oleh: achmad yusuf mahasiswa program studi pendidikan agama islam fakultas tarbiyah dan keguruan INISNU temanggng
PENDAHULUANÂ
Pondok pesantren telah lama dikenal sebagai pusat pendidikan yang memadukan nilai-nilai agama dan pendidikan formal. Salah satu pesantren yang memiliki pendekatan unik dalam mendidik santrinya adalah Madrasah Aliyah (MA) D-Baito Sunan Plumbon. Pesantren ini menonjol dengan kurikulum multikultural yang memberikan perhatian besar terhadap keberagaman budaya dan agama.
PEMBAHASANÂ
Kurikulum Multikultural: Sebuah Upaya Inklusif
Kurikulum multikultural di MA D-Baito Sunan Plumbon dirancang untuk membangun pemahaman siswa tentang pentingnya menghargai perbedaan. Hal ini tercermin dari materi ajar yang mencakup berbagai aspek budaya, tradisi, dan agama, baik lokal maupun internasional. Para siswa tidak hanya diajarkan ilmu agama Islam yang menjadi fondasi pendidikan di pesantren, tetapi juga diperkenalkan dengan pemahaman agama lain serta budaya-budaya yang berbeda dari yang mereka kenal sehari-hari.
Salah satu contohnya adalah materi sejarah peradaban Islam yang tidak hanya berfokus pada perkembangan Islam di Timur Tengah, tetapi juga mencakup peran Islam di belahan dunia lain, seperti di Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika. Selain itu, terdapat pula pengenalan mengenai agama-agama besar dunia seperti Kristen, Hindu, Buddha, dan lain-lain, yang bertujuan untuk memperluas wawasan siswa dalam memahami keragaman iman dan keyakinan.
Materi Ajar yang Mencakup Keberagaman Budaya dan Agama
Kurikulum ini mencakup beberapa mata pelajaran yang dirancang khusus untuk menanamkan nilai-nilai multikultural. Dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), misalnya, siswa diajak berdiskusi mengenai nilai-nilai Islam yang mendukung toleransi dan perdamaian antarumat beragama. Mereka juga belajar bagaimana sejarah Islam berkembang dengan damai di berbagai wilayah yang memiliki agama dan budaya yang berbeda.
Pelajaran lain seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris juga menjadi alat penting untuk membuka wawasan siswa terhadap dunia luar. Pengajaran bahasa asing ini bukan sekadar fokus pada kemampuan linguistik, tetapi juga digunakan untuk memperkenalkan siswa pada literatur dan budaya dari negara-negara yang berbicara bahasa tersebut. Misalnya, siswa diajak untuk mempelajari karya sastra dari Timur Tengah dan Barat, yang secara tidak langsung memperkaya pemahaman mereka tentang perbedaan budaya.
Metode Pengajaran yang Mendukung Pemahaman Lintas Budaya