Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis tentang filsafat, agama, dan budaya

filsafat, agama, dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Dilarang Menikah pada Tanggal Cantik 02022020

1 Februari 2020   23:15 Diperbarui: 2 Februari 2020   16:14 2304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Besok itu hari Minggu. Tanggal 02 Februari 2020. Disingkat menjadi 02022020.

Tanggal ini dibilang sebagai tanggal cantik dan unik. Jika dibaca, dan dieja angka-angkanya, baik dari depan maupun dari belakang akan sama bunyinya. Nol dua nol dua dua nol dua nol.

Tanggal cantik dan unik seperti ini sering dipilih dan diabadikan banyak orang dalam momen-momen penting, istimewa, bersejarah dan berkesan dalam hidupnya, seperti melangsungkan pernikahan.

Walaupun, bisa jadi bukan acara  pernikahan saja, tapi juga acara-acara penting lain, seperti sunatan, pindah rumah, dan yang lainnya.

Alasannya hampir bertumpu pada gampang diingat, dan menarik. Atau ada rasa kebanggaan dan kesan tersendiri.

Pokoknya keren, ketika dalam momen penting, dianggap hari istimewa dan bersejarah dalam hidup, bisa diabadikan dengan tanggal-tanggal cantik dan unik tersebut.

Selain itu, ada yang beranggapan, bahkan percaya bahwa ada tanggal-tanggal khusus dan spesial, tidak saja sekadar cantik, namun ada tanggal-tanggal dan hari-hari baik yang bisa mendatangkan keberuntungan dan hoki. Padahal sejatinya semua tanggal dan hari itu adalah baik.

Makanya, ada hitung-hitungan hari sebelum melangsungkan acara-acara penting, seperti pernikahan, sunatan, pindah rumah, dan sebagainya itu. Konon biasanya dihubungkan dengan hari dan tanggal lahir yang bersangkutan. Kebenarannya, entah. Atau mungkin sekadar mitos.

Namun ada fakta yang agak berbeda. Ini serius, ketika hampir tidak sedikit orang ingin mengabadikan tanggal cantik 02022020 ini dalam acara pernikahan, justru ada negara yang melarang warganya untuk itu. Dilarang melangsungkan pernikahan.

Adalah otoritas China yang mengeluarkan larangan pernikahan warganya di tanggal cantik dan unik 02022020 itu. Berita ini sebagaimana dilansir Kompas.com (01/02/2020).

Selain itu, pemerintah China melalui kementerian urusan publik juga melarang upacara pemakaman digelar terlalu lama agar konsentrasi massa tak terlalu lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun