Membuat iklan merupakan sebuah cara untuk kita mempromosikan sebuah produk yang kita miliki agar dapat mendorong minat para masyarakat yang melihatnya. Dalam sebuah dunia bisnis, peran iklan sangat lah penting untuk membantu membangun minat masyarakat kepada produk yang kita miliki dan memiliki daya saing pada perusahaan yang sama atau serupa.
Iklan memiliki dua jenis, yaitu iklan dalam ruangan (indoor advertisement) dan iklan luar ruangan (outdoor advertisement). Keduanya memiliki peran yang sama, hanya saja penempatan publikasinya yang berbeda. Iklan dalam ruangan dipromosikan pada media-media yang ada di dalam ruangan, seperti TV, brosur, kartu nama, banner, dan pamflet.Â
Sedangkan kalo iklan luar ruangan dipromosikan kebalikan dari iklan dalam ruangan, yaitu pada media yang ada di luar ruangan, seperti billboard, baliho, spanduk, neon box, Street banner dan lain-lain.
Pada kali ini saya akan menganalisis kesalahan yang ada pada penulisan iklan luar ruangan yang saya temukan. Pada umumnya penulisan pada bahasa Indonesia masih banyak ditemukan kesalahan. Kesalahan tersebut sering kali ditemukan pada kesalahan ejaan yang digunakan, karena tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.
Data 1
Kesalahan penulisan yang ada pada iklan luar ruangan di atas ini merupakan kesalahan pada ejaan, yang dimana kesalahan penggunaan huruf kapital.
Main Game di Perjalanan.
Buka Rekening TMRW Biar Cuan.
Kalimat tersebut masih salah dalam penggunaannya karena tidak sesuai dengan kaidah yang ada atau tidak sesuai dengan PUEBI. Karna penggunaan huruf kapital digunakan pada huruf pertama dalam sebuah kata atau kalimat, terkecuali pada penamaan pada judul tulisan, penulisan penamaan orang, dan penamaan lokasi. Jadi yang benar pada kalimat di atas sebagai berikut:
Main game di perjalanan
Buka rekening TMRW biar cuan
Data 2
Kesalahan penulisan yang ada pada iklan luar ruangan di atas juga terjadi pada kesalahan ejaan dalam penggunaan huruf kapital.
(1) Bersih, Wangi, Rapi dan Tepat Waktu.
(2) Satu Hari Selesai.
Penggunaan kalimat di atas merupakan kesalahan penulisan yang ada pada iklan luar ruangan pada data 2. Kalimat tersebut tidak sesuai dengan kaidah yang ada dalam penulisan. Pada nomor satu, setelah tanda koma seharusnya tidak menggunakan huruf kapital.Â
Penggunaan huruf kapital hanya digunakan pada awal kalimat saja. Sedangkan pada kalimat nomor dua, kesalahannya terlihat pada di setiap kalimat menggunakan huruf kapital, seharunya huruf kapital digunakan pada kata "Satu" saja, tidak pada semua kalimat. Â Jadi yang benar pada kalimat nomor satu dan dua sebagai berikut:
(1) Bersih, wangi, rapi dan tepat waktu.
(2) Satu hari selesai.
Pada kenyataannya iklan tulisan yang sudah dipublikasi sekalipun masih banyak terdapat kesalahan-kesalahan penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang ada.Â
Pemakaian bahasa Indonesia yang diharapkan yaitu sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam rangka bahasa Indonesia bisa dipandang sebagai martabat sekaligus jati diri bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan aturan atau kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Kaidah bahasa Indonesia itu meliputi kaidah ejaan, pembentukan kata, penyusunan kalimat, penyusunan paragraf, dan penataan penalaran.
Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk memahami dalam menggunakan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H