Mohon tunggu...
Muhammad Rafi
Muhammad Rafi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa FIlm dan Televisi Universitas Pendidikan Indonesia

...

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Transkip Wawancara Pengusaha Muda yang Sukses dengan Clothing Brand Morteils yang Terkenal di Kalangan Remaja

21 Maret 2023   00:45 Diperbarui: 21 Maret 2023   00:58 1562
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Q : Sebagai posisi / jabatan apa di Clothing Brand Morteils?

A : Disini saya sebagai owner di Morteils.

Q : Sejak kapan mulai membuka Morteils ini?

A :  Sekitar akhir tahun 2021.

Q : Apa ada cerita tentang pemilihan nama Clothing Brand Morteils ini?

A : Awalnya pemilihan nama tuh aku ngga langsung pilih nama Morteils, sebelumnya juga apa aku lupa. Tapi pilih nama morteils juga karena aku mau nama yang simple dan hanya satu kata, itu juga membuat brand ku mudah diingat.

Q : Morteils tuh bahasa apasih? Apa ada arti yang mendalam tentang pemilihan nama dari sebuah Clothing Brand?

A : Morteils itu diambil dari bahasa prancis yang artinya itu Manusia. Dan memang satu konsep juga dengan Brand yang sekarang aku bangun ini.

Q : Memang kalau boleh tau konsep seperti apa yang ingin Alam bangun ini sebagai seorang pemilik Morteils?

A : Hmm.. Simple sih, konsep nya itu memang tentang Human being Human atau pada dasarnya keresahan hati atau masalah hidup ajasih yang menyangkut paut sisi kehidupan manusia.

Q : Berarti Alam memang mengkonsepkan dan mendesign baju ini semuanya?

A : Yups, betul sekali.. jadi memang aku yang menghandle semuanya. Entah itu design, packing, konsep, pengiriman, dan ide ide itu aku semua yang meng handle.

Q : Owalaah berarti memang Alam semua ya, tapi gimana sih cara Alam men targetkan pasar Morteils ini? Apa konsep yang kamu buat itu general atau segmented?

A : Sebenernya aku mulai merintis dan mengkonsepkan atau menargetkan pasar sih untuk kalangan remaja ya lebih tepatnya dan memang design yang dibuat juga untuk target remaja. Dan juga t-shirt nya oversized.

Q : Bagaimana sih cara Alam atau formula kamu sampai Morteils bisa sebesar sekarang?

A : Yang pasti nya konsep promo harus dibuat semenarik mungkin dan dikemas untuk remaja remaja tiktok yang gaul. Dan sekarang juga sudah menjadi rahasia umum juga kalau aplikasi tiktok itu mudah banget untuk mempromosikan usaha. Jadi memang Morteils juga ga sembarangan mem branding nama yang aku bangun.

Q : Yang membuat Morteils ini spesial tuh apa sih?

A : Yang pastinya kualitas bahan, cutting, desain, dan branding nama yang aku bangun sih. Dan memang gak sembarangan dibuat, semuanya itu sudah terkonsepkan agar customer yang beli juga ga ngerasa kalau Morteils ini brand murah atau pasaran.

Q : Bisa dijelaskan gak untuk orang-orang yang mau merintis atau memulai sebuah Clothing Brand gitu agar seperti Morteils mungkin atau punya nama atau brandingan yang kuat agar Clothing Brand yang mereka ingin bangun tuh bagus?

A : Konsisten sih itu yang paling utama, dan tentukan target pasar yang ingin dicapai atau diraih. Dan strategi promosi itu juga bisa menjadi nilai plus dari sebuah Clothing Brand.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun