Mohon tunggu...
Money

Faktor Penentu Harga

26 Oktober 2015   16:51 Diperbarui: 26 Oktober 2015   22:26 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pilihan voucher promo mandiri e-cash

Dengan adanya era globalisasi negara negara berkembang seperti indonesia sangat mengikuti jaman contoh dibidang teknologi dalam dunia perdagangan muncul berbagai cara kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan yang di inginkan untuk para konsumen dan tidak harus pergi keluar rumah dikarenkan dengan adanya teknologi dalam dunia perdagangan. Hal ini berkaitan dengan apa yang dinamakan E-Commerce. E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .

Ada beberapa situs-situs yang terkenal yang menyediakan jual-beli secara online salah satunya adalah Tokopedia.

Tokopedia merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis Marketplace. Marketplace merupakan situs jual beli online adalah sebuah website WEB 2.0 yang mana artinya didalam website tersebut orang dapat berinteraksi, dan dalam hal market place tentunya bertansaksi jual dan beli langsung di website tersebut. Sedangkan Kaskus, Berniaga dan Toko Bagus sampai saat ini masih belum mendukung hal seperti itu dan hanya sebatas untuk Iklan Jualan Online, artinya tempat untuk mengiklankan produk jualan anda di Internet seperti iklanbaris online.

Dasar Penilaian untuk MarketPlace cukup simple hanya ada 3 (setidaknya yang saya ketahui)

  • Fitur Keamanan dan Kenyamanan bertransaksi
  • Aksesibilitas
  • Fleksibilitas

Situs market place Tokopedia berfungsi secara keseluruhan, yakni kita bisa jual dan belanja online tanpa perlu khawatir, karena penjual akan menerima bayaran setelah pembeli konfirmasi penerimaan barang. Sejak diluncurkan layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.

Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.

Selain itu ada beberapa faktor harga yang menjadi menentukan kesuksesan Tokopedia, dan berikut adalah faktor-faktor penentu harga :

Promosi

Promosi adalah salah satu program yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan, tanpa melakukan promosi, perusahaan akan sulit mencapai tujuannya.

contoh promosi yang di lakukan Tokopedia adalah Promo mandiri e-cash: Raih Diskon Voucher Belanja hingga 50% + 17%

Promo mandiri e-cash ini akan diadakan setiap hari Senin mulai pukul 11.00-14.00 WIB selama periode 12 Oktober-2 November 2015.

Pilihan voucher yang bisa kamu beli di antaranya:

  • Bayar Rp 50 ribu, dapat voucher Rp 100 ribu (diskon 50%)
  • Bayar Rp 250 ribu, dapat voucher Rp 500 ribu (diskon 50%)
  • Bayar Rp 415 ribu, dapat voucher Rp 1 juta (diskon 50% + 17%)

pilihan voucher promo mandiri e-cash
pilihan voucher promo mandiri e-cash

 

Kerjasama

Kerjasama antar perusahaan sangat memudahkan kinerja perusahaan dan menguntukan untuk suatu perusahaan.

Contoh Perusahaan yang berkerjasama dengan Tokopedia adalah JNE.

Diskon

Diskon dalam suatu perusahaan sangat lah penting yang artinya Potongan harga yang menarik, sehingga harga sesungguhnya lebih rendah dari harga umum. Discount yang diberikan harus mempunyai arti yang penting bagi konsumen.

Seleksi Tokopedia Student Ambassador

Tokopedia Student Ambassador sendiri merupakan sebuah program bagi para mahasiswa/i untuk mengembangkan kemampuan profesional dan soft skill. Para Tokopedia Student Ambassador yang terpilih ini akan ikut berkontribusi langsung dalam berbagai program yang akan diselenggarakan oleh Tokopedia. Kamu yang terpilih juga bisa ikut serta dalam mewujudkan visi Tokopedia untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”

Demikian faktor faktor beberapa kuseksan Tokopedia hingga saat ini.

Nama : Muhammad Irfan Hafidhuddin

NPM   : 6124073

 Cek Ongkir

sumber terkait :

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia

https://blog.tokopedia.com/2015/10/diskon-up-to-20-untuk-semua-produk-dengan-toppoints/

https://blog.tokopedia.com/2015/10/promo-mandiri-e-cash-raih-diskon-voucher-belanja-hingga-50-17/

https://blog.tokopedia.com/2015/09/tokopedia-student-ambassador-pendaftaran-untuk-daerah-bandung-surabaya-dan-yogyakarta/

https://blog.tokopedia.com/2014/07/tokopedia-kini-mendukung-sistem-resi-otomatis-untuk-jne/

http://www.mobnasesemka.com/review-beberapa-market-place-untuk-jualan-online/

https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/

 

 

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun