Mohon tunggu...
Muhammad Rofy Nurfadhilah
Muhammad Rofy Nurfadhilah Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Menulis dan membaca merupakan cara yang paling elok dalam membunuh waktu.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Punya Karyawan dan Menjadi Bos, Ingatlah Tiga Hal Penting Berikut

10 Desember 2023   12:29 Diperbarui: 10 Desember 2023   12:34 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Memegang sebuah kendali dalam sebuah perusahaan, baik milik pribadi maupun orang lain mutlak harus punya kepiawaian dalam memimpin. Terutama kecerdasan dalam memahami karyawan yang ada di bawahnya.

Menjadi Bos tak lantas bekerja dan memerintah semau gue, tanpa memahami kemantapan fisik maupun psikis karyawan.

Bos bukanlah kusir kuda, yang hanya memecut dengan keras dan memberi makan kuda saat telah lelah.

Namun lebih dari itu, seorang Bos harus belajar menyentuh karyawan dari sisi kemanusiaan seutuhnya. 

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat Anda diamanahi untuk menjadi Bos.

Banyak belajar

Hal ini mutlak harus dilakukan oleh siapapun, terutama seorang Bos. Dengan banyak belajar tentang amanah yang Anda pegang, bagaimana mengaturnya dan dengan siapa saja Anda bekerja menjadi bagian penting dalam perjalanan Anda dalam memimpin.

Tanpa belajar, baik secara teori maupun terjun langsung, merupakan omong kosong, dan lambat laun akan merugikan perusahaan maupun Anda sendiri.

Maka menjadi bos pembelajar merupakan tahapan penting bagi Anda yang sedang memimpin.

Memahami psikologis karyawan

Karyawan Anda merupakan aset, sekaligus manusia biasa yang sama seperti Anda. Namun disisi lain mereka pun punya kekuatan dan kelemahannya sendiri, baik dari sisi kepribadian, skill kerja maupun emosional. 

Maka dengan memahami sisi psikologi mereka, Anda akan lebih efektif dalam mengendalikan mereka untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Disinilah kepekaan Anda diuji, jangan sampai Anda mendahulukan emosi semata karena mungkin karyawan Anda sedang sakit, misalkan. Tapi sapalah mereka, tanyakan keadaannya, dan berempatilah sebelum Anda kemudian memberinya tugas.

Dengan sedikit empati, maka Anda telah menjadi bos yang manusiawi.

Mintalah tolong terlebih dahulu, dan jangan lupa berterima kasih

Hal yang tak kalah penting adalah ucapan permohonan tolong dan terima kasih yang harus Anda biasakan saat menjadi bos.

Dua hal yang serasa dianggap sepele namun efeknya yang luar biasa ini akan membuat karyawan Anda jauh lebih berharga dan bersemangat saat harus melakukan pekerjaan yang Anda berikan

Itulah tiga hal penting yang harus Anda perhatikan saat Anda menjadi bos, baik di perusahaan Anda sendiri maupun orang lain. Tak lain agar kerjasama Anda sebagai bos, dengan mereka sebagai karyawan, menjadi terjalin lebih efektif.

Semoga bermanfaat. (*)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun