Mohon tunggu...
Muhammad Zigan Alsofi
Muhammad Zigan Alsofi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Sharia Economics IPB University who interesting in islam economic and copywriting

Mahasiswa semester 4 yang senang menulis dan belajar hal yang baru seputar ekonomi syariah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kreatifnya Iklan Marjan, Identik Dekatnya Ramadhan

11 Maret 2024   11:52 Diperbarui: 11 Maret 2024   12:05 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang terdapat pada kalender hijriah. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu seluruh umat islam, baik masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia. 

Selain bulan yang yang memiliki banyak hikmah di dalamnya, Bulan Ramadhan mewajibkan seluruh umat Islam melaksanakan perintah rukun islam yang ke-3 yaitu berpuasa. 

Selama melaksanakan ibadah puasa, umat Islam dilarang makan, minum, memasukkan sesuatu dari luar ke dalam perutnya dari waktu imsak hingga masuknya waktu maghrib (adzan maghrib).

Selama Bulan Ramadhan, aktivitas yang sudah pasti dilakukan umat Islam adalah memaksimalkan ibadah, tapi tidak menutup kemungkinan kegiatan yang dilakukan selama bulan tersebut berubah drastis, kita tetap masih melakukan aktivitas seperti di luar Bulan Ramadhan, yakni tetap bekerja, olahraga ringan, bahkan refreshing. 

Berbiacara mengenai refreshing tentunya juga selalu menjadi kegiatan yang banyak memakan waktu saat berpuasa, biasanya menonton televisi merupakan salah satu contoh kegiatan yang sering dilakuka masyarakat Indonesia ketika menunggu waktu berbuka. 

Ada kalanya saat menonton televisi kita sering disuguhkan tayangan iklan, salah satu iklan yang populer dan sering diputar ketikan hendak masuknya Bulan Ramadhan adalah iklan produk sirup Marjan yang merupakan salah satu porduk dari PT. Lasallefoof Indonesia. 

Iklan yang dihadirkan selalu memiliki ciri khas yan berbeda setiap tahunnya, seperti mulai dari tahun 2019 Marjan mulai mengubah konsep dalam mem-brandng produknya melalui iklan series yang terinspirasi dari cerita rakyat. 

Selain itu, hal yang membedakan iklan tersebut pada tahun sebelumnya adalah penggunaan efek teknologi CGI pada penayangan iklannya.

Kreatifnya branding iklan Marjan menjadikan produk ini selalu identik dengan datangnya Bulan Ramadhan. Dikutip dari myindibiz.co.id, langkah strategi yang dilakukan Marjan saat memasuki Bulan Ramadhan ini dikenal sebagai seasonal marketing. 

Dilansir dari marketeers.com, seasonal marketing adalah jenis promosi yang dibuat oleh brand pada waktu tertentu dalam satu tahun, ini bisa juga disebut dengan musim penjualan. 

Seasonal marketing seringkali berisi promosi spesial untuk menarik perhatian pelanggan pada beberapa musim tertentu (Ummah, 2023), pada pembahasan ini Marjan selalu melihat kesempatan pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Langkah tersebut efektif karena porduk Marjan bergerak pada bidang Food and Baverage (FnB) yakni minuman yang mana cocok menjadi pelengkap untuk menu buka puasa.

Langkah strategi dengan pembuatan iklan teknologi CGI ini mengeluarkan dana yang besar, jika kita mengacu kepada biaya produksi CGI Hollywood yang tergolong mahal, diperkirakan dengan durasi 16 detik per tayangan episode mengeluarkan dana mencapai Rp3 miliar hingga Rp4,5 miliar dan apabila kita mengacu kepada iklan sebelumnya yang versi satu series berkisar 150 detik, maka memiliki total pengeluaran kisaran Rp32,3 hingga Rp46,1 miliar dalam penayangan di tahun 2023.

Dengan mengeluarkan dana sebesar itu, membuat peningkatan yang signifikan konsumsi masyarakat terhadap penjualan produk Marjan di Bulan Ramadhan. Terbukti pada tahun 2023, dikutip dari laman compas dashboard, sirup Marjan menempati posisi pertama sebagai merek sirup yang paling laris saat Bulan Ramadhan.

Berdasarkan data di atas, sirup Marjan berhasil menjual produknya sebanyak 13,4 ribu pada periode 1-24 Maret 2023. Unggulnya Marjan di antara produk sirup lainnya tak lepas dari kontribusi marketing iklan yang kreatif dan ditambah iklan unik yang muncul sekali setahun. Hal ini menjadikan teknik yang dilakukan oleh Marjan beda dari konsep penjualan produk kompetitornya.

Berdasarkan informasi di atas, ini membuktikan adanya pengaruh iklan Marjan terhadap peningkatan konsumsi masyarakat pada Bulan Ramadhan. Cara yang dilakukan oleh Marjan ini tidak hanya dapat meningkatkan pendapat mereka saja, tetapi juga meningkatkan pendapatan UMKM yang bergerak pada bidang FnB dan stasiun televisi yang menyiarkan sehingga iklan kreatif dan teknik seasonal marketing Marjan efektif dilakukan. Oleh karena itu, tidak heran apabila sudah memasuki Bulan Ramadhan, masyarakat akan berspekulasi iklan marjan akan tayang dalam waktu dekat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun