Mohon tunggu...
Muhammad Khamim
Muhammad Khamim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FAI UNISSULA

kamu harus meyakinkan hatimu, Apapun yang telah ditetapkan Allah SWT adalah yang paling tepat dan paling bermanfaat untukmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru dalam Menangani Masalah Waktu dalam Pembelajaran di Kelas

24 Mei 2023   09:35 Diperbarui: 24 Mei 2023   12:01 1645
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran didalam kelas. Sumber: unm.ac.id

1. Kita tahu bahwa tantangan pendidikan agama islam sangal sulit, Materi PAI sangat banyak dan urgent karena berhubungan dengan urusan dunia dan akhirat, namun kita diberi waktu yang sedikit padahal materi yang disampaikan sangat banyak. maka bagaimana yang anda lakukan sebagai seorang guru untuk menangani persoalan tersebut untuk mensukseskan tujuan pembelajaran PAI?

A. Guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar dan metode yang sesuai, dalam hal ini adalah bagaimana seorang guru harus menyampaikan seluruh materi tetapi waktu yang di dapatkan tidak cukup. Guru dapat menggunakan keterampilan mengajar seperti membuka dan menutup pelajaran dilakukan oleh seorang guru agar peserta didik bisa berantusias sebelum proses KBM dimulai dan berkesan setelah KBM usai. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah keterampilan dasar yang dimana harus dilatih dan dikuasai oleh seorang pengajar yang memiliki tujuan untuk mencapai suatu pembelajaran yang efektif dan menarik.

-Keterampilan membuka pelajaran. Salah satu keterampilan dalam pembelajaran yang dimana, Usaha ini dimaksudkan supaya peserta didik atau siswa-siswi terfokus pada pembelajaran yang akan dipelajari. Pada intinya usaha keterampilan membuka pelajaran ini adalah bagaimana usaha pendidik didalam kelas untuk menarik perhatian siswa dengan memotivasi dengan memberikan kompetensi tentang tujuan, pokok permasalahan yang akan dipelajari. 

Dan menghubungkan antara materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari atau dibahas Ada cara-cara yang bisa diupayakan seorang guru atau pendidik didalam keterampilan ini seperti: usaha untuk menarik perhatian dan memotivasi peserta didik, seorang guru atau pendidik bisa menggunakan sebuah alat penunjang pembelajaran seperti video pembelajaran yang kemudian di tayangan dilayar proyektor. Dan kemudian seorang guru dapat memberikan penjelasan melalui video tersebut atau memberikan sebuah tugas kepada peserta didik setelah penayangan video seperti membuat rangkuman dari video tersebut. 

Tapi juga harus diperhatikan semua cara-cara itu harus sesuai dengan bahan ajar yang akan dipelajari oleh peserta didik. Dan prinsip-prinsipnya dalam keterampilan dasar mengajar ini yaitu: a) menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa b) dalam setiap menjelaskan sebaiknya dengan menggunakan contoh atau ilustrasi yang sesuai dengan pembelajaran yang sedang dibahas e) siswa harus terfokus pada guru atau pendidik.

Komponen-komponen yang bisa membantu pendidik dalam keterampilan ini meliputi: 1) membangkitkan perhatian atau minat peserta didik yaitu bagaimana guru dalam pembelajaran harus menggunakan variasi dalam mengajar kemudian menggunakan alat bantu yang cocok dalam setiap memulai pembelajaran, dan menggunakan variasi dalam berinteraksi dengan peserta didik.

2) menimbulkan motivasi yaitu siswa akan lebih bersemangat dan berantusias dalam kegiatan pembelajaran, kemudian pada siswa menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pembelajaran yang sedang di pelajari.

3) guru memberikan acuan tentang pelajaran yang akan di pelajari seperti mengemukakan KD dalam KBM, guru juga memberikan petunjuk tentang apa saja yang akan dipelajari.

-B. Guru juga bisa menggunakan keterampilan menutup pelajaran, yaitu kegiatan dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh seorang guru yang berguna untuk mengakhiri KBM yang inti. Upaya pada dalam keterampilan ini dimaksudkan agar gambaran yang telah diberikan pendidik dipelajari oleh peserta didik peserta didik dan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar(KBM).

Usaha pendidik atau guru dalam mengakhiri interaksi kepada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar:

a. Pendidik dapat membuat rangkuman atau hal- hal penting yang terdapat di dalam pembelajaran yang baru saja dipelajari, sehingga peserta didik dapat menulis apa saja yang penting atau diingat dalam pembelajaran tersebut b. Guru harus selalu mengingatkan kepada peserta didik supaya jangan melupakan pembelajaran yang telah di bahas dan mengulangi pelajaran yang sudah di pelajari sesampainya dirumah.

Adapun metode bisa dipakai oleh seorang pendidik dalam keterampilan ini seperti mereview atau meninjau kembali, dan cara guru untuk meninjau kembali adalah guru dapat merangkum inti pelajaran, guru juga dapat meminta agar peserta didik untuk membuat rangkuman atau resume dari pelajaran yang sudah dibahas.

Rangkuman atau resume ini dapat dilakukan oleh siswa baik secara individu maupun kelompok belajar.

Dengan keterampilan membuka dan menutup pelajaran ini di dalam pembelajaran PAI dapat di lakukan seorang guru ketika memiliki masalah waktu pembelajaran yang sedikit tapi materi yang harus diberikan kepada peserta didik sangat banyak. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tujuan keterampilan diatas adalah untuk membangkitkan minat siswa terhadap suatu pelajaran, dan guru bisa mengetahui tingkat keberhasilan dalam pembelajaran. Jika semua cara dilakukan dengan benar, insyaallah akan pembelajaran akan efektif meskipun waktu yang diberikan sedikit.

B. Guru juga dapat menggunakan keterampilan bertanya dalam pembelajaran yang dimana pendidik juga harus memiliki keahlian berinteraksi dengan murid-muridnya seperti bertanya. Keterampilan bertanya dapat diartikan sebagai ucapan atau pertanyaan yang diberikan seorang pendidik kepada peserta didik untuk memunculkan respon atau Jawaban. Adapun tujuan dari keterampilan ini adalah guru dapat memotivasi peserta didik supaya ikut aktif didalam KBM didalam kelas, dapat melatih peserta didik untuk mengungkapkan gagasan atau pendapat, dapat menumbuhkan berfikir siswa. Dalam keterampilan bertanya ini peserta didik belajar untuk menghargai pendapat orang lain.

Didalam bertanya guru hendaknya membahas tentang satu masalah saja. Kemudian berikan peserta didik untuk berfikir, guru dalam memberikan pertanyaan sebaiknya singkat jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa, dan juga pendidik dalam memberikan pertanyaan harus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Dan kemampuan bertanya seorang guru sangat dibutuhkan dimana harus adanya suatu hubungan yang baik diantara pendidik dengan peserta didik sehingga didalam proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih cair dan suasana di kelas menjadi lebih menarik.

C. Didalam pembelajaran, guru juga dapat memberikan metode atau keterampilan lain dalam proses KBM agar peserta didik tidak mudah bosan dengan pembelajaran, seperti menggunakan keterampilan yang bervariasi dalam pembelajaran, Keterampilan variasi adalah kemampuan seorang guru dalam mengajar menggunakan berbagai macam kemampuan yang dapat memberikan suatu rangsangan kepada peserta didik agar kegiatan belajar mengajar didalam kelas menjadi lebih menarik dan membuat peserta menjadi semangat dalam belajar sehingga terjadi proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Dalam keterampilan menggunakan variasi terdapat dua komponen yaitu:

pertama, adalah variasi guru dalam mengajar menggunakan teknik variasi suara dimana guru harus menggunakan intonasi yang tepat dalam pengajarannya sehingga lebih nyaman didengar oleh peserta didik, kemudian guru dapat menggunakan teknik kontak mata kepada murid-muridnya, supaya murid-murid lebih fokus kepada guru ketika menjelaskan suatu pelajaran.

Kedua, guru dalam pembelajaran dapat menggunakan media yang dimana dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar seperti penggunaan media proyektor didalam kelas agar peserta didik tidak bosan dan lebih bersemangat didalam proses kegiatan belajar mengajar.

Adapun tujuan dari keterampilan variasi ini dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah 1. Dapat menghilangkan pembelajaran yang monoton yang dapat membantu peserta didik cepat bosan, 2. Dalam keterampilan ini diharapkan dapat menimbulkan motivasi dan semangat peserta didik dalam KBM di kelas, 3. Dapat mengoptimalkan pembelajaran.

Dan dengan penggunaan keterampilan variasi ini dapat membantu seorang guru dalam pembelajaran, dengan variasi ini juga diharapkan guru dan pihak sekolah bekerja sama dalam memfasilitasi keperluan didalam proses belajar mengajar didalam kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun