Aspek digitalisasi dan teknologi telah menyumbang peran besar dalam membentuk perkembangan karir baru di banyak aspek kehidupan, karena mulai dari kegiatan sehari-hari sampai dengan aspek pekerjaan sekarang pun berhubungan dengan teknologi.
Saat ini pemanfaatan teknologi begitu berguna, terutama dalam membantu kegiatan pemasaran. Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik, sebuah bisnis atau perusahaan dapat berkembang dengan baik di era teknologi ini. Oleh karena itu, karir mengenai Digital Marketing sangatlah dicari. Namun sebagaimana yang kita ketahui bahwa Digital Marketing merupakan ranah yang luas, tapi tidak perlu khawatir! Digital marketing juga punya spesialisasi khusus di bidang tertentu yang dapat kamu tekuni, yuk simak apa saja spealisasi dari digital marketing itu sendiri.
Aspek digitalisasi dan teknologi telah menyumbang peran besar dalam membentuk perkembangan karir baru di banyak aspek kehidupan, karena mulai dari kegiatan sehari-hari sampai dengan aspek pekerjaan sekarang pun berhubungan dengan teknologi.
Saat ini pemanfaatan teknologi begitu berguna, terutama dalam membantu kegiatan pemasaran. Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik, sebuah bisnis atau perusahaan dapat berkembang dengan baik di era teknologi ini. Oleh karena itu, karir mengenai Digital Marketing sangatlah dicari. Namun sebagaimana yang kita ketahui bahwa Digital Marketing merupakan ranah yang luas, tapi tidak perlu khawatir! Digital marketing juga punya spesialisasi khusus di bidang tertentu yang dapat kamu tekuni, yuk simak apa saja spealisasi dari digital marketing itu sendiri.
Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing atau pemasaran digital menurut Neil Patel, ahli digital marketing terkemuka adalah tindakan menjual produk dan layanan melalui saluran atau kanal-kanal, seperi media sosial, SEO, email, dan aplikasi seluler. Digital marketing memanfaatkan banyak media online seperti website, social media, dan lainnya. Dasarnya, digital marketing tidak jauh berbeda dengan teknik pemasaran tradisional.
Hal yang membedakan kedua teknik pemasaran tersebut hanya saluran atau tempat pemasarannya. Biasanya, marketing tradisional berfokus pada pemasaran melalui media cetak, televisi, radio, bilboard, dan sejenisnya.
Namun saat ini, dikarenakan konsumen lebih sering melakukan aktivitas online, membuka media sosial, update di situs berita dan blog, serta menggunakan mesin pencari untuk menjawab rasa penasaran mereka maka kegiatan pemasaran dilakukan secara online dengan Digital Marketing.
Spesialisasi Digital Marketing
Digital marketing terus tumbuh seiring jumlah konsumen secara online yang tetap besar. Hal ini menunjukkan masih banyak pekerjaan marketing yang harus dilakukan dan terbuka peluang kerja untuk dieksplorasi. Oleh karena itu, apabila kamu ingin mencari peluang karir digital marketing, dapat dimulai dari sekarang.
No worries! Ada berbagai pekerjaan terkait digital marketing yang dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan dan minat kamu. Berikut beberapa peluang karir spesialisasi digital marketing yang lagi sering dicari di dunia kerja. Juga, rata-rata gaji yang didapatkannya. Check it out!
1. Social Media SpecialistPeluang karir digital marketing sebagai social media specialist bertanggung jawab untuk membuat dan membagikan konten digital di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan Linkedin. Selain itu, juga membantu perusahaan berkomunikasi dengan konsumen atau pelanggan mereka di berbagai platform media sosial. Tujuannya dari social media specialist misalnya untuk membangun kesadaran merek atau brand awareness, mendorong penjualan, membangun hubungan dengan audiens, menjaga loyalitas konsumen, dan lainnya.
Social media specialist memiliki pengetahuan tentang kerja algoritma media sosial untuk membuat konten yang sesuai dengan target audiensnya. Kemudian, bertanggung jawab untuk membuat kampanye konten media sosial yang dapat menarik pelanggan baru dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Biasanya mereka berkolaborasi dengan desainer grafis, copywriter, dan pengembang web.
Dilansir dari survei gaji yang dilakukan oleh tim HRD Bacot pada 2021, rata-rata gaji social media specialist di Jakarta adalah Rp 7.423.077 dengan gaji minimun Rp 4.500.000 dan gaji maksimum Rp 11.000.000. Hal ini disesuaikan lagi dengan UMK atau UMP daerah, pengalaman kerja, dan skala perusahaan.
2. Digital Content Specialist
Digital content specialist atau spesialis konten bertanggung jawab untuk dapat menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik. Konten digital yang diciptakan harus memiliki ciri khas dan terobosan sehingga selalu stand out atau menonjol dibanding konten yang lain.
Biasanya, seseorang yang bekerja sebagai profesi ini akan berada di lingkungan kantor. Jam kerjanya pun bervariasi tergantung industri dan perusahaan. Seorang digital content specialist harus dapat berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, seperti tim writer, designer, dan manager.
Gaji yang bisa didapatkan berkisar Rp3,5 juta - Rp10 juta rupiah. Namun angka ini masih bisa berubah tergantung kebijakan dari perusahaan. Jika kamu memanfaatkan posisi ini dengan baik, kamu dapat menjadi seorang influencer yang menerima endorsement, dalam sekali tampil kamu bahkan bisa mendapat hingga puluhan juta rupiah (tergantung jumlah followers), menarik, bukan?
3. SEO/SEM Specialist
Di abad ke 21 ini, banyak sekali profesi unik yang mengandalkan internet serta mesin pencarian seperti Google dalam proses kerjanya, seperti SEO (search engine optimization) / SEM (Search Engine Marketing) specialist.
SEO Specialist pada dasarnya memiliki tanggung jawab untuk mengatur strategi konten yang akan di-post. Konten tersebut akan diisi oleh keyword atau phrase tertentu. Sehingga dapat meningkatkan traffic website perusahaan, serta meningkatkan ranking pencarian tentang perusahaan di berbagai macam mesin pencarian.
SEM specialist adalah profesi yang makin populer dan dibutuhkan seiring pentingnya meningkatkan visibilitas online lewat mesin pencari (SERP) bagi bisnis. Seperti namanya, SEM specialist fokus merancang hingga mengeksekusi strategi search engine marketing agar bisnis terus adaptif dan kompetitif. Adapun kisaran gaji standar SEO Specialist tingkat pemula berkisar antara Rp5-6juta/bulan.Â
4. Copywriter
Dilansir oleh Digital Marketer, job yang dilakukan oleh copywriter berupa copywriting yaitu aktivitas atau pekerjaan menulis teks iklan atau materi publisitas. Namun, tidak semua pekerjaan copywriter berhubungan dengan iklan. Ada juga copywriter yang menulis konten berita dengan tujuan memberi informasi saja. Copywriter harus memiliki kemampuan menulis dan menyusun konten yang SEO friendly. Perkiraan gajinya sekitar Rp. 3.500.000 -- Rp. 12.000.000.
5. KOL Specialist / Influencer Marketing
Seiring berjalannya waktu, KOL specialist kini adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari perusahaan. Hal ini terjadi dikarenakan demand untuk jasa para KOL yang membumbung tinggi. Opini mereka para influencer dianggap berharga karena dapat meningkatkan kredibilitas sebuah produk atau layanan. Pada dasarnya tugas KOL Specialist, antara lain melakukan identifikasi, pemetaan, perencanaan dan keterlibatan KOL dalam semua aspek pemasaran, termasuk digital marketing. Mengelola penawaran dan mengatur hasil campaign pemasaran yang melibatkan KOL. Fokus mereka ditempatkan pada proses pencarian dan manajemen influencer yang dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Umumnya Gaji KOL Specialist dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun mendapat bayaran di atas 5 juta.
Itulah beberapa peluang karir spesialis digital marketing yang banyak dicari saat ini. Bidang digital marketing terus berkembang dari hari ke hari, menawarkan peluang kerja yang bervariasi dan gaji yang menarik juga. Good luck!
Jangan ragu untuk mulai karir di digital marketing. Posisi dalam digital marketing apa yang membuat kamu tertarik untuk mencobanya? Tulis, yuk, komentar kamu di kolom komentar di bawah ini.
Buat kamu yang ingin menekuni bidang digital marketing, kalian dapat juga mencoba mengikuti sertifikasi profesi Digital Marketing untuk meningkatkan kapabilitas dirimu untuk karir kedepannya. Mungkin buat sobat yang ingin bisa kepoin nih lembaga sertifikasi seperti Lembaga Sertifikasi Teknologi Digital yang telah bersertifikasi BNSP berikut!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H