A. Pengertian Marketing Plan
Marketing Plan adalah sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi marketing atau cara pemasaran untuk mencapai target dalam menjalani bisnis.
*Unsur-unsur dalam marketing plan, antara lain:
1. Ringkasan dan tujuan usaha
2. Menentukan target dan standar yang harus dicapai
3. Menentukan target pasar
4. Menetapkan konten promosi
5. Kenali kompotitor
6. Tetap fokus dan prioritas
7. Menetapkan Modal
8. Segmentasi
B. Cara dan Rancangan Marketing Plan
Marketing plan merupakan bagian dari bisnis plan atau perencanaan perusahaan, dan sebagian dari serangkaian dari aktifitas yang berhubungan dengan tujuan pemasaran dan tujuan perusahaan.
*Langkah-langkah merancang marketing plan, antara lain:
1. Membuat profil perusahaan
2. Tentukan target customer
3. Tentukan keunikan produk perusahaan anda
4. Tentukan strategi harga
5. Rencana distribusi yang jelas
6. membuat strategi promosi
C. Targeting dan Position
Targeting merupakan suatu proses mengevaluasi kebutuhan pasar yang sesuai dengan produk perusahaan.
*Manfaat targeting, yaitu:
1. Dapat mengembangkan posisi produk
2. Mendidik peluang pasar lebih luas
3. Memanfaatkan sumber daya yang terbatas
Salah satu hal penting dalam penjualan produk ialah memiliki daya tarik atau karakter yang berbeda dari produk yang lain. hal ini bisa disebut dengan positioning. Jadi, positioning adalah cara pemasar menanamkan citra persepsi atau imajinasi atas produk yang di tawarkan melalui proses komunikasi.
*Tugas positioning, antara lain:
1. Mengidentifikasi sejumlah kemungkinan keunggulan bersaing untuk membangun posisi.
2. memilih keunggulan bersaing yang tepat.
3. Mengkomunikasikan secara efektif dan mendeliverykan yang terpilih ke pasar.
D. Program Penjualan dan Distribusi
Program penjualan dan distribusi itu sendiri dapat di maknai  sebagai suatu program  yang terdiri dari berbagai  kegiatan pemasaran  yang berusaha untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Sehingga penggunaannya sesuai dengan apa yang di butuhkan.
>Â Tipe penjualan dan sistem saluran pemasaran
Program penjualan dan distribusi mencakup semua aktifitas yang berhubungan dengan kontak personal langsung dengan para pembeli atau dengan pedagang grosir atau melalui perantara eceran.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI