Oleh Mukhamad Abthal
Secara sederhana, brand adalah sejenis merek produk dan identik dengan logo perusahaan. Brand atau branding memiliki peranan penting dalam bisnis perusahaan, fungsi branding secara mendasar yakni untuk menanamkan image dan citra perusahaan kepada masyarakat dan calon konsumen untuk jangka waktu yang lama.
Dalam dunia bisnis, ada ribuan bahkan jutaan orang memiliki produk yang sejenis dengan produk kamu. Brand berperan sebagai identitas untuk membedakan produk yang kamu miliki dengan para pebisnis lain. Untuk memudahkan pemahaman kamu tentang branding, disini akan dibahas pengetahuan mengenai branding lewat pengertian, unsur, jenis dan tujuan yang perlu kamu ketahui,
Pengertian Branding
Branding berasal dari kata brand yang dalam bahasa Indonesia artinya merek. Namun dalam kegiatannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. Jika brand adalah merek, maka branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang berhubungan dengan bisnis sebuah produk memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai jual barang melalui sebuah brand.
Penting untuk perusahaan membangun sebuah brand dalam sebuah bisnis. Karena, brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal masyarakat.
Unsur-Unsur Branding
Karena brand adalah merek dan identitas perusahaan. Maka dalam proses branding ini kamu perlu mengetahui unsur apa saja yang harus disertakan pada sebuah branding. berikut unsur-unsur yang harus dipenuhi,
Nama Merek, nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kamu merencanakan sebuah branding. Tanpa nama, produk tidak akan memiliki identitas khusus yang dapat diketahui oleh masyarakat atau calon konsumen kamu.
Logo, logo memiliki peran penting dalam sebuah branding, pembuatan logo harus menyesuaikan image produk. Logo yang unik cenderung dapat memikat calon konsumen disamping penamaan yang menarik.
Tampilan Visual, tampilan visual dapat diaplikasikan pada beberapa penampilan secara keseluruhan seperti desain produk, desain kemasan dan lain sebagainya. Penggunaan warna-warna yang menarik dan elegan akan menambah citra sebuah produk.
Kata-kata Menarik, kata-kata yang menarik biasanya bersifat mengajak, dimana seorang pelaku usaha mengajak calon konsumennya untuk mengenal lebih dalam brand mereka melalui kata-kata yang unik dan bijak.
Jenis-Jenis Branding
Selain unsur-unsur, kamu pun perlu tahu jika branding memiliki beberapa jenis, berikut adalah jenis-jenis branding,
Product Branding
Product branding adalah jenis produk yang paling umum keberadaanya. Karena produk dengan merek yang bagus dan menarik dikatakan berhasil jika mampu menarik minat konsumen untuk konsisten membeli.
Personal Branding
Dikalangan public figure personal branding merupakan alat yang paling populer untuk mempromosikan kemampuan mereka. Seperti halnya artis, musisi, politis dan lain sebagainya. Selain dikenal, mereka pun memiliki penilaian tersendiri di mata masyarakat.
Corporate Branding
Corporate Branding, strategi sebuah kelompok yang membahas tentang kepentingan-kepentingan sebuah bisnis terkait image perusahaan dimata masyarakat. Corporate branding sangat penting untuk peningkatan reputasi perusahaan dimata calon konsumen.
Tujuan dan Fungsi Branding
Tujuan utama branding adalah untuk membentuk persepsi masyarakat dan membangun rasa percaya masyarakat terhadap sebuah brand. Fungsi branding yang perlu kamu ketahui,
Sebagai Pembeda, perusahaan yang memiliki brand kuat lebih mudah menarik perhatian konsumen. Karena brand yang kuat menjadi sebuah pembeda.
Daya Tarik, brand yang menarik akan mendapatkan nilai plus tersendiri dari masyarakat. Daya tarik tidak boleh hilang dari sebuah branding.
Mengendalikan Pasar, Masyarakat adalah faktor penentu sebuah brand berhasil diterima dan meninggalkan kesan menarik. Oleh karena itu, brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena faktor manusia yang sudah mengenal.
Langkah-Langkah Membuat Branding Agar Laku di Pasaran
Membangun branding untuk dikenal banyak orang bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, agar brand dapat dikenal oleh masyarakat maka kamu perlu mengetahui langkah-langkah efektif membuat branding untuk menarik calon konsumen.
Membuat Iklan
Secara umum, membuat Iklan merupakan salah satu cara efektif untuk melakukan branding agar produk kamu mudah dikenal oleh masyarakat.
Mengikuti Event dan pameran dan bazar
Event adalah peluang yang bagus untuk mengenalkan brand kamu kepada masyarakat secara langsung. Pilih dan sesuaikan pameran atau bazar yang akan diikuti dengan bidang bisnis kamu.
Berikan Nilai Tambah Selain Produk
Buatlah konten yang dapat membangun hubungan antara konsumen dan bisnis kamu. Maksudnya adalah kamu jangan hanya membuat konten tentang inti produknya saja. Namun berikan nilai edukasi yang dapat menaikan citra positif brand kamu.
Itulah beberapa pengetahuan mengenai branding yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI