Pertanyaan: mengapa stasiun cukir ditutup pada tahun 1981?
Stasiun cukir adalah stasiun kereta api non aktif , yang didirikan hampir berbarengan dengan sukier fabriek (pabrik gula tjoekir). Pabrik gula cukir didirikan pada sekitaran tahun 1884, sedangkan jalur rel kediri stoom tram maatschappij berdiri 13 tahun setelahnya yaitu tahun 1897.
Stasiun tjoekir atau cukir ini berdiri di jalan irian jaya desa cukir kecamatan diwek kabupaten jombang, terletak di desa cukir dan menjadi stasiun yang unik karena rel dengan peronnya dibatasi oleh jalan raya, untuk menaiki kereta haru menyebrang jalan raya terlebih dahulu.
Jalur stasiun cukir dibangun untuk menghubungkan jalur kereta api pare melewati dua kabupaten dan 1 kota, yakni kota kediri ,kabupaten kediri, dan kabupaten jombang. Pada masa operasinya, jalur kereta api KSM digunakan untuk melayani beberapa pabrik gula, khususnya di cukir dioprasikan untuk pabrik gula cukir
Dalam melayani penumpang maupun pabrik gula tersebut, KSM biasanya mengoperaskan gerbong campuran gerbong barang dan gerbong  penumpang dalam satu rangkaian dan ditarik olek lokomotif uap, yang biasa orang orang sebut sepur klutuk yang menggunakan kayu untuk bahan bakarnya.
PENYEBAB DINONAKTIFKANNYA JALUR REL KEDIRI STOOMTRAM MAATSCHAPPIJ
Kebijakan pemerintah orde baru yang lebih fokus pada pembangunan jalan membuat infrastruktur kereta terabaikan, seperti jalur jombang pare kediri di jawa timur yang kini sudah mati sejak 1981. Kondisi rel banyak yang sudah terbengkalai di pinggir jalan.
Berdaarkan data dari komunitas roemah toea Yogyakarta soal laporan observasi jalur kereta api non aktif lintas jombang pare kediri eks kediri stoomtram maatschappij (KSM) yang dibuat hari kurniawan, javanesche spoorwegen obsevur 2013, yang dikutip detik finance, senin (14/9/2015).
Posisi jalur rel yang Sebagian besar bersebelahan dengan jalur umum, merupakan salah satu penyebab matinya jalur eks KSM sepanjang 50 km ini.
Akibat banyak infrastruktur jalan yang dibangun dan banyaknya kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus bus dan mobil angkutan umum, angkutan antar kota dan antar daerah menyebabkan jalur rel kediri stoomtram maatschappij menjadi jarang bahkan tidak ditumpangi oleh masyarakat. Hal ini yang akhirnya menyebabkan jalur ini ditutup atau dinonaktifkan secara permanen oleh perusahaan jawatan kereta api (PJKA) pada rentang waktu 1976 -- 1984.
Hingga saat ini sisa sisa rel kereta api KSM ini masih terlihat dari sepanjang jalan ceweng diwek cukir hingga pare. Bahkan bangunan bekas stasiun cukir yang tak jauh dari pabrik cukir masih berdiri di desa cukir, dari pengamatan saya bangunan stasiun cukir kini menjadi tempat usaha konter handphone milik seorang warga.