Mohon tunggu...
Muharningsih
Muharningsih Mohon Tunggu... Guru - Pengurus IGI Kab. Gresik-Pengurus KOMNASDIK KAB. Gresik-Editor Jurnal Pendidikan WAHIDIN

Linguistik-Penelitian-Sastra-Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.2. Pendidikan Guru Penggerak

12 Juni 2023   10:56 Diperbarui: 12 Juni 2023   11:04 1676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aksi Nyata Modul 3.2. (Dokpri)

Salam bahagia Bapak dan Ibu guru hebat!

Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7 sudah memasuki alur M-E-R-D-E-K-A pada tahap akhir. Tujuan pembelajaran khusus pada taguhan tugas aksi nyata modul 3.2. "Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya" yakni CGP (Calon Guru Penggerak) mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah. Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Bapak/Ibu CGP mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki sekolah. Identifikasi sumber daya sekolah dilakukan secara kolaboratif  agar semua warga sekolah dapat bersama-sama mengetahui dan memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif dapat dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya. Dokumentasi dari proses ini akan dinilai pada kunjungan pendampingan individu ke-6. 

Berikut  aset/kekuatan yang dipetakan secara kolaboratif. 

Deskripsi program

1. Prakarsa perubahan

"Mewujudkan Generasi Blogger Yunior yang Literat Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila"

2. Latar belakang

a. Kepiawaian murid dalam mengeoperasikan fitur-fitur pada smartphone mendorong guru untuk menciptakan proses pembelajaran semenarik mungkin. Berkaitan dengan materi menulis dan mempublikasikan artikel, maka guru membuat perencanaan secara terprogram.

b. Guru memberikan kebebasan suara, pilihan, dan kepemilikan murid terkait menulis artikel di blog. Platform blog  menjadi pilihan  bagi murid. Pemilihan  blog apa yang akan digunakan menjadi alternatif imasing-masing individu. Blog memiliki gaya selingkung tersendiri sehingga murid dilarang untuk copy paste tulisan. Orisinalitas tulisan dapat terjaga dengan baik. Blog memberikan ruang menulis  dalam berbagai kategori/tema bahasan. 

c. Kegiatan menulis artikel di blog diberi nama APEL B yaitu akronim dari Aku Pelajar Blogger. Harapannya dengan APEL B murid dapat menyampaikan ide-idenya dalam bentuk tulisan artikel. 

3. Manfaat Prakarsa Perubahan

a. APEL B mampu meningkatkan keterampilan menulis artikel di platform blog 

b. APEL B mampu berkontribusi dalam praktik baik melalui artikel yang ditulis 

c. APEL B akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah untuk mempublikasikan program sekolah 

d. APEL B akan terus berkembang dan mengembangkan diri dengan bergabung pada komunitas blog 

4. Alur Prakarsa Perubahan (B---> Buat Pertanyaan Utama)

 a. Apa yang dilakukan untuk mewujudkan APEL B?

1) Rencana pelibatan murid:

Melakukan sesi dialog dengan murid untuk mengetahui seberapa besar minat siswa terhadap keterampilan menulis artikel di blog 

2) Tindakan

Berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk perencanaan APEL B 

Memberikan kesempatan kepada murid untuk bebas memilih blog

Mengidentifikasi aset yang dimiliki untuk mendukung perencanaan APEL B

3) waktu: 3 hari

Penanggung jawab: CGP dan tim

Aset: 

Modal manusia: guru, murid, kepala sekolah 

Modal fisik: smart phone, laptop, jaringan internet 

Modal politik: kebijakan kepala sekolah 

5.  Alur Prakarsa Perubahan (A---> Ambil Pelajaran)

a. Pertanyaan: 

Situasi atau kondisi apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan APEL B? 

Keterampilan apa yang akan dimiliki dari program APEL B? 

Apa saja yang bisa dijadikan pengalaman baik atau sumber belajar dalam program APEL B? 

b. Tindakan:

Mendiskusikan dan atau mendatangkan narasumber blogger yang sudah senior 

Menjadi anggota blog berdasarkan minat dan bakat menulis 

Menuangkan pengalaman pribadi berdasarkan profil pelajar pancasila  yang akan dijadikan kumpulan e-blog dalam web sekolah 

c. Rencana pelibatan murid

Melakukan sesi tanya jawab kepada murid untuk mengetahui kategori/tema pokok  bahasan menulis artikel berdasarkan minat murid

Menyebarkan angket untuk murid guna mendeteksi platform blog apa  yang diinginkan dan efektif dalam pengoperasiannya 

d.  Waktu: 3 hari

Penanggung jawab: CGP dan tim

Aset:

Modal manusia: ruru, murid, blogger

Modal fisik: smart phone, laptop, jaringan internet 

Modal politik: kebijakan kepala sekolah

Demikian aksi nyata modul 3.2. semoga bermanfaat.

Salam guru penggerak! Tergerak-bergerak-menggerakkan

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun