Mohon tunggu...
Muhammad Rezki Atthani
Muhammad Rezki Atthani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Institut Agama Islam Tazkia

Mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah yang sedang mengejar akhirat dan berharap dapat dunia dan akhirat

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Review Manajemen Strategis pada Perusahaan Mie Gacoan dengan Analisis SWOT

27 Desember 2023   20:23 Diperbarui: 27 Desember 2023   23:55 908
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Latar Belakang

Mie Gacoan adalah sebuah perusahaan waralaba dari Indonesia yang bergerak di bidang restoran dengan menyajikan produk utama ialah mie pedas. Mie Gacoan merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi dengan foundernya yaitu Anton Kurniawan. Usaha ini berdiri pada awalnya di tahun 2016 tepatnya di Kota Malang, dan hanya dalam beberapa tahun saja, Mie Gacoan sudah melakukan ekspansi ke berbagai kota besar lainnya, seperti Surabaya, Yogyakarta, Medan, Bali, Solo, Bandung, dan tersebar di hampir seluruh wilayah indonesia.

Nama "Mie Gacoan" sendiri diambil dari kata "Gaco" yang dalam bahasa jawa artinya jagoan/andalan. Mie Gacoan mengusung konsep kafe  yang modern dan instagramable sehingga tidak heran jika Mie Gacoan menjadi tempat bersantap favorit bagi masyarakat indonesia, khususnya mahasiswa, pelajar dan keluarga.

Mie Gacoan menawarkan banyak pilihan produk dengan harga yang terjangkau, tingkatan rasa pedas yang bisa diplih dan rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia menjadikan restorannya selalu ramai akan pelanggan, membuat pelanggan betah dan selalu ingin kembali. Ditambah lagi sejak 22 Juni 2023, Mie Gacoan sudah resmi mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Saat ini merk Mie Gacoan telah tumbuh menjadi market leader, terutama di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Bali, dan sedang berekspansi menjadi merk terbesar nomor 1 secara nasional. Kehadiran Mie Gacoan telah mendapatkan apresiasi luar biasa di setiap market dimana Mie Gacoan diklaim sudah melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulannya bahkan bisa mencapai omset 100 juta per harinya.

Analisis SWOT

Apa yang membuat Mie Gacoan bisa se-hype dan se-trend itu? Lalu kenapa bisa Mie Gacoan memiliki pengunjung yang ramai juga rela antri panjang dan didominasi oleh anak-anak muda? Apa strategi yang dilakukan Mie Gacoan? Hal itu bisa kita dapatkan melalui analisis SWOT yang penulis rangkum berikut ini berkaitan dengan Strenghts (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Threats (Ancaman).

  • Sthrengts (Kekuatan)

1. Menawarkan produk yang bermacam-macam seperti varian mie, dimsum dan minuman yang menyegarkan. Untuk varian mie memiliki tingkatan level yang disesuaikan dengan pilihan pelanggan.

2. Memiliki citarasa yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga membuat nagih dan pelanggan selalu ingin datang lagi.

3. Harga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari harga Rp. 10.000 sampai 15.000 tergantung dari produk yang dipilih sehingga bersahabat dengan kantong mahasiswa.

4. Area restoran yang nyaman, luas dan bernuansa kekinian sehingga mendukung sebagai tempat nongkrong dan tempat yang instagramable untuk foto-foto lalu diabadikan di sosial media pelanggan. Mie Gacoan juga menyediakan tempat parkir yang luas dan musholla.

5. Lokasi berdirinya Mie Gacoan terletak di tempat yang strategis seperti di tengah kota dan di pinggir jalan raya yang memungkinkan orang ramai untuk datang.

6. Sudah bersertifikasi halal MUI sehingga aman dinikmati oleh temen-temen muslim.

  • Weakness (Kelemahan)

1. Produk utama yang dijual adalah produk umum yaitu mie sehingga mudah ditiru oleh pengusaha lain.

2. Tersedia hanya 1 kasir yang melayani konsumen sehingga menyebabkan antrian pengunjung yang panjang dan pelayanan menjadi lama.

3. Area musholla yang kecil dan jumlah WC yang sedikit sehingga tidak seimbang dengan jumlah pengunjung yang datang.

  • Opportunity (Peluang)

1. Ekspansi Mie Gacoan yang pesat dengan memunculkan cabang-cabang baru di hampir seluruh wilayah Indonesia.

2. Dapat dipesan secara online melalui aplikasi jasa pengiriman makanan seperti Shopeefood, Gofood, Grabfood dan aplikasi lainnya. Biasanya disertai promo-promo menarik yang membuat harga semakin terjangkau.

3. Menguasai pasar dalam menjual produk mie pedas dan mengalahkan kompetitor sejenisnya.

4. Dapat melakukan promosi melalui sosial media seperti di TikTok, Instagram, Twitter maupun Facebook.

  • Threats (Ancaman)

1. Memungkinkan munculnya pesaing baru dengan menjual produk yang sama.

2. Masyarakat mungkin akan jenuh dengan produk jenis mie yang rasanya itu-itu saja.

3. Harga bahan baku mie yaitu gandum yang mungkin akan mengalami kenaikan di masa mendatang.

4. Peraturan pemerintah dalam bidang ekonomi yang bisa berubah-ubah seiring berkembangnya zaman.

Rekomendasi

Untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan, maka tentu strategi yang tepat dalam pengembangan bisnis jika di analisis dari SWOT nya, adalah pada bagian S (Strenght) dan O (Opportunity). Melihat dari hasil analisis yang telah penulis rangkum diatas, restoran Mie Gacoan sudah dapat dikatakan baik dan tetap terus sustain dengan memberikan banyak nilai pada bagian Kekuatan dan Peluangnya. 

Adapun menanggapi dari bagian Kelemahan dan Ancamannya, maka penulis memberikan rekomendasi dan saran pada restoran Mie Gacoan.

1. Mie Gacoan harus selalu mempertahankan citarasa dan kualitas makanannya yang sudah dikenal masyarakat ini agar tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

2. Mie Gacoan harus selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Dalam menyelesaikan masalah antrian dan pelayanan yang lama, maka Mie Gacoan bisa menambahkan  1 bagian kasir lagi untuk melayani pelanggan dengan lebih cepat.

3. Mie Gacoan bisa dengan menambahkan varian mie rasa baru ataupun berinovasi dalam menu baru yang membuat pelanggan tidak jenuh dengan rasa yang itu-itu saja, lalu juga hak itu memberikan value proposition yang berbeda dari para pesaingnya.

4. Mie Gacoan diharapkan untuk fokus dalam hal infrastukturnya yaitu memperbesar area musholla agar membuat para pelanggan muslim lebih nyaman beribadah. Lalu memperbanyak kapasitas wc nya sehingga pelanggan tidak antri untuk ke wc. Ini menjadi urgensi karena memandangkan pelanggan Mie Gacoan yang terbilang selalu ramai setiap harinya.

5. Mie Gacoan juga harus lebih gencar dalam pemasarannya, seperti memberikan promo-promo menarik, mengiklankan brand melalui pembuatan baju ataupun sepatu berlogo Mie Gacoan, ataupun berkolaborasi dengan produk lain untuk memasarkan produk lebih luas lagi.

Dari poin-poin yang penulis paparkan di atas, harapannya tentu ini menjadikan nilai plus bagi Mie Gacoan dan pelanggan yang datang ke tempat bisa lebih ramai lagi. 

Daftar Pustaka

https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/1099

https://Miegacoan.co.id

https://www.cermati.com/artikel/mie-gacoan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun