Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini. Dengan kehadiran salah satu Generative AI (GAI) seperti ChatGPT, dapat memudahkan kita dalam membantu dan mengolah pertanyaan-pertanyaan sulit hingga yang detil sekali pun. Karena kepopuleran dan kehebatannya, membuat manusia semakin nyaman dan bergantung pada fenomena ini.
Pegasystem menemukan sebanyak 55% konsumen sudah merasa nyaman dengan kehadiran AI dalam berinteraksi di sektor bisnis. Ditambah laporan oleh We Are Social, tercatat hingga januari 2023, sebanyak 167 juta orang Indonesia aktif dalam menggunakan sosial media. Bersamaan dengan penggunaan sosial media yang bertambah, kebutuhan AI dalam memaksimalkan sebuah kebutuhan pada media sosial juga ikut bertambah.Â
Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya telah memanfaatkan AI dengan cara yang menarik. Salah satu pemanfaatan AIÂ dalam media sosial adalah dapat memaksimalkan efisiensi unggahan konten yang diunggah pengguna. Sehingga dapat tertuju kepada konsumen yang memiliki ketertarikan yang sama.Â
Oleh karena itu, akun media sosial @commstride memanfaatkan hal tersebut dalam menyuarakan dalam meningkatkan visibilitas Program Studi Ilmu Komunikasi President University yang positif oleh masyarakat. @commstride memanfaatkan media sosial Instagram sebagai platform utama mereka. Dalam praktiknya, Instagram dijadikan sebagai media publikasi dan membangun serta meningkatkan brand awareness @commstride.
Lalu, bagaimana akun Instagram @commstride dapat memaksimalkan AI dalam meningkatkan brand awareness mereka? Simak penjelasannya di bawah ini.
Memprediksi Konsumen
Tim media sosial Instagram @commstride memanfaatkan bantuan AI dalam mengumpulkan data tentang prospek konsumen. AI dapat membantu personalisasi akun media sosial untuk mempelajari profil target konsumen melalui kunjungan profil.
Dengan kunjungan yang dilakukan konsumen terhadap akun @commstride, AI dapat membantu konten mana yang paling menarik minat konsumen. Sehingga tim media sosial dapat memprediksi konten yang pas dengan target konsumen.Â
Pembuatan Konten
Setelah mengetahui target audiens, pembuatan konten yang ingin diunggah sangat penting untuk dipertimbangkan. Tim media sosial @commstride terus mengunggah konten yang bisa menarik target konsumen dan selalu mengevaluasi konten yang efektif. AI hadir dalam memberikan ide kepada tim media sosial melalui generative AI seperti ChatGPT. Apa pun jenis konten yang ingin dibuat, AI dapat membantu dalam memberikan ide yang tetap berfokus pada kebutuhan konsumen.
Rekomendasi Konten PersonalÂ
Instagram memanfaatkan AIÂ dalam menganalisis perilaku konsumen, seperti konten yang disukai, konten yang disimpan, konten yang disebarkan, dan lainnya yang menyangkut interaksi konsumen. AI membantu Instagram @commstride dalam memahami minat dan preferensi target konsumen, sehingga konten yang diunggah dapat muncul ke dalam beranda target konsumen @commstride.
Peran AI dalam membantu penggunaan media sosial Instagram @commstride sangat bermanfaat, khususnya dalam meningkatkan brand awareness. Tim media sosial harus bisa membaca, mengelaborasi, serta memanfaatkan data yang diberikan dan disediakan oleh AI, sehingga penggunaan sosial media menjadi lebih maksimal.Â
Tentang CommStride
Communication Stride (CommStride) adalah kegiatan tahunan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana President University jurusan Ilmu Komunikasi. Â
CommStride 2023Â mengangkat tema #GenerasiEKSPRESI (Energik, Sehat Pikiran & Raga, dan Siap Kerja!) yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu good health and well being dan decent work and economic growth.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H