Mohon tunggu...
Muhammad PanjiRN
Muhammad PanjiRN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Panji

Selamat datang di halaman saya:)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Media Pendampingan Pembelajaran untuk Kelas I SDN 257 Pelita di Masa Pandemi Covid-19

28 Juli 2021   11:59 Diperbarui: 28 Juli 2021   12:59 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KKN Tematik UPI 2021 : Media Pendampingan Pembelajaran untuk Kelas I SDN 257 Pelita dimasa Pandemi Covid-19

Pandemi Virus Corona atau bisa disebut juga Covid-19 saat ini masih terus berkembang dan memakan korban jiwa setiap harinya. Dampak dari pandemi ini tidak hanya merugikan para perkerja di Indonesia, tetapi juga merugikan untuk para siswa dan siswi diseluruh Indonesia, karena tidak berlangsungnya pembelajaran tatap muka.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah menerapkan kebijakan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Hal ini berdampak pada beberapa bidang, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. 

Pada situasi dan kondisi saat pandemi ini pemerintah pun mengambil keputusan untuk menjalankan PPKM atau pembatasan sosial terhadap masyarakat, maka dari itu kegiatan pembelajaran disekolah pun di alihkan menjadi belajar dari rumah secara daring.

Orangtua berperan sangat penting terutama untuk siswa kelas I SD sebab mereka sangat perlu bimbingan dan pengawasan dari orangtua layaknya seorang guru disekolah. Selain itu karena keterbatasan dalam pembelajaran daring tersebut membuat banyaknya dampak bagi para siswa dan orang tua.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Permasalahan yang terjadi bukan hanya terdapat pada sistem media pembelajaran akan tetapi ketersediaan kuota yang membutuhkan biaya cukup tinggi harganya bagi siswa dan guru guna memfasilitasi kebutuhan pembelajaran daring. Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak dan banyak diantara orangtua siswa yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet.

Dalam pembelajaran daring ada berbagai macam media untuk membantu dalam pembelajaran. Dibawah ini merupakan media pembelajara yang digunakan pada pembelajaran daring di SDN 257 Pelita.

Poster

Poster merupakan sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya. Poster ini bertujuan untuk memberikan motivasi-motivasi untuk siswa dan memberikan pendampingan terhadap orang tua dalam pembelajaran daring. 

Karena orangtua memiliki peran penting sebagai pengganti guru disekolah. Berikut contoh poster pendampingan dalam pembelajaran daring.

      Video Pembelajaran 

Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencemarti materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik.

 Berikut contoh video pembelajaran untuk siswa kelas I SD

Dokpri
Dokpri

                        

 Zoom Meeting

Zoom adalah aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk melakukan tatap muka secara jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak. 

Berikut ini adalah contoh pembelajaran menggunakan media Zoom Meeting yang dilakukan pada saat MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SDN 257 Pelita

Dokpri
Dokpri

           

Maka dari itu pembelajaran daring dapat diefektifkan dengan berbagai macam media pembelajaran, akan tetapi peran orangtua juga penting saat pembelajaran daring dirumah untuk mendampingi putra dan putri nya.

Oleh Muhammad Panji Ramadhan Narang -- Pendidikan Fisika

DPL : Dr. H. Atep Sujana, M.Pd

Universitas Pendidikan Indonesia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun