Mohon tunggu...
Muhammad Fuad Hanan
Muhammad Fuad Hanan Mohon Tunggu... Novelis - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Baru Bernuansa Sekolah Elit yang Mengingatkan pada Anime "Classroom of The Elite"

22 Agustus 2023   14:40 Diperbarui: 22 Agustus 2023   14:58 458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshot, dok. pribadi

ulasan oleh: Muhammad Fuad Hanan

Judul: Diamond Class

Author: Shennalight

Genre: Drama, Kehidupan Sekolah, Ambisius

Saat membaca sinopsis dari Diamond Class, refleksi pertama saya mengarah pada anime "Classroom of the Elite", sebuah kisah tentang sekolah elit dengan persaingan yang intens. Namun, setelah menikmati lima bab awal, keunikan karakter-karakter dalam novel ini terasa lebih apatis daripada karakter-karakter dalam anime tersebut. Ini memberikan dimensi baru yang menarik pada kisah ini. 

Penulis, Shennalight, dengan tulus berharap bahwa melalui karyanya ini, para pembaca akan terinspirasi untuk menjadi ambisius dalam menempuh pendidikan sebagai pendorong utama kesuksesan mereka.

Pada setiap karya, tentu ada poin positif dan negatif yang bisa kita dapati. Saya menemukan beberapa di antaranya dalam novel Diamond Class ini. 

Novel ini berhasil memadukan bahasa yang menarik dan deskripsi latar belakang yang detail, terutama dalam menggambarkan nuansa Briniac High School yang eksklusif dan elit. Kemampuan penulis dalam menciptakan dunia yang hidup patut diacungi jempol. Ini menjadi poin positif yang paling menonjol dari Diamond Class.

Walaupun cerita ini penuh daya tarik, penggunaan tanda baca, seperti titik dan koma, terkadang kurang jelas. Selain itu, ada beberapa isu dalam tata bahasa, seperti penggunaan pola "... maka ..." dan "padahal ...". Konsistensi dalam penggunaan huruf kapital, serta beberapa kesalahan ketik, juga dapat diperhatikan. Adalah sedikit mengecewakan ketika beberapa narasi sulit dipahami dan membutuhkan pembacaan ulang.

Penjelasan yang terlalu panjang dalam bentuk narasi dapat membuat beberapa bagian terasa membosankan dalam novel ini. Beberapa istilah yang kurang umum mungkin bisa membingungkan pembaca, sulit untuk membayangkan situasi yang sedang dijelaskan dalam novel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun