Iklan adalah salah satu pancingan dari sebuah brand untuk menarik konsumen dalam radius besar, bukan hanya di televisi namun di era revolusi sekarang banyak iklan yang tayang melalui media sosial seperti tiktok, instagram,facebook,twitter,youtube dan lain lain sehinga cakupan iklan dari suatu brand memiliki jangkauan yang luas bagi konsumen.
Bukan hanya itu, untuk mengetahui minat konsumen namun harus menyusun pendekatan strategi periklanan kepada konsumen, menurut Alan H ia merancang sistematika penyusunan pesan kepada konsumen dalam akronim yang kita kenal sebagai ANSVA, ANSVA merupakan kepanjangan dari;
AttentionÂ
Needs
Satisfaction
VisualizationÂ
ActionÂ
Yang artinya dalam perancangan strategi iklan membutuhkan perhatian, kebutuhan, kepuasan, visualisasi, dan tindakan dari konsumen.Â
Banyak Iklan yang unik sehingga membuat konsumen heran bahkan tidak percaya dengan keberadaan produk tersebut apakah itu hanya gimmick atau kenyataan sesuai dengan apa yang perusahaan tampilkan sebagai iklan.Â
Tahun 2015 yamaha meluncurkan motor skutik berkapasitas 155cc dengan desain elegan dan sporty, pada saat itu yamaha berhasil menjual Nmax karena memiliki fitur yang lebih unggul dibandingkan kompetitor nya seperti lampu depan Led dan memiliki sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), karena nyaman dan irit dan memiliki fitur unggul akhirnya Nmax laku hingga saat ini.
Namun Yamaha mengambil headline yang tidak biasa kali ini, pada tanggal 12 Juni 2024 Yamaha Nmax "TURBO"Â lahir di tanah air, bagi antusiasme otomotif mungkin akan heran dengan hadirnya yamaha Nmax Turbo, karena turbo biasa digunakan untuk kendaraan bermesin diesel, kendaraan berat atau mesin dengan spesifikasi tinggi. Namun yamaha berani untuk memberi nama turbo. Tidak biasa jika kendaraan beroda dua memiliki turbo bawaan pabrik, dan biasanya turbo menghasilkan tenaga yang besar untuk kebutuhan yang diperlukan.
Nmax Turbo lahir pertama kali di dunia dan memiliki fitur yang sangat unggul dibandingkan kompetitor nya yaitu Honda PCX, meski dari segi mesin PCX unggul dengan kapasitas mesin 160cc dan Nmax memiliki kapasitas 155cc. Dan selisih harga tidak jauh untuk Nmax Turbo 37.750.00 dan PCX 160 36.980.00, dengan uang 37 juta sudah bisa mendapatkan fitur seperti;
TFT Navigation DisplayÂ
Memudahkan kita untuk menggunakan navigasi disaat berpergian, kini sudah bisa menghubungkan handphone anda melalui aplikasi Y-Connect.
Multi Infotainment Display With Y-ConnectÂ
Menampilkan banyak informasi mulai dari status bbm, indikator mode, odometer, indikator engine check, indikator sein, dan masih banyak lagi.
Electric power Outlet
Tidak perlu khawatir kehabisan baterai handphone saat berpergian
Smart Key System
Bisa melakukan answer back ketika kita sedang mencari motor kita
Mesin Baru
Memiliki kapasitas 155cc Yecvt, Blue core dan VVA
Turbo Riding mode
Memiliki riding mode seperti layak nya motor besar pada umum nya
Turbo Y-Shift
Pengaktifan mode turbo atau bisa menambah daya akselerasi awal
ABSÂ
Menghindari roda mengunci saat panic brakingÂ
Traction Control system
Meminimalisir tergelincirnya roda saat kondisi basah
Tubeless wide tire
Sudah tidak lagi menggunakan ban dalam
Fitur Fitur seperti di atas belum banyak beredar di pasar Indonesia menurut saya dengan harga 37.750.00 terlalu murah untuk motor yang memiliki fitur berlimpah, perlu diketahui Nmax Turbo memiliki beberapa tipe, yang paling rendah ada di tipe;
Neo VersionÂ
Neo S version
Turbo
Turbo Tech Max
Turbo Tech Max UltimateÂ
Banyak kalangan Para Influencer dan Motovlogger ikut menghadiri peluncuran yamaha Nmax Turbo, dan Yamaha yakin produk baru yang mereka akan rilis akan laku di pasar indonesia dan pasar luar seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, dan lain lain. Mengingat motor ini baru meluncur dan saat ini sudah bisa dibeli meskipun harus menunggu kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkan unit nya.Â
Motor ini cocok bagi konsumen yang mencari kenyamanan dari segi posisi berkendara karena Nmax Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3kw/8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm/6.500 rpm dengan cvt nya yang sudah electric memberikan kesan berkendara dengan sensai TURBO melalui fitur riding mode  yang menawarkan 2 mode yaitu, T- mode atau Town mode, dan juga S-Mode atau Sports Mode. Town mode cocok untuk digunakan untuk mobilitas sehari hari dalam kota, karena karakter Town Mode cukup halus dan lembut dan lebih efisien bahan bakar. Sedangkan S mode cocok digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring atau trackday, karena Sport mode menawarkan akselerasi yang lebih segnifikan dan agresif pada transmisi.Â
Namun para antusias otomotif meragukan jika terjadi masalah pada sensor Yecvt apakah motor tersebut masih bisa berjalan atau mogok, karena transmisi yang digunakan bukan transmisi konvensional yang menggunakan roller melainkan menggunakan gear untuk mengatur buka tutup nya pulley depan. Dan masih dipertanyakan jika tarikan semakin agresif apakah V-belt dari motor tersebut akan awe atau justru malah boros dan ujung ujung nya menguras dompet konsumen. Yang pasti PT yamaha Indonesia Motor (YIMM) sudah merancang matang produk yang akan dijual kepada konsumen.
Itulah keunikan dari cara bagaimana Pt Yamaha Indonesia Motor produk terbarunya, meski tidak memiliki turbo pada mesin nya namun maksud dari mereka adalah sensasi berkendara seperti turbo, dengan uniknya nama yang dibuat oleh Pt Yamaha Indonesia Motor berhasil menarik atensi publik dengan produk terbarunya Yamaha.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H