Mohon tunggu...
Muh BayuAidil
Muh BayuAidil Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa

Silahkan mampir sebentar, Akun Mahasiswa Biasa * Sting Like a Bee

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Data Mining : Pengertian, Tujuan serta Peranan dan Implementasi

14 September 2022   14:45 Diperbarui: 14 September 2022   19:20 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

hay, semuanya. diartikel kali ini materi yang akan dipaparkan yaitu berkaitan dengan data mining. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat pengertian serta tujuan dari data mining.

Pasti, bagi sebagian dari kalian belum mengetahui lebih jelas apa yang di maksud dengan data mining, kan ?

Apa itu data mining?

Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Proses pengumpulan dan ekstraksi informasi tersebut dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, ataupun teknologi Artificial Intelligence (AI). Data mining sering disebut juga Knowledge Discovery in Database (KDD). Pengertian data mining menurut saya yaitu, suatu cara untuk mengumpulkan data yang kemudian data tersebut akan diolah menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. contohnya yaitu dalam proses penjualan online, data mining berfungsi untuk mempelajari karakteristik konsumen sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga sesuatu sistem dapat merekomendasikan produk-produk yang mungkin disukai atau produk yang sering di kunjungi.

Tujuan Data Mining

Ada banyak tujuan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan data mining. adapun tujuan dari data mining, antara lain :

1. Data mining dapat digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu penelitian yang dilakukan.

2. Data mining juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat suatu argumen atau mempertahankan suatu pendapat.

3. seperti yang sudah dijabarkan tadi, data mining juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kebutuhan pasar konsumen yang melakukan pembelian online serta juga digunakan untuk merekomendasikan produk yang sering dibeli dan sering dikunjungi.

Contoh dan peranan data mining.

Dalam penerapan data mining dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang, salah satunya dalam bidang bisnis atau perusahaan. Dalam sebuah perusahaan pasti terdapat divisi pemasaran produk yang memanfaatkan data mining untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen untuk mengetahui apa yang disukai oleh konsumen yang kemudian akan diaplikasikan untuk memperbaiki kualitas dari produk yang akan dihasilkan nantinya.

Selain itu juga, dengan adanya penerapan data mining ini, akan membantu perusahaan untuk mengamati kebiasaan konsumen sebagai acuan perusahaan dalam membuat suatu produk yang baru.

Nahh, itulah tadi penjelasan singkat mengenai data mining. semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman sekalian tentang data mining. 

Terimakasihhhh....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun