Mohon tunggu...
Muhammad Zurri Shulthan
Muhammad Zurri Shulthan Mohon Tunggu... Buruh - Mahasiswa

seorang pelajar yang suka ngopi

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Trend Skena Kopi di Indonesia: Antara Tradisi dan Inovasi

21 April 2024   21:37 Diperbarui: 21 April 2024   21:50 672
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Powered by DALL·E 3

Kehadiran kopi telah masuk dalam kebiasaan aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Dari warung kaki lima seperti angkringan hingga kedai-kedai modern seperti cafe yang sudah banyak menjamur. 

Perjalanan kopi juga terbilang cukup panjang dan sangat menarik di tanah air tercinta ini. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas trend skena kopi di Indonesia, menggali tradisi kopi, dan melihat inovasi yang membentuk wajah industri kopi.

Menjamurnya Coffeeshop Kekinian

Seiring dengan tren gaya hidup baru generasi Z dan Y, jumlah coffeeshop di Indonesia terus berkembang layaknya jamur di musim hujan. Berdasarkan riset oleh Toffin, hingga Agustus 2019, terdapat lebih dari 2.950 coffeeshop di Indonesia, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun 2016. Market value yang dihasilkan mencapai angka Rp4,8 triliun. Coffeeshop ini juga hadir dengan menawarkan pengalaman kopi yang lebih dari sekadar minuman, melainkan juga suasana dan estetika yang menarik.

Konsumsi Kopi yang Berkembang

Salah satu fakta menarik adalah pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia. Meskipun konsumsi kopi dunia hanya tumbuh sekitar 8 persen, di Indonesia, angka ini mencapai 13,9 persen per tahun. Namun, jika dilihat dari segi konsumsi per kapita, masyarakat Indonesia masih relatif rendah, hanya sekitar 1 kilogram pada tahun 2018. 

Perbandingannya dengan Vietnam, yang memiliki tingkat pendapatan lebih rendah daripada Indonesia, menunjukkan bahwa konsumsi kopi per kapita di Vietnam mencapai 1,5 kilogram pada tahun yang sama. Potensi pertumbuhan ini menarik perhatian para pelaku industri kopi di Indonesia untuk terus berinovasi dan memperluas pasar. 

Faktor yang Mendorong Pertumbuhan

Berbicara tentang pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia, ada beberapa faktor yang berperan penting:

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Foodie Selengkapnya
    Lihat Foodie Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun