Mohon tunggu...
Muharningsih
Muharningsih Mohon Tunggu... Guru - Pengurus IGI Kab. Gresik-Pengurus KOMNASDIK KAB. Gresik-Editor Jurnal Pendidikan WAHIDIN

Linguistik-Penelitian-Sastra-Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2. Guru Penggerak

12 Mei 2023   11:05 Diperbarui: 12 Mei 2023   11:11 1467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bapak dan Ibu guru hebat berikut merupakan uraian tugas demonstrasi kontekstual 3.2. "Pemimpin dalam Pengelolaan Masa Depan" pada Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7.

a. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Visi dari sekolah dalam video tersebut yaitu "Terciptanya Peserta Didik Berkarakter, kreatif, Mandiri, dan Kolaboratif.

b. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan berdasarkan tayangan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah "Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, dan menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutan".

c. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Pertanyaan utama dari kegiatan tersebut adalah "Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan?"

d. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan BAGJA?

B (Buat pertanyaan utama)

1) Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukan

2) Guru meminta kepada murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar 

3) Guru meminta pendapat murid untuk menciptakan hal-hal yang disukai di dalam kelas sehingga suasana kelas lebih menyenangkan.

A (Ambil pelajaran)

1) Guru memfasilitasi murid untuk melakukan survey secara langsung pada kelas 2 dan 6 yang memiliki beragam karya-karya siswa yang ditempelkan pada dinding kelas sebagai penyemangat belajar murid.

2) Guru memberikan kesempatan pada murid untuk mencari inspirasi seluas-luasnya.

3) Guru memfasilitasi murid dalam kelompok untuk mendiskusikan apa yang mereka sukai dari kelas lain dan apaa yang mereka sukai dari kelas kita.

4) Guru menampung semua pendapat murid.

5) Guru memandu murid untuk mencari pengalaman positif dari kelas lain untuk dijadikan pelajaran.

G (Gali mimpi)

1) Guru memeinta murid untuk membayangkan kelas impian mereka

2) Guru memfasilitasi kelompok untuk membuat sketsa tentang susasana kelas impian mengambil bahan-bahan untuk menggambarkan kelas yang mereka impikan.

3) Guru meminta murid untuk mempresentasikan gagasan tiap kelompok dari kelas yang mereka impikan.

J (Jabarkan rencana)

1) Guru membimbing murid untuk mendata hal-hal yang dibutuhkan kelas impian.

2) Murid diajak kontribusi dalam membuat kelas impian yang dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tugas dan tanggungjawab bersama.

3) Guru memberikan tawaran kapan akan memulai dan melakukan rencana dari mimpi mereka.

A (Atur Eksekusi)

1) Pada bagian atur eksekusi ini setiap kelompok mengerjakan tugas yang telah diberikan yaitu menata ruang kelas agar lebih menarik dan membuat murid lebih bersemangat lagi dalam belajar.

2) Anak-anak menghias dinding dengan berbagai gambar dan kelas menjadi seperti yang mereka impikan.

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

A. Peran pemimpin yang teragmbar pada tanyangan video tersebut adalah:

1) Guru tersebut menunjukkan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang mandiri dan penuh inisiatif untuk melakukan prakarsa perubahan.

2) Seorang guru yang memiliki inovasi dan kreativitas dalam mengelola kelas.

3) Guru yang berpihak pada murid serta memikirkan kemajuan murid dalam belajar.

4) Guru juga sebagai pemegang kendali dan mengambil keputusan yang bijak saat melaksanakan pembelajaran.

5) Guru tersebut memastikan adanya interaksi dua arah, sehingga murid merasa dirinya penting dan menjadi dirinya sendiri dengan variasi pembelajaran yang beragam.

6) Guru tersebut fokus pada habitat, tidak sekadar mengejar standar.

7) guru tersebut mengajar dengan nuansa komunitas.

8) Guru tersebut juga terbuka untuk berkolaborasi dengan murid.

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

a. Modal manusia

1) Memanfaatkan kreativitas kecerdasan dari murid-murid di sekolahnya untuk merancang kelas yang bisa memberikan penyemangat dalam pembelajaran.

2) Memiliki guru yang kompeten dan profesional yang bisa berkomunikasi secara baik terhadap murid.

3) Memiliki murid yang berpotensi beraneka ragam yang siap berkolaborasi dengan teman lainnya.

4) danya pemangku kebijakan yang siap mendukung program prakarsa perubahan yang direncanakan oleh guru.

5) Adanya teman sejawat yang senantiasa dapat diajak kerja sama untuk mewujudkan perubahan.

B. Modal sosial

Bekerja sama dengan teman sejawat serta guru kelas 2 dan 6 untuk menjadi kelas inspirasi.

C. Modal Fisik

1) Memanfaatkan ruang kelas sebagai media mewujudkan kelas impian

2) Lingkungan sekolah yang asri dan mendukung murid untuk melakukan perubahan pembelajaran

3) Sekolah memiliki tempat bermain yang luas untuk menumbuhkembangkan karakter dan budi pekerti.

D. Modal politik

1) Kepala sekolah yang mendukung perubahan dalam lingkungan sekolah.

2) Guru dan murid yang terbuka terhadap perubahan.

E. Modal lingkungan

Menggunakan ruang kelas sebagai area penyemangat belajar

F. Modal agama

1) Guru dan murid memiliki spiritual yang baik

2) Ide, gagasan, dan perilaku yang baik antara guru dengan murid.

Bagaimana pemanfaatannya?

Pada video murid mulai merubah dan menata posisi meja dan kursi (tempat duduk mereka) sesua dengan sketsa yang sudah disepakati bersama, selanjutnya mereka mulai bergotong royong membersihkan  ruanagn kelas. kemudian mereka juga memenafaatkan meja yang tidak terpakai dijasikan sebagai tempat buku, selain itu pada dinding kelas yang masih kosong dimanfaatkan untuk memajang hiasan hasil karya kreativitas mereka sendiri. Sehingga terciptalah sebuah kelas impian yang mereka impikan bersama.

Semoga bermanfaat!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun