Mohon tunggu...
Muhammad Rama Farma
Muhammad Rama Farma Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030120

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

14 Tips agar Tetap Produktif Saat Melakukan WFH

30 Juni 2021   23:59 Diperbarui: 1 Juli 2021   00:45 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Work From Home (Sumber : flexjobs.com)

1. Mulailah lebih awal
Saat bekerja di kantor, perjalanan pagi Anda dapat membantu Anda bangun dan merasa siap untuk bekerja pada saat Anda tiba di meja kerja. Di rumah, bagaimanapun, transisi dari bantal ke komputer Anda bisa jauh lebih menggelegar.


Percaya atau tidak, salah satu cara untuk bekerja dari rumah secara produktif adalah dengan masuk ke daftar tugas Anda segera setelah Anda bangun. Cukup dengan memulai proyek hal pertama di pagi hari bisa menjadi kunci untuk membuat kemajuan secara bertahap sepanjang hari. Jika tidak, Anda akan memperpanjang sarapan dan membiarkan kelesuan pagi menghilangkan motivasi Anda.


Lindsay Kolowich berkata, "Ketika saya bekerja dari rumah, saya bangun, meminum kopi, dan segera mulai bekerja --- jauh lebih awal dari jam kerja normal. Saya hanya mulai membuat sarapan setelah saya menabrak tembok atau perlu istirahat . Saya orang yang suka bangun pagi dan merasa saya bisa menyelesaikan banyak pekerjaan di pagi hari, jadi ini bekerja sangat baik untuk saya."

2. Berpura-pura seperti Anda akan pergi ke kantor
Asosiasi mental yang Anda buat antara pekerjaan dan kantor dapat membuat Anda lebih produktif, dan tidak ada alasan bahwa perasaan harus hilang saat bekerja dari jarak jauh.

Saya tahu bahwa Anda suka bekerja dengan piyama Anda, tetapi tindakan mengganti pakaian ke sesuatu yang lebih serius akan memberi Anda sinyal untuk menyelesaikan pekerjaan sepanjang hari.

Saat Anda berdandan, Anda memberi otak Anda alasan untuk berdandan, dan itu bisa membuat Anda tetap bersemangat sepanjang jam kerja Anda.

Jadi saat bekerja dari rumah, lakukan semua hal yang akan Anda lakukan untuk mempersiapkan peran kantor: Setel alarm Anda, buat (atau ambil) kopi, dan kenakan pakaian yang bagus.

Peramban internet seperti Google Chrome bahkan memungkinkan Anda mengatur beberapa akun dengan bilah alat berbeda di bagian atas --- misalnya, bilah alat untuk rumah dan bilah alat terpisah untuk bekerja.


3. Susun hari Anda seperti di kantor
Saat bekerja dari rumah, Anda adalah manajer pribadi Anda sendiri dan dapat memilih jam kerja Anda.

Namun, tanpa hal-hal seperti jadwal pertemuan tatap muka untuk memecah hari Anda, Anda dapat dengan mudah kehilangan fokus atau kelelahan.

Agar tetap sesuai jadwal, segmentasikan apa yang akan Anda lakukan dan kapan untuk hari itu. Jika Anda memiliki kalender online, buat acara dan pengingat pribadi yang memberi tahu Anda kapan harus pindah gigi dan memulai tugas baru. Google Kalender membuatnya mudah.

Penataan hari Anda seperti yang Anda lakukan di kantor juga menyelamatkan Anda dari pekerjaan yang membosankan. Dengan struktur ini, bekerja dari rumah tidak akan menyebabkan pekerjaan Anda mengganggu kehidupan pribadi Anda.

"Apakah pagi hari untuk menulis saat Anda berada di kantor? Gunakan jadwal yang sama di rumah. Struktur ini akan membantu Anda tetap fokus dan produktif." - Ginny Mineo

4. Pilih ruang kerja khusus
Hanya karena Anda tidak bekerja di kantor bukan berarti Anda tidak bisa memiliki kantor. Daripada mengurung diri di kamar Anda atau di sofa di ruang tamu --- ruang yang terkait dengan waktu luang --- dedikasikan ruangan atau permukaan tertentu di rumah Anda untuk bekerja dari jarak jauh.

Tidak peduli ruang atau lokasinya, miliki area rumah untuk bekerja dan tetap berkomitmen sepanjang hari. Dan, setelah memilih ruang kerja khusus Anda, manfaatkan dengan membuatnya tenang.

CEO, Sam Mallikarjunan berkata, "Dapatkan tempat khusus yang Anda kunjungi untuk bekerja. Bisa berupa meja, kursi, kedai kopi lokal --- beberapa tempat yang selalu menjadi 'ruang kerja' Anda. Ini membantu Anda masuk ke kerangka berpikir yang benar."

5. Jangan berdiam diri di rumah
Apakah kantor rumah Anda tidak menyelesaikannya untuk Anda? Ambil kehidupan kerja-dari-rumah Anda selangkah lebih maju dan keluar dari rumah. Kedai kopi, perpustakaan, ruang tunggu umum, dan ruang berkemampuan Wi-Fi serupa dapat membantu Anda mensimulasikan energi kantor sehingga Anda dapat tetap produktif bahkan saat Anda tidak duduk di tempat kerja resmi.

Pemasar konten, Corey Wainwright, berkomentar, "Saya keluar dari rumah untuk bekerja dan pergi ke tempat dengan meja, kursi, dan orang yang sebenarnya. Ini membantu mensimulasikan lingkungan kerja dan menghilangkan gangguan yang biasanya saya alami di rumah, seperti dorongan untuk akhirnya membersihkan kamarku, mencuci pakaian, atau menonton TV."

6. Mempersulit penggunaan media sosial

Media sosial didesain untuk memudahkan kita membuka dan browsing dengan cepat. Namun, sebagai pekerja jarak jauh, kenyamanan ini dapat merusak produktivitas kita.

Untuk mengatasi kemudahan penggunaan jejaring sosial Anda selama jam kerja, hapus dari pintasan browser Anda dan keluar dari setiap akun di ponsel atau komputer Anda.

Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk bekerja terutama di jendela browser pribadi (atau, jika Anda menggunakan Chrome, "Penyamaran"). Ini memastikan Anda tetap keluar dari semua akun Anda, dan setiap pencarian web tidak melengkapi kata yang Anda ketikkan secara otomatis. Ini adalah jaminan bahwa Anda tidak akan tergoda untuk mengambil terlalu banyak istirahat sosial di siang hari.

Selain itu, banyak yang merasa terbantu dengan mematikan notifikasi media sosial selama mereka bekerja dari rumah.

7. Berkomitmen untuk berbuat lebih banyak
Proyek selalu memakan waktu lebih lama dari yang Anda kira pada awalnya. Karena alasan itu, Anda akan sering menyelesaikan lebih sedikit daripada yang Anda rencanakan.

Jadi, sama seperti Anda didorong untuk melebih-lebihkan berapa banyak jam kerja yang akan Anda habiskan untuk melakukan satu hal, Anda juga harus melebih-lebihkan berapa banyak hal yang akan Anda lakukan sepanjang hari.

Bahkan jika Anda tidak mencapai tujuan Anda, Anda masih akan keluar dari hari itu dengan daftar tugas yang solid yang diajukan di bawah 'selesai.'

"Pada hari-hari saya bekerja dari rumah, saya cenderung sedikit terlalu berkomitmen pada apa yang akan saya berikan hari itu. Jadi, bahkan jika saya mendapat dorongan untuk melakukan sesuatu yang lain, saya tahu saya telah melakukan sejumlah pekerjaan untuk tim saya." - Corey Wainwright

8. Bekerjalah saat Anda paling produktif
Tidak ada yang berlari cepat melalui pekerjaan mereka dari pagi hingga sore - motivasi Anda secara alami akan surut dan mengalir sepanjang hari. Namun, ketika Anda bekerja dari rumah, semakin penting untuk mengetahui kapan pasang surut itu akan terjadi dan rencanakan jadwal Anda di sekitarnya.

Untuk memanfaatkan periode paling produktif Anda, simpan tugas Anda yang lebih menantang ketika Anda tahu Anda akan berada di ruang kepala yang tepat untuk itu. Gunakan poin yang lebih lambat hari itu untuk menyelesaikan tugas logistik yang lebih mudah di piring Anda.

Majalah Verily menyebut tugas-tugas ini sebagai "tindakan kecil sukses", dan mereka dapat membantu membangun momentum Anda untuk proyek-proyek yang lebih berat yang menunggu Anda nanti.

Desainer produk, Brittany Leaning, mengatakan tentang rutinitasnya, "Bagi saya, waktu paling produktif dalam sehari biasanya pagi hari atau larut malam. Saya menyadari hal ini dan mencoba merencanakan hari saya dengan tepat. Juga, musik yang menyemangati saya. naik tidak sakit."

Tanggung jawab ada pada Anda untuk mengetahui kapan Anda paling produktif dan membangun jadwal kerja Anda di sekitar periode produktivitas maksimum.

9. Simpan panggilan untuk sore hari
Terkadang, saya sangat lelah di pagi hari, sehingga saya bahkan tidak ingin mendengar suara saya --- apalagi berbicara dengan orang lain dengan suara itu.

Anda tidak perlu memberi diri Anda terlalu banyak waktu untuk menjadi produktif di pagi hari, tetapi Anda dapat memberi diri Anda waktu ekstra sebelum bekerja secara langsung dengan orang lain.

Jika Anda berjuang untuk mengembangkan jadwal kerja yang masuk akal untuk diri sendiri sebagai telecommuter, mulailah dengan tugas-tugas soliter di pagi hari.

Simpan panggilan telepon, rapat, rapat Google hangouts, panggilan video, dan pekerjaan kolaboratif lainnya saat Anda "bangun" secara resmi.

Direktur Pemasaran Senior, James Gilbert, menyarankan agar Anda "Manfaatkan jam pagi untuk mengerjakan proyek-proyek besar tanpa gangguan, dan simpan panggilan atau rapat virtual apa pun untuk sore hari."

10. Fokus pada satu gangguan
Ada ungkapan di luar sana yang mengatakan, "jika Anda ingin sesuatu dilakukan, tanyakan pada orang yang sibuk."

Aturan produktivitas yang aneh tetapi sebenarnya adalah semakin sibuk Anda, semakin banyak yang akan Anda lakukan.

Ini seperti hukum inersia Newton: Jika Anda bergerak, Anda akan tetap bergerak. Jika Anda sedang beristirahat, Anda akan tetap beristirahat. Dan orang-orang sibuk bergerak cukup cepat sehingga mereka memiliki momentum untuk menyelesaikan apa pun yang ada di meja mereka.

Sayangnya, sulit untuk menemukan hal-hal untuk membantu Anda mencapai tingkat kesibukan itu ketika Anda berada di rumah --- motivasi Anda dapat berayun dengan mudah. Manajer pemasaran utama HubSpot, Pam Vaughan, menyarankan untuk fokus pada sesuatu yang mempertahankan ritme Anda (dalam kasusnya, itu adalah putrinya).

Dia berkata, "Ketika saya bekerja dari rumah, putri saya yang berusia 20 bulan juga ada di rumah bersama saya. Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi karena saya harus mengurusnya dan membuatnya bahagia dan terhibur sambil tetap menyelesaikan pekerjaan saya. , tekanan membantu saya tetap fokus. Saat dia tidur siang atau menghibur dirinya sendiri, saya beralih ke mode kerja yang sangat produktif.

'Pengalihan' putri saya, berarti saya tidak mungkin menyerah pada beberapa gangguan umum lainnya di rumah."


11. Rencanakan apa yang akan Anda kerjakan sebelumnya

Menghabiskan waktu untuk mencari tahu apa yang akan Anda lakukan hari ini dapat menghilangkan dari benar-benar melakukan hal-hal itu. Dan, Anda telah merencanakan daftar tugas Anda baru-baru ini sehingga Anda dapat tergoda untuk mengubah jadwal Anda dengan cepat.

Penting untuk membiarkan agenda Anda berubah jika Anda membutuhkannya, tetapi sama pentingnya untuk berkomitmen pada jadwal yang menguraikan setiap tugas sebelum Anda mulai.

Cobalah untuk memperkuat jadwal Anda sehari sebelumnya, membuatnya terasa lebih resmi ketika Anda bangun keesokan harinya untuk memulainya.

"Rencanakan minggu Anda sebelumnya untuk mengoptimalkan lingkungan tempat Anda akan berada." - Niti Shah

12. Gunakan teknologi untuk tetap terhubung
Bekerja dari rumah mungkin membuat Anda merasa terputus dari operasi yang lebih besar yang terjadi di perusahaan Anda.

Perpesanan instan dan alat konferensi video seperti Google Meet dan Zoom dapat memudahkan untuk check-in dengan karyawan jarak jauh lainnya dan mengingatkan Anda bagaimana pekerjaan Anda berkontribusi pada gambaran besar.

Penting juga untuk berinvestasi dalam teknologi yang tepat. Misalnya, router berperforma buruk dapat menghilangkan semangat Anda untuk bekerja, jadi lebih baik berinvestasi pada router berperforma tinggi.

CMO dan mantan karyawan HubSpot, Meghan Keaney Anderson, berkomentar, "Di HubSpot, kami menggunakan Slack untuk membuat percakapan tetap berjalan dari jarak jauh, Trello untuk mengatur kami berdasarkan prioritas, dan Google Hangouts plus Webex untuk membuat rapat jarak jauh lebih produktif. Mendapatkan tumpukan yang tepat dari alat pendukung yang sesuai dengan gaya kerja Anda membuat perbedaan besar."

13. Sesuaikan musik Anda dengan tugas yang ada
Selama seminggu, musik adalah soundtrack untuk karir Anda. Dan di tempat kerja, daftar putar terbaik adalah daftar putar yang beragam --- Anda dapat mendengarkan musik yang sesuai dengan energi proyek yang sedang Anda kerjakan untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Soundtrack video game sangat baik dalam melakukan ini. Dalam gim video, musik bebas lirik dirancang untuk membantu Anda fokus; masuk akal bahwa itu akan membantu Anda fokus pada pekerjaan Anda.

Ingin beberapa genre lain untuk membumbui rutinitas Anda dan membuat Anda merasa fokus? Ambillah dari pemasar pemula, Ginny Mineo, yang menawarkan preferensi musik karyanya di bawah ini.

"Ketika saya menyalakan kotak masuk saya, saya membutuhkan rap/R&B yang intens dan menarik (seperti Nicki Minaj atau Miley Cyrus) yang meledak melalui headphone saya, tetapi ketika saya sedang menulis, Tom Petty adalah triknya. Menemukan musik apa yang memotivasi dan memfokuskan saya untuk tugas yang berbeda (dan kemudian tetap berpegang pada daftar putar itu untuk tugas-tugas itu) telah sepenuhnya mengubah produktivitas WFH saya."

14. Gunakan cucian sebagai pengatur waktu kerja
Anda mungkin pernah mendengar bahwa mendengarkan hanya dua atau tiga lagu di kamar mandi dapat membantu Anda menghemat air. Dan itu benar; mendengarkan beberapa lagu favorit Anda mulai dan berakhir, satu demi satu, dapat mengingatkan Anda berapa lama Anda berada di kamar mandi dan mempersingkat waktu mencuci Anda.

Mengapa mengangkat ini? Karena prinsip umum yang sama dapat membantu Anda tetap pada tugas saat bekerja dari rumah. Tetapi alih-alih tiga lagu dari daftar putar musik Anda, jalankan cucian Anda sebagai gantinya.

Mencuci pakaian Anda adalah pengatur waktu bawaan untuk rumah Anda. Jadi, gunakan waktu untuk memulai dan menyelesaikan sesuatu dari daftar tugas Anda sebelum mengubah beban.

Berkomitmen pada satu tugas selama siklus pencucian dan yang lainnya selama proses kering dapat melatih Anda untuk bekerja lebih cerdas pada tugas-tugas yang secara teknis mungkin Anda miliki sepanjang hari untuk diutak-atik. Dan ketika Anda tahu ada pengatur waktu, akan sulit bagi gangguan untuk menggagalkan pekerjaan Anda.

Manajer operasi orang, Emma Brudner, mencatat, "Saya juga biasanya mencuci pakaian ketika saya bekerja dari rumah, dan saya menetapkan tenggat waktu mini untuk diri saya sendiri sesuai dengan kapan saya harus turun untuk mengganti beban. Jika saya sedang mengerjakan sebuah artikel, Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan mencapai titik tertentu sebelum siklus pencucian berakhir. Kemudian saya menetapkan tujuan lain untuk pengering."

Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah
Meskipun Anda mungkin merindukan kantor, bekerja penuh waktu dari rumah bisa baik untuk Anda.

Pertama, Anda tidak perlu khawatir bepergian setiap hari dan Anda dapat merawat orang yang Anda cintai dengan lebih sering berada di sekitar.

Semoga Tips bekerja dari rumah yang saya berikan dapat membantu Anda memaksimalkan rutinitas baru Anda. Cobalah beberapa dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda sama produktifnya bekerja dari rumah seperti di kantor!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun