Mohon tunggu...
Muhammad Wildan Naufal
Muhammad Wildan Naufal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa prodi S1 Pendidikan Akuntansi FEB UM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan Progam "Pelatihan Aplikasi Kahoot, Quizziz, Ms Powerpoint dan Excel Dalam Rangka Adaptasi Teknologi di Era New Normal"

25 Desember 2021   13:27 Diperbarui: 25 Desember 2021   13:54 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 yang melanda Negara Indonesia jelas menjadi sebuah tantangan baru bagi pendidik dan peserta didik, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dimana pendidik mengandalkan proses pembelajaran secara langsung di dalam kelas. 

Pembelajaran di sekolah tidak dapat dilaksanakan secara langsung atau tatap muka selama Pandemi berlangsung dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 2020 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia (PPKM) 2021. 

Kebijakan ini mengharuskan warga untuk tetap di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar yang harus dilaksanakan di rumah. Kebijakan pemerintah menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran melalui pembelajaran dalam jaringan (daring). 

Pemanfaatan media pembelajaran daring dalam melaksanakan pembelajaran daring tentunya sangatlah membutuhkan ketrampilan dari pendidik itu sendiri, sebab sebagian besar media pembelajaran daring tersebut masih jarang digunakan oleh pendidik. Kondisi ini dapat dilihat dan terjadi oleh guru di lingkungan SDIT Cerdas Insani Bekasi. 

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa para guru tersebut saat pembelajaran daring hanya sebatas menggunakan aplikasi whatsapp untuk berinteraksi dengan peserta didik yang dibantu orang tua murid nya dan jarang sekali menggunakan aplikasi atau media pembelajaran daring seperti quizziz, kahoot dan Microsoft power point. 

Hal ini terjadi karena guru di lingkungan SDIT Cerdas Insani masih membutuhkan proses adaptasi mengenai penggunaan aplikasi untuk membantu menunjang pembelajaran daring, serta guru-guru tersebut jarang mendapatkan sosialiasi atau workshop mengenai pelatihan aplikasi media pembelajaran daring. 

Meskipun mereka sudah memiliki gawai seperti smartphone, laptop maupun PC tetapi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar masih belum memanfaatkan gawai tersebut secara maksimal.

Dari penjelasan diatas, saya mahasiswa pengabdian masyarakat KKN Universitas Negeri Malang mempunyai sebuah program untuk membantu membuat pembelajaran daring di SDIT Cerdas Insani lebih bervariasi dan berwarna agar peserta didik tidak bosan hanya dengan diberi penjelasan di whatsapp grup adalah dengan mengadakan "Pelatihan Aplikasi Kahoot, Quizziz, Ms Power Point dan Ms Excel Dalam Rangka Adaptasi Teknologi Pada Era New Normal di SDIT Cerdas Insani Bekasi". 

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi guru dalam mengelola pembelajaran secara daring, memberikan pengalaman kepada guru dalam membuat kuis maupun Latihan soal dengan aplikasi, membuat rekap data absensi dan nilai peserta didik, serta menambah wawasan guru mengenai Kahoot, Quizziz, Microsoft Power Point dan Microsoft Excel.

Pengabdian ini dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 3-4 September 2021 pada pukul 08.00 WIB - Selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 Guru dan kepala sekolah . Bentuk kegiatan pengabdian ini yaitu melalui sebuah workshop pelatihan dimana saya dan rekan sejawat akan memaparkan materi mengenai apa itu kahoot, quizziz, ms powerpoint dan excel serta menjelaskan bagaimana cara memakai dan menjalankan aplikasi tersebut. Alur Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini yaitu:

A. Kegiatan Hari Pertama:

  1. Dewan guru hadir tepat waktu di lokasi dengan membawa laptop atau gadget masing-masing.
  2. Acara dimulai oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan peraturan tata tertib yang harus dipatuhi oleh selama acara berlangsung. Kemudian saya selaku ketua pelaksana memberikan sambutan.
  3. Selanjutnya yaitu sesi pemaparan materi kahoot selama 20 menit yang dilakukan oleh saya dan rekan sejawat.
  4. Selanjutnya yaitu sesi tanya jawab selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi praktik selama 25 menit.
  5. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi quizziz selama 20 menit yang dilakukan oleh saya dan rekan sejawat.
  6. Selanjutnya yaitu sesi tanya jawab selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi praktik selama 25 menit

dokpri
dokpri

B. Kegiatan Hari Kedua:

  1. Dewan guru hadir tepat waktu di lokasi dengan membawa laptop atau gadget masing-masing.
  2. Acara dimulai oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan peraturan tata tertib yang harus dipatuhi oleh selama acara berlangsung.
  3. Selanjutnya yaitu sesi pemaparan materi microsoft powerpoint selama 25 menit yang dilakukan oleh saya dan rekan sejawat.
  4. Selanjutnya yaitu sesi tanya jawab selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi praktik selama 20 menit.
  5. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi microsoft excel selama 25 menit yang dilakukan oleh saya dan rekan sejawat.
  6. Selanjutnya yaitu sesi tanya jawab selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi praktik selama 20 menit

dokpri
dokpri

Penyampaian materi yang dilakukan tentunya menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta yang mudah dipahami oleh peserta, sehingga penyampaian materi terlihat kondusif dan nyaman. 

Dewan guru terlihat sangat antusias dan semangat untuk memahami materi dalam workshop pelatihan ini. 

Pada saat sesi tanya jawab, guru-guru terlihat aktif bertanya mengenai materi yang belum dipahami dan masih terlihat bingung. 

Dalam sesi praktik, tidak sedikit dari guru-guru yang merasa kesulitan dalam mencoba menggunakan aplikasi kahoot dan quizziz. Kami mencoba membimbing secara perlahan kepada guru-guru agar mereka bisa paham dan menyelesaikan uji coba pembuatan latihan soal di kahoot dan quizziz. 

Setelah acara selesai, saya memberikan link google drive yang berisikan materi-materi yang telah disampaikan agar para guru bisa mencoba lagi dan jika masih belum paham akan materi bisa dibuka dan dilihat lagi dirumah masing-masing.

Dengan diadakannya Pelatihan Aplikasi Kahoot, Quizziz, Ms Power Point dan Ms Excel Dalam Rangka Adaptasi Teknologi Pada Era New Normal di SDIT Cerdas Insani Bekasi, guru-guru SDIT Cerdas Insani Bekasi bisa cepat dan mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi atau media pembelajaran di Era New Normal saat ini. 

Kemudian, dengan penggunaan aplikasi kahoot, quizziz, dan Microsoft power point diharapkan peserta didik bisa lebih memahami soal-soal yang diberikan, tidak jenuh dengan hanya diberikan tugas dan materi melalui whatsapp, dan pembelajaran daring bisa lebih berwarna.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun