Mohon tunggu...
Muhammad Raynaldi Fauzy
Muhammad Raynaldi Fauzy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efek-Efek yang Terjadi Dalam Proses Komunikasi Massa

14 Januari 2022   02:02 Diperbarui: 14 Januari 2022   02:17 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Muhammad Raynaldi Fauzy ~ Ilmu Komunikasi ~ Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pengertian Komunikasi & Komunikasi Massa

Komunikasi merupakan aktivitas antar sesama manusia untuk menyampaikan sebuah pesan. Komunikasi adalah hal yang sangat melekat pada diri manusia. Sebagai makhluk sosial manusia memerlukan komunikasi dengan manusia lainnya untuk membentuk suatu hubungan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan komunikasi massa merupakan suatu upaya atau kegiatan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas atau kepada publik yang bisa disampaikan menggunakan media massa, seperti media cetak, media elektronik, siaran radio atau televisi, dan menggunakan media online.

Media massa yang biasa digunakan untuk melakukan komunikasi massa diantaranya ada media cetak berupa koran atau majalah. Kemudian ada media elektronik seperti radio dan televisi. Lalu pada masa modern seperti sekarang ini komunikasi massa dapat dilakukan melalui media online seperti Instagram, youtube, dan banyak media online lainnya.

Komunikasi massa bersifat terbuka terhadap masyarakat luas yang berbeda-beda baik dari segi umur, pekerjaan, maupun kebutuhan. Komunikasi massa juga bersifat umum hal ini dikarenakan pesan yang disampaikan lewat komunikasi massa tertuju kepada masyarakat luas. Pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa berupa fakta yang bersifat penting dan menarik karena ditujukan untuk masyarakat luas.

Secara umum, komunikasi massa berfungsi untuk menyampaikan informasi serta bisa juga untuk menyampaikan hiburan. Selain itu komunikasi massa juga bisa digunakan sebagai media dakwah seperti ceramah secara tidak langsung atau menggunakan media massa sehingga bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas dan efektif.

Efek-Efek Dalam Komunikasi Massa

Dalam melakukan komunikasi massa juga terdapat efek-efek dari komunikasi massa di dalamnya. Efek dalam komunikasi massa yaitu dampak atau respon yang terjadi dari seseorang yang menerima pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa atau menggunakan media massa. Efek-efek yang terdapat dalam komunikasi massa diantaranya adalah, efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral.

Menurut Donald K. Robert, efek hanyalah perubahan perilaku manusia setelah diterpa pesan media massa". Oleh karena fokusnya pesan, maka efek harus berkaitan dengan pesan yang disampaikan media massa (Ardianto, 2004:48).

Efek Kognitif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun