Mohon tunggu...
Muhammad KhaisanZata
Muhammad KhaisanZata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jatisampurna, Bekasi. Jurusan Public Relation NIM 44219210083 Dosen Pengampu: Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jatisampurna, Bekasi. Jurusan Public Relation NIM 44219210083 Dosen Pengampu: Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Makalah Komunikasi Efektif

2 April 2022   15:49 Diperbarui: 24 Mei 2022   20:21 1918
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Makalah Komunikasi Efektif

Disusun Oleh:

Muhammad Khaisan Zata

(44219210083)

Dosen Pembimbing:

Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Publci Relations

Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Mercu Buana

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Menurut perkembangan manusia ada beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan oleh umat manusia salah satunya adalah Komunikasi dimana bisa kita ketahui bahwa manusia adalah mahluk sosial yang dimana kehidupanya selalu ada dan butuh untuk berinteraksi antara manusia dan manusia yang lain, dengan adanya interaksi atau komunikasi manusia dapat menjalankan hidupnya, beberapa hal yang didapatkan Ketika berinterkasi atau berkomunikasi adalah mendapatnya informasi, informasi yang didapatkan akan membantu manusia untuk mengetahui suatu hal yang terjadi disekitarnya dengan interaksi juga manusia dapat belajar dan berkembang dalam segi pengetahuannya.

Komunikasi dalam Bahasa latin adalah COMMUNICATION dimana itu adalah dasar dari kata komunikasi yang dimana kata komunikasi memelik unsur kata komunis yang berartian sama, arti sama dalam makna komunikasi diartikan bahwa makna yang sama, dimana komunikasi akan terjadi Ketika pengirim pesan dan penerima pesan mendapatkan makna yang sama. Menurut Hovland Proses Komunikasi ini juga bisa di anggap seperti Ketika orang memberi suatu rangsangan terhadap orang lain sehingga mengubah perilaku orang yang diberi rangsangan tersebut oleh pesan yang disampaikan.

Dari penjelasan yang saya berikan diatas bahwa komunikasi akan terjadi Ketika dua orang yang berperan sebagai komunikan dan komunikator meneria makna yang sama dalam suatu pesan, sehingga dengan tersebut akan munculnya komunikasi yang efektif, dimana komunikasi efektif sendiri memiliki pemahaman yaitu pertukaran ide, pemikiran pengetahuan dan informasi dengan baik sehingga apa yang dituju oleh komunikasi tersebut dapat dilaksanakan dengan komunikasi yang sederhana .

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Komunikasi

2.1.1 Definisi Komunikasi

Menurut A.W. Wijaya Komunikasi merupakan suatu penyampaian pesan yang berisi suatu informasi dari satu orang ke orang yang lain, komunikasi sendiri bisa dikatakan sebagai komunikasi Ketika munculnya pengertian antar dua belah pihak dimana kedua belah pihak itu adalah pengirim dan penerima pesan mengetahui dan paham tentang apa pesan yang disampaikan, namun paham disini bukan berarti kedua pihak tersebut sepakat atau setuju dengan makna yang terkandung dalam pesan tersebut, tetapi hanya diperlukan kedua belah pihak paham tentang apa pesan yang disampaikan. Dengan keadaan diatas ini baru bisa disebut komunikatif yaitu komunikasi yang berjalan dengan baik.

2.1.2 Unsur Unsur Komunikasi

komunikasi mempunyai beberapa unsur yaitu diantara lain:

  • Sumber : Sumber sendiri disini diartikan sebagai suatu dasar yang digunakan untuk penyampaian pesan. sumber bisa berbentuk suatu orang , suaut Lembaga , buku bahkan dokumen yang penting bahwa bentuk sumber disini harus jelas sehingga pesan yang diberikan pun jelas.
  • Komunikator : Komunikator adalah orang atau kelompok yang memberikan pesan tertentu untuk diberikan terhadap komunikan namun komunikator bisa saja berubah menjadi komunikan.
  • Komunikan : merupakan organisasi atau orang yang mendapatkan pesan dari komunikator sama seperti komunikator komunikan juga bisa berubah menjadi komunikator
  • Pesan : Pesan merupakan hal terpenting dalam komunikasi dimana pesan merupakan inti dari apa yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan, dan pesan menjadi inti dari komunikasi yan berupa gagasan atau pendapat yang dikemukakan.
  • Chanel/saluran : Merupakan Media untuk menyampaikan pesan , dalam bentuknya dengan perkembangan jaman saluran disini mempunyai banyak jenisnya salah satunya merupakan media massa seperti radio koran, televisi dan ada juga sosial media.
  • Efek : merupakan hasil yang terjadi Ketika pesan sudah disampaikan, biasanya efek ini sudah diharapkan oleh komunikator sebelum memberikan pesan.

2.1.3 Kontek Komunikasi

Kontek komunikasi itu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, bagian tersebut yaitu :

  • Pertama yaitu Komunikasi dua orang, dimana komunikasi ini adalah kontek komunikasi dasar, yaitu dimana biasanya bisa ditemui dikehidupan sehari-hari, komunikasi ini merupakan komunikasi paling sering dilakukan oleh manusia dan sangat erat.
  • Kedua yaitu wawancara, yaitu percakapan yang memiliki tujuan yang sudah jelas, sama seperti komunikasi dua orang ini hanya melibatkan dua orang saja namun biasanya memeliki tujuan yang sudah tentukan seperti mendapatkan informasi , memecahkan masalah dan lainya.
  • Ketiga Komunikasi kelompok kecil, yaitu suatu kegiatan pertukaran informasi atau pesan yang biasnya dilakukan antara 3 orang atau lebih, namun tingkat keakraban dan efektifannya tidak sama dengan komunikasidua orang
  • Keempat Komunikasi Publik, komunikasi ini biasanya sudah direncanakan demikian rupa dan komunikan atau orang yang menyampaikan pesan juga sudah ditargetkan, biasnaya bentuk komunikasi ini relative sangat formal.
  • Kelima komunikasi organisasi, dimana komunikasi ini adalah penyampaian suatu pesan dalam suatu organisasi atau Lembaga yang sifatnya bukan hanya memberikan informasi pesan namun juga diharapkan untuk mendapatkan peningkattan kinerja organisai itu sendiri
  • Keenam Komunikasi massa, komunikasi ini merupakan kominikasi yang paling mahal dan juga formal, komunikasi ini biasanya dibantu oleh media-media yang ada untuk memberikan pesan dengan jumlah yang besar dan pesan tersebut harus bisa langsung mengarah public. 2.2 Komunikasi Efektif

2.2.1 Definisi Komunikasi Efektif

Dalam pelaksanaanya semua orang mampu melakukan komunikasi dalam bentuk verbal dan nonverbal, tetapi melakukan komunikasi yang efektif adalah bukan suatu hal yang mudah, kita sebagai komunikator ataupun komunikan harus bisa memenuhi beberapa syarat untuk bisa disebut bahwa komunikasi yang kita lakukan adalah komunikasi efektif, yaitu dimana komunikator dan komunikan harus mempunyai makna dari pesan yang dikirimnkan, kesepahaman dari komunikan dan komunikator adalah hal mutlak untuk bisa disebut sebagai komunikasi efekti.

Dalam buku yang dikarang oleh Tommy Suprapto yang berjudul Teori dan Manajemen Komunikasi, suaatu komunikasi bisa disebut komunikasi efektif jika komunikan menerima makna atau maksud dari pesan yang dikirimkan oleh komunikator tanpa merubah makna yang sudah terkandung dari awal. Menurut Wilbur Schramm, komunikasi yang efeketif adalah komunikasi yang betbentuk sebagai proses berbagi yang dimaknai bahwa komunikan dan komunikator harus bisa berbagi makna yang sama dari pesan yang sudah diberikan. Lalu menurut Eti Wati dan Arbu Wianti, komunikasi bisa disebut Communication is in tune yang berartian kedua belah pihakj sama sama berkomunikasi dan salang mengerti kesuatu nada/makna yang sama.

2.2.2 Karakteristik Komunikasi Efektif

Dalam berkomunikasi efektif mempunyai beberapa karakter untuk bisa menyebut komunikasi yang dilakukan adalah Komunikasi efektif

beberapa karakter komunikasi efektif yaitu:

Pesan yang Jelas : dalam Komunikasi efektif pesan yang disampaikan harus sederhana dan jelas sehingga mudah dipahami dan bisa mempertahankan maknanya.

Pesan yang Benar :Pesan yang diberikan harus benar dan tidak boleh samar atua mempunyai duamakna sehingga tidak ada kesalahan dalam memaknainya.  

Pesan Lengkap : Pesan yang diberikan harus lengkap dan tidak boleh tidak lengkap Ketika pengirimnan atau penerimaan pesan yang akan memunculkan kesalahan dalam memaknai pesannya

Pesan Tepat : Pesan tepat disini dimaksudkan yaitu dimana pesan harus jelas singkat dan padat. Sehingga komunikan tidak susah untuk memaknainya.

Keandalan :Komunikator harus bisa dipercaya tentang kebenaran pesan yang dipercaya sehingga komunikan akan memeliki kepercayaan untuk bisa mengandalkan pesan yang diterima bahwa isi pesan itu adalah benar.  

Pertimbangan Penerima : Komunikator harus bisa mempertimbangkan tutur kata atau media komunikasi yang digunakan dari sikap,Bahasa,pengetahuan komunikan, sehingga komunikan bisa menerima pesan dengan mudah dan tidak sulit dikarenakan perbedaan pengetahuan.  

Sender's Courtesy : pesan yang dibuat dan diberikan harus mencerminkan kesopanan, kerendahan hati dan rasa hormat pengirim terhadap penerima, sehingga tidak ada kesalah pahaman.

2.2.3 Komunikasi yang efektif

Komunikasi efektif disini dimaknai dengan komunikator bisa mengahargari komunikannya dengan hal tersebut pesan yang disampaikan tidak akan menghasilkan perbedaan makna. Dan sebagai komunikator kita harus menerima keritik yang diberikan oleh komunikan sehingga komunikasi kedepannya akan berjalan efektif, sebagai komunikan kita juga harus bisa memkanai pesan yang disampaikan oleh komunikator sehingga akan membantu penyampain pesan yang terjadi.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah yang saya buat tentang Komunikasi efektif yaitu komunikasi efektif itu terjadi Ketika pesan yang diberikan atau diterima Jelas, Pesan yang benar, pesan yang lengkap, Pesan yang Tepat, sehingga pesan yang berikan tidak akan menjadi multi interpretasi dan menghasilkan dual makna yang akan menghasilkan kesalah pahaman, sehingga komunikasi yang efektif akan meminimkan kesalahan pahaman antara komunikan dan Komunikator

Daftar Pustaka

Jurnal

"Penyuluhan tentang Komunikasi yang Efektif bagi Guru TK di Kecamatan Panjatan" Muslikhah Dwihartanti

"Komunikasi yang Efektif" Fakultas Fisipol Universitas Medan Area

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun