Mohon tunggu...
Muhammad Yusuf Farhan
Muhammad Yusuf Farhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Teknik Informatika

Mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai terbaik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aplikasi Absensi Karyawan Store Linea Central Park Berbasis Website

12 Desember 2021   03:13 Diperbarui: 12 Desember 2021   06:04 545
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin, 5 September 2021, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan kegiatan Kerja Praktek. Kegiatan ini merupakan program wajib yang dilakukan oleh mahasiswa semester 6 (enam). 

Pada kegiatan ini sedang dilakukan yang beranggotakan 3 (tiga) orang yang dibimbing oleh Dosen Kerja Praktek Ibu Thoyyibah Tanjung, S.Kom., M.Kom. bekerja sama dengan STORE LINEA SHOES CENTRAL PARK MALL.

Pada kegiatan kerja praktek ini yang beralamatkan di Gedung Central Park Mall Jl. Letjen S. Parman No.kav.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470. 

Adapun sasaran kerja praktek ini adalah pembuatan sistem absensi, input data-data karyawan, serta dapat memproses penggajian para karyawan pada tiap bulannya. 

Kami selaku penyelenggara sangat senang dan berterima kasih pada STORE LINEA SHOES CENTRAL PARK MALL dan Ibu Putu Mega sebagai pembimbing kami STORE LINEA SHOES CENTRAL PARK MALL. 

Kami berharap dengan adanya program ini dapat membantu agar lebih efisien dan memudahkan proses untuk mengetahui informasi absensi, input data-data, serta proses penggajian para karyawan melalui aplikasi yang sudah kami buat.

Kegiatan Kerja Praktek
Kegiatan Kerja Praktek

Setelah melakukan proses merancang konsep dasar sistem informatika beserta komponen-komponen penyusun sistem informasi absensi karyawan pada STORE LINEA SHOES CENTRAL PARK MALL menggunakan software pendukung, maka dilakukan perancangan aplikasi dan uji coba sistem.

Kegiatan Kerja Praktek
Kegiatan Kerja Praktek

Absensi

Absensi atau kartu jam hadir adalah dokumen yang mencatat jam hadir setiap karyawan di perusahaan. Catatan jam hadir karyawan tersebut dapat berupa daftar hadir biasa, dapat juga pula berbentuk kartu hadir yang diisi dengan mesin pencatat waktu. 

Pekerjaan mencatat waktu pada dasarnya dapat dipisahkan menjadi 2 (dua) bagian yakni pencatatan waktu hadir (attendance time keeping) dan juga pencatatan waktu kerja (shop time keeping).

Pencatatan jam hadir pada kartu jam hadir yang dilakukan oleh tiap karyawan bisa mempengaruhi gaji bersih atau take home pay yang akan diterima si karyawan setiap bulannya.  Karena jika karyawan lupa ataupun tidak mencatatkan jam hadirnya pada kartu jam hadir akan dapat mempengaruhi komponen-komponen yang ada pada gaji, terutama pada pos tunjangan, dikarenakan tunjangan yang diberikan perusahaan pada setiap karyawan tergantung dari beberapa banyak karyawan tersebut hadir pada jam kerja. Seperti tunjangan makan dan juga transportasi.

Pencatatan waktu hadir tersebut dimaksudkan untuk mengumpulkan data mengenai jumlah jam hadir karyawan dalam suatu periode pembayaran untuk pekerjaan yang dilakukan.

Pencatatan waktu kerja dimaksudkan untuk dapat mencatat jam kerja sesungguhnya yang digunakan oleh karyawan dalam setiap pekerjaan (job). 

Catatan waktu kerja tersebut dapat digunakan untuk mengecek catatan waktu hadir serta mendapatkan data produksi yang diperlukan untuk dapat distribusi upah serta gaji dan perhitungan intensif

Aplikasi absensi berbasis web adalah sebuah sistem aplikasi web yang dibuat dan digunakan untuk memudahkan karyawan melakukan absensi secara online. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur login untuk absen, data karyawan, data jam kerja, data bidang perusahaan, dan lain sebagainya. 

Aplikasi ini juga sudah dilakukan testing dan hasilnya dapat berjalan dengan baik meskipun memang ada beberapa bug yang harus diperbaiki dan bisa ditambahkan lagi fitur yang belum ada dalam aplikasi ini agar aplikasi ini menjadi semakin baik.

Dengan adanya aplikasi ini mampu memberikan berbagai manfaat serta memudahkan untuk mendapatkan informasi tentang absensi secara cepat dan efisien. Lalu apa saja requirement dan fitur untuk membuat aplikasi tersebut? simak ulasannya berikut ini.

Sistem Requirement:

  • Database MySQL
  • Enterprise Architect
  • Xampp Control Panel

Fitur Aplikasi:

  1. Login User Admin
  2. Dashboard
  3. Data Master Jabatan
  4. Data Master Jam Kerja
  5. Data Master Alasan
  6. Data Karyawan
  7. Data Kehadiran Karyawan
  8. Unggah Data Absensi
  9. Absensi Susulan
  10. dan lainnya

Tampilan Aplikasi:

  • Halaman Login

Form Login
Form Login

Pada halaman ini yang bisa mengakses hanya admin saja, halaman login memiliki dua input, yaitu username dan password. Setelah login berhasil maka akan menampilkan menu utama aplikasi, yaitu Dashboard.

  • Halaman Dashboard

Dashboard
Dashboard
Pada halaman ini merupakan halaman pertama ketika berhasil melakukan login dan halaman utama pada aplikasi asbsensi ini. Karyawan dapat melihat dan meninjau informasi yang diberikan oleh perusahaan mengenai pengumuman.
  • Halaman Data Master

Data Master
Data Master

Pada halaman ini juga user dapat memilih menu yang ada, mulai dari kelola jabatan, golongan, jam kerja, dan lain sebagainya. Fitur ini memiliki fungsi utama yaitu untuk meninjau informasi mengenai struktur organisasi.

  • Halaman Jam Kerja

Master Jam Kerja
Master Jam Kerja

Pada halaman ini karyawan dapat mengetahui jam kerja masing-masing dalam waktu seminggu maupun sebulan. Fitur ini dapat membantu karyawan melihat jadwal kerja yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

  • Halaman Data Master Alasan

Data Master Alasan
Data Master Alasan

Pada halaman Data Master Alasan terdapat form yang berisi Dinas Luar Toko, Cuti Tahunan, Izin, Mangkir, Lupa Absen Dan Lainnya. Setelah selesai Input data pilih simpan.

  • Halaman Data Pegawai

Data Pegawai
Data Pegawai

Pada halaman ini yang berisi list nama karyawan dapat digunakan untuk mengelola data-data pegawai atau memperbarui data pegawai. Fitur ini mempermudah dalam mengelola data pegawai, jika ada pegawai yang baru bergabung diperusahaan user dapat menambah data pegawai, dan jika ada pegawai yang resign atau mengundurkan diri dari perusahaan user juga dapat menghapus data tersebut.

  • Halaman Data Kehadiran

Kehadiran Pegawai
Kehadiran Pegawai

Pada halaman ini merupakan rekapan data kehadiran pegawai tersebut dalam 30 hari terakhir. Fitur ini bisa mendownload file data absensi karyawan secara detail dan menguntungkan perusahaan untuk proses penggajian karyawan melalu rekapan kehadiran yang tertera sehingga mempercepat perhitungan gaji karyawan.

  • Halaman Unggah Data Absensi

Unggah Data Absensi
Unggah Data Absensi
Halaman Unggah Data Absensi merupakan tempat untuk karyawan mengunggah/mengupload data absensi manual mereka yang sudah ditentukan, dan data yang tersimpan otomatis dikirim kebagian payroll untuk proses penggajian.
  • Halaman Absensi Susulan

Absensi Susulan
Absensi Susulan
Pada Menu Absensi Susulan – Pending ini berfungsi untuk karyawan yang telat untuk mengupload data absensinya dan agar bisa dikirimkan kembali ke bagian payroll.

Demikian artikel yang saya buat, mohon maaf apabila cara penulisan tidak sesuai dengan standar penulisan artikel pada umumnya. Berdasarkan pembahasan yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi absensi karyawan berbasis website merupakan aplikasi yang memudahkan karyawan untuk melakukan absen, mengetahui informasi yang disampaikan perusahaan, mengetahui jadwal jam kerja, melihat rekapan absensi dalam sebulan, serta memudahkan admin untuk mengelola data karyawan yang baru bergabung ataupun mengundurkan diri dari perusahaan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun