SEPENTING APASIH BERIKLAN ITU?
Pada saat ini beriklan sangatlah penting, kenapa? Karena semakin berkembangnya zaman semakin banyaknya orang yang berjualan sehingga kita harus mengikuti alur supaya tidak tertinggal oleh yang lain, banyaknya market place saat ini memudahkan penjual dan pengusaha dalam melebarkan sayapnya untuk berjualan di satu tempat tetapi mencakup seluruh daerah di negaranya masing-masing, sehingga mereka mendapatkan penghasilan yang lebih banyak selain itu beriklan juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu kita dapat mencakup banyak insight atau audiens yang di cakup sehingga nama perusahaan atau brand yang kita bawa menjadi besar dan dikenal, itu untuk kelebihannya dan kekurangannya kita bisa mendapat kerugian uang jika kita mengiklankan produk atau brand yang salah arah atau salah pemasaran yang menjadikan pengiklanan kita menjadi sia-sia begitu saja tidak menghasilkan untuk perkembangan yang kita iklankan. Dan berikut saya sebutkan  beberapa aspek pentingnya beriklan :
Meningkatkan brand awareness
Salah satu tujuan dari beriklan adalah meningkatkan brand awareness. Ketika sebuah produk atau jasa baru diluncurkan, perusahaan perlu memperkenalkannya kepada calon konsumen. Melalui iklan, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan membuat mereka sadar akan keberadaan produk atau jasa tersebut. Brand awareness yang tinggi akan membantu membangun pondasi yang kuat untuk keberhasilan jangka panjang bisnis tersebut.
Menarik Perhatian dan Minat Konsumen
Dengan memanfaatkan berbagai media informasi seperti radio, televisi, koran, dan aplikasi media sosial seperti sekarang juga sangatlah penting supaya tidak tertinggal oleh brand lain, dengan menggunakan seperti yang di atas suatu perusahaan dapat membuat konsumen penasaran dan fomo dalam melihat brand yang di iklankan sehingga banyak yang mengunjungi ataupun membeli produk yang diluncurkan.
Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan
Tujuan utama dari beriklan adalah mendorong penjualan. Iklan yang baik mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Dengan strategi iklan yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Peningkatan penjualan tentu saja akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan perusahaan, yang merupakan salah satu tujuan utama dari setiap bisnis.
Membangun Kepercayaan Konsumen
Iklan harus konsisten dalam beriklan demi mendapatkan kepercayaan konsumen dan juga kualitas yang menjanjikan pastinya, supaya konsumen selalu ingat dengan produk dan selalu percaya dengan produk yang di iklankan sehingga mereka tidak berpaling ke brand lain jika konsumen sudah mempercayai produk kita yang sudah berhasil merebut rasa takut akan kepercayaan pada suatu brand yang mereka pilih, mereka kemungkinan tidak menggunakan brand lain lagi.
Mengedukasi Konsumen
Selain mengiklankan suatu bisnis atau perusahaan iklan dapat menjadi sebuah edukasi kepada masyarakat karena iklan dapat menginformasikan fitur-fitur yang modern dan terkini kepada masyarakat, masyarakat menjadi tahu cara menggunakannya nilai-nilai yang ditawarkan kepada masyarakat sehingga konsumen menjadi yakin kepada produk yang di iklankan dan masyarakat menjadi terdorong untuk membeli produk itu karena merasa sudah bisa menggunakannya meskipun belum memilikinya.
Mendorong Inovasi dan Kreativitas
Persaingan di dunia periklanan mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan iklan yang menarik. Hal ini tidak hanya berdampak positif bagi perusahaan itu sendiri, tetapi juga bagi industri secara keseluruhan. Inovasi dalam iklan sering kali menjadi sumber inspirasi bagi perusahaan lain dan mendorong perkembangan industri periklanan ke arah yang lebih maju.
Memperluas Pasar dan Segmen
Dengan beriklan juga brand menjadi luas jangkauan konsumennya karena lebih banyak atau lebih luas ruang lingkup jika sudah beriklan sehingga brand yang di iklankan lebih banyak di kenal dan lebih mudah dicari tahu.
 Menghadapi Persaingan
Dalam dunia iklan sangat lah kompetitif sehingga brand-brand yang beriklan harus menghadapi persaingan dengan brand lain demi mendapatkan hati para konsumen, mereka harus menunjukan keunggulan yang unik sehingga tidak berkesan membosankan dan juga mereka harus mebuat iklan yang menarik dari yang lainnya atau dari biasanya iklan-iklan yang disiarkan.
Meningkatkan Brand Recall
Brand recall atau kemampuan masyarakat untuk mengingat Kembali suatu brand yang di iklankan itu santa penting, maka konsisten dan berulang kali ilan bermunculan itu santa berpengaruh dalam memunculkan ingatan dalam pikiran masyarakat sehingga mereka selalu mengingat Kembali brand kita yang sudah di iklankan karena kita sudah merebut pikiran mereka dengan memberi mereka konsumsi iklan secara konsisten.
Mengukur Efektivitas Pemasaran
iklan dapat menjadi tolak ukur sebuah perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan melakukan iklan sudah sesuai dengan targetnya dan apakah iklan mereka sudah mencapai konsumen yang diinginkan mereka sehingga produk yang ditujukan tidak salah tangkap atau salah sasaran, dengan ini mereka bisa mengoreksi apakah iklan mereka berhasil atau tidak.
Dampak Sosial dan Ekonomi
Beriklan tidak hanya menguntungkan bagi para pebisnis, iklan sangat berpengaruh bagi masyarakat dan negara karena mereka menjadi dapat pekerjaan baru seperti konten creator, design grafis, dll yang menjadikan perekonomian masyarakat meningkat. Dan beriklan juga dapat mempengaruhi dampak sosial yang luar biasa seperti contoh gaya hidup yang meningkat di zaman sekarang dan trend-trend baru yang banyak bermunculan di masyarakat.
Saya Muhammad Hatta Priambodo adalah seorang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta
Fakultas FISIP UMJ jurusan Ilmu Komunikasi
Kenali saya lebih dalam melalui media sosial saya :
IG:Â @muhammadhatta_1
YT:Â HATTA_studio
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI