Mohon tunggu...
Muhammad Samsul Hudha
Muhammad Samsul Hudha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yang hobinya berolahraga voli selain itu juga suka menonton film action barat maupun lokal.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tahukah Anda? Bagaimana Pembisnis Memenangkan Persaingan di Pasar

29 September 2024   20:45 Diperbarui: 29 September 2024   20:45 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagaimana cara bisnismen memenangkan persaingan di pasar?

Dalam berbisnis seseorang harus paham ten apa itu etika bisnis, Etika berbisnis merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan bisnis di pasar. Dalam era  persaingan yang semakin sengit ini banyak pembisnis pemula yang kwalahan dalam menangani bisnis mereka, di mana zaman sekarang sudah semakin modern dan majunya teknologi-teknologi membuat persaingan semakin ketat. 

Etika bisnis tak hanya tentang menjalankan bisnis dengan adil dan transparan, tetapi juga tentang membangun hubungan yang sehat dan adil dengan relasi kerja, masyarakat, atau pemegang saham. Untuk memenangkan persaingan di pasar, pembisnis perlu menerapkan strategi yang efektif. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Memahami Pasar dan Kompetitor

Memahami perilaku dan tren pasar, termasuk pelanggan dan kompetitor, merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Lakukan riset pasar dan kompetitor untuk mengetahui preferensi dan kebutuhan pelanggan, serta strategi yang digunakan kompetitor.

2. Menciptakan Diferensiasi Produk

Mengembangkan produk dengan fitur, kualitas, atau manfaat unik dapat membedakan dari pesaing. Konsumen cenderung menyukai produk yang memiliki nilai tambah, meskipun harganya lebih tinggi.

3. Menetapkan Harga yang Kompetitif

Pahami harga yang ditawarkan pesaing dan tetapkan harga yang kompetitif namun tetap menguntungkan. Lakukan perbandingan harga dan analisis biaya untuk menentukan harga optimal.

4. Memanfaatkan Pemasaran Digital dan Media Sosial

Gunakan platform online untuk menjangkau konsumen secara cepat dan efektif. Kampanye periklanan tertukar dan berdasarkan data dapat membantu menjangkau audiens target.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun