengangkat tema  tentang ketuhanan.  Ini sesuai dengan bidang yang digelutinya selama bertahun -tahun.  Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa  Hamzah  Al- Fanzuri  merupakan ulama dan sastrawan yang fenomenal hanya dikenali oleh sebagian masyarakat kecil di Aceh  sampai hari ini.Â
Di kancah kesusastraan  melayu beliau dikenal sebagai pelopor utama dan ulama besar yang pernah mengeluarkan fatwa demi Aceh bermartabat. Karena pemahamannya terhadap proses bergelut dengan tuhan dianggap  berlawanan dengan umum  telah membuat nama dan karyanya teraniaya.  Pengaruh ulama besar yang datang  belakangan seperti Nuruddin Ar-Raniry dan Syaih Abdul Rauf Al Singkili telah   menggusur nama  pujangga dunia ini di mata masyarakat Islam nusantara khusunya sebagai penyair sufi yang menganut aliran wahdatul wujud yang belum ada tandingannya di negeri ini.Â
Sebagai penutup penulis menyajikan satu penggalan  syair Hamzal Al- FanzuriÂ
Sidang Fakir Empunya Kata
Tuhanmu zhhir terlalu nyata
Jika sungguh engkau bermata
Lihatlah dirimu rata-rata
Kenal dirimu hai anak jamu
Jangan kau lupa akan diri kamu
Ilmu hakikat yogya kau ramu
Supaya terkenal akan dirimu
.
Jika kau kenal dirimu bapai
Elokmu itu tiada berbagai
Hamba dan Tuhan dim berdamai
Memandang dirimu jangan kau lalai
Kenal dirimu hai anak dagang
Menafikan dirimu jangan kau sayang
Suluh itsbt yogya kau pasang
Maka sampai engkau anak hulu balang
Kenal dirimu hai anak ratu
Ombak dan air asalnya satu
Seperti manikam much th dan batu
Inilah tamsil engkau dan ratu
Jika kau dengar dalam firman
Pada kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Furqn
Wa Huwa maakum fayak nu pada ayat Quran
Wa huwa bi kulli syaiin muchth terlalu iyn
Syariat Muhammad ambil akan suluh
Ilmu hakikat yogya kau pertubuh
Nafsumu itu yogya kau bunuh
Maka dapat dua sama luruh
 Mencari dunia berkawan-kawan
Oleh nafsu khab ts badan tertawan
Nafsumu itu yogya kau lawan
Maka sampai engkau bangsawan
Penulis  adalah Pemimpin jurnal Aceh Edukasi  dan guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H