Mohon tunggu...
Muhammad Rofiq
Muhammad Rofiq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Nadhom Alala dalam Pendidikan Islam

20 Oktober 2023   20:00 Diperbarui: 20 Oktober 2023   20:01 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Implementasi Nadhom Alala dalam Pendidikan Islam

ABSTRAK

Penelitian ini mendalami implementasi pendidikan pada Nadhom Alala dalam konteks pendidikan Islam. Fokus utama adalah dampak pengajaran Nadhom Alala pada pemahaman agama, pengembangan bahasa Arab, dan karakter moral siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nadhom Alala efektif dalam memperdalam keyakinan agama, meningkatkan pemahaman bahasa Arab, dan membentuk karakter moral siswa. Dengan peran guru sebagai fasilitator utama, karya sastra klasik ini tetap menjadi alat yang berharga dalam pendidikan Islam dan budaya Arab.

PENDAHULUAN

Nadhom Alala adalah sebuah karya sastra Arab klasik yang memiliki sejarah panjang dalam konteks pendidikan di dunia Islam. Karya ini tidak hanya menjadi sebuah kumpulan syair-syair indah, tetapi juga merupakan sumber pengetahuan yang berharga dalam pembelajaran agama dan bahasa Arab.

Kitab Alala merupakan salah satu kitab pengembangan agama islam di Jawa karena menjelaskan tentang metode pembelajaran yang memiliki hubungan dengan nilai-nilai moral agama untuk membuat orang memiliki karakter yang baik.

Dalam pendahuluan ini, kita akan menjelajahi peran penting Nadhom Alala dalam pendidikan dan bagaimana karya sastra ini telah menjadi salah satu landasan pendidikan tradisional yang penting di dunia Arab. Nadhom Alala memiliki peran penting yang sangat signifikan dalam konteks pendidikan dan kebudayaan Islam. Berikut beberapa peran utama karya sastra ini:

1. Pendidikan Agama: Nadhom Alala merupakan salah satu karya utama yang digunakan untuk mengajarkan agama Islam, terutama dalam pengajaran aqidah (keyakinan) dan akhlak (moral). Syair-syair dalam Nadhom Alala memberikan pemahaman mendalam tentang keyakinan Islam dan prinsip-prinsip moral kepada para pelajar.

2. Pendalaman Bahasa Arab: Nadhom Alala adalah contoh yang sempurna dari puisi dalam bahasa Arab. Dalam proses memahami dan menghafal nadhom ini, para pelajar Arab dapat memperdalam pemahaman mereka tentang bahasa Arab, termasuk tata bahasa, kosakata, dan struktur kalimat.

3. Penghafalan dan Tradisi Oral: Nadhom Alala sering dihafal oleh para pelajar. Ini mempromosikan tradisi lisan dalam pendidikan Islam, di mana pengetahuan dan karya sastra disampaikan dari guru ke murid melalui penghafalan dan pembacaan secara langsung.

4. Pengajaran Sejarah: Beberapa bagian dari Nadhom Alala merangkum sejarah Islam, termasuk biografi Nabi Muhammad dan kisah-kisah penting dalam sejarah Islam. Hal ini membantu para pelajar memahami akar dan perkembangan agama Islam.

5. Pengajaran Akhlak dan Etika: Nadhom Alala mengandung banyak nasihat moral dan etika yang berguna dalam panduan hidup sehari-hari. Hal ini membantu membentuk karakter dan perilaku yang baik pada para pelajar.

6. Warisan Kultural: Nadhom Alala adalah bagian penting dari warisan kultural Arab dan Islam. Karya ini telah membantu mempertahankan dan menyebarkan nilai-nilai kebudayaan Islam melalui generasi-generasi.

7. Penghubung Generasi: Nadhom Alala menghubungkan generasi-generasi, karena tradisi pengajarannya telah berlangsung selama berabad-abad. Ini menciptakan ikatan budaya dan pendidikan yang kuat antara mereka yang mempelajari karya ini.

Dengan peran-peran penting ini, Nadhom Alala terus menjadi sumber pengetahuan yang berharga dalam pendidikan Islam dan budaya Arab. Karya sastra ini adalah contoh nyata bagaimana puisi dan sastra dapat menjadi sarana efektif dalam pengajaran dan pemeliharaan nilai-nilai budaya dan agama.

METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi kelas, dan analisis dokumen kurikulum yang mencakup penggunaan Nadhom Alala. Sampel terdiri dari guru dan siswa yang terlibat dalam pengajaran dan pembelajaran Nadhom Alala. Penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana Nadhom Alala digunakan dalam konteks pendidikan dan dampaknya terhadap pemahaman agama, bahasa Arab, dan nilai-nilai moral dalam pendidikan Islam.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, analisis pustaka. Teknik observasi digunakan untuk menganalisis Pelaksanaan pembelajaran kitab Alala sebagai upaya pengembangan spiritual quotient Siswa. Instrument wawancara digunakan dalam pemerolehan informasi terkait proses, Metode pembelajaran kitab Alala

HASIL PENELITIAN

Implementasi pendidikan pada Nadhom Alala merujuk pada penggunaan karya sastra klasik ini dalam proses pendidikan, terutama dalam konteks pendidikan Islam di sekolah-sekolah.

1.Pengajaran Agama: Implementasi Nadhom Alala dalam pengajaran agama Islam telah membantu siswa memahami keyakinan dan praktik agama Islam secara lebih mendalam. Mereka mampu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis dengan baik.

2.Pengembangan Bahasa Arab: Penggunaan Nadhom Alala telah meningkatkan kemampuan siswa dalam bahasa Arab. Mereka memahami tata bahasa dan kosakata Arab dengan lebih baik, yang juga menguntungkan pemahaman Al-Qur’an.

3.Karakter Moral: Nadhom Alala memberikan nasihat moral dan etika yang kuat, yang telah membentuk karakter siswa dengan baik. Mereka memahami pentingnya nilai-nilai seperti kejujuran, integritas, dan belas kasih.

4.Penggunaan Tradisi Lisan: Tradisi pengajaran Nadhom Alala melalui penghafalan dan pembacaan lisan masih dijaga dengan baik. Hal ini membantu siswa dalam mempertahankan dan mewarisi tradisi lisan Islam.

Implementasi pendidikan pada Nadhom Alala adalah praktik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun dalam pendidikan Islam. Karya sastra klasik ini digunakan untuk mengajarkan agama Islam, bahasa Arab, dan karakter moral kepada siswa. Dalam konteks pendidikan Islam, Nadhom Alala berfungsi sebagai alat penting dalam memahami keyakinan agama, mengembangkan kemampuan berbahasa Arab, dan membentuk karakter moral. Artikel ini menyajikan gambaran menyeluruh tentang implementasi pendidikan pada Nadhom Alala. Kami menjelaskan bagaimana karya sastra ini digunakan dalam pengajaran agama Islam, dengan guru yang membantu siswa dalam menghafal dan memahami ayat-ayat Al-Qur'an, hadis, dan nilai-nilai agama. Selain itu, kami menyoroti peran Nadhom Alala dalam pengembangan bahasa Arab, di mana siswa memahami tata bahasa, kosakata, dan struktur kalimat Arab melalui karya sastra ini. Selanjutnya, kami membahas bagaimana Nadhom Alala membentuk karakter moral dan etika siswa, dengan mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, integritas, dan kasih sayang. Kami juga menggarisbawahi pentingnya tradisi lisan dalam implementasi pendidikan pada Nadhom Alala. Siswa diharapkan untuk menghafal dan membacakan syair-syair karya ini, yang menciptakan ikatan kuat dengan nilai-nilai budaya dan agama. Artikel ini juga mencerminkan bagaimana metode pengajaran interaktif dan penggunaan teknologi dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa dalam era modern. Penting untuk diingat bahwa guru memiliki peran kunci dalam implementasi pendidikan pada Nadhom Alala, sebagai fasilitator dalam pemahaman teks dan dalam membimbing siswa. Keseluruhan, artikel ini membahas pentingnya Nadhom Alala dalam pendidikan Islam dan bagaimana karya sastra ini tetap menjadi alat yang efektif dalam memahami agama Islam, mengembangkan bahasa Arab, dan membentuk karakter moral siswa.

KESIMPULAN

Implementasi Nadhom Alala dalam pendidikan di Sekolah Menengah Islam Al-Madina telah memberikan dampak positif dalam pemahaman agama Islam, bahasa Arab, dan karakter moral siswa. Karya sastra ini tetap menjadi alat efektif dalam pendidikan Islam dan budaya Arab. Namun, untuk memaksimalkan manfaatnya, perlu ada integrasi yang lebih baik dengan teknologi dan pendekatan pendidikan modern.

Bentuk pembelajaran kitab Alala diantaranya kebiasaan siswa yaitu kebiasaan yang konsisten agar terbentuk suatu tingkah laku, keteladanan guru yang dapat membentuk moral serta spiritual anak. Kemudian pengelolaan kelas yang dapat mengoptimalkan proses belajar dan mengajar serta tata tertib sekolah yang mampu memberikan kesadaran akan tanggung jawab.

SARAN

Rekomendasi termasuk pengembangan materi pengajaran yang lebih interaktif, penggunaan teknologi dalam pengajaran, dan pelatihan lanjutan untuk guru agar dapat memanfaatkan Nadhom Alala secara lebih efektif dalam proses pendidikan. Selain itu, diperlukan upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan tradisi lisan dalam pendidikan Islam.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, “Konsep Pendidikan Al Zarnuji”, Jurnal ISSN 2830-2843, vol No. 1, Juni 2022.

Bahrudin, “Implementasi Pembelajaran Kitab Alala Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Santri”, Vol. 4, No. 1 Januari 2021.

Elkarimah, Mia Fitriah, “Pendidikan Karakter pada pembelajaran Kitab Alala“, (ILMA , Universitas Islam Jakarta, Vol. 1 No. 1 September 2022).

Esti, Rahmah, “Pengaruh Hidden Curriculum Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP IT Masjid Syuhada‟ Kotabaru Yogyakarta”, Jurnal Edukasi, 2017, hlm. 237-238

Wira Hada Kusuma, “Upaya MeningkatkanPrestasi Belajar Melalui Peningkatan Kecerdasan Spiritual Santri”, ISSN 2614-8617, Vol. 2 No. Desember 2019

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun