Mohon tunggu...
Muchfaqihnurmaarif
Muchfaqihnurmaarif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca buku, Petualangan, mencari informasi yang terbaru

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Fasilitas Sekolah Untuk Peserta Didik Difabel

25 Januari 2025   10:05 Diperbarui: 25 Januari 2025   10:05 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar ilustrasi peserta didik difabel.

Fasilitas sekolah untuk peserta didik difabel sangat penting untuk memastikan mereka mendapatkan pengalaman belajar yang setara dan inklusif. Beberapa fasilitas yang bisa disediakan untuk mendukung kebutuhan peserta didik difabel antara lain:

1.Aksesibilitas Fisik:

• Ramp dan lift di gedung untuk memudahkan akses bagi siswa yang menggunakan kursi roda.

• Pintu lebar untuk memfasilitasi pergerakan siswa dengan alat bantu.

• Toilet difabel yang dirancang dengan ruang yang cukup dan akses yang mudah.

2.Fasilitas Pembelajaran:

• Alat bantu dengar atau penguat suara untuk siswa dengan gangguan pendengaran.

• Papan tulis elektronik atau layar sentuh untuk interaksi yang lebih baik bagi siswa dengan gangguan penglihatan.

• Penerjemah bahasa isyarat atau kursus bahasa isyarat untuk mendukung siswa yang menggunakan bahasa isyarat.

• Buku dengan huruf braille atau perangkat lunak pembaca layar untuk siswa tunanetra.

3.Ruangan Khusus:

• Ruang kelas dengan desain yang mendukung konsentrasi bagi siswa dengan gangguan pemusatan perhatian.

• Ruang rehabilitasi fisik atau terapi untuk membantu siswa dengan keterbatasan fisik.

Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan siswa difabel dapat merasakan pengalaman belajar yang setara dan tidak merasa terisolasi, serta memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang secara maksimal.

Peggy M. S. Houghton dalam tulisannya tentang pendidikan inklusif menekankan pentingnya peran guru yang terlatih dan paham mengenai keberagaman kebutuhan siswa. Guru yang mendapat pelatihan dalam mengajar siswa dengan berbagai jenis disabilitas, serta menyediakan ruang bagi siswa untuk berinteraksi dan belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing, adalah bagian integral dari fasilitas pendidikan yang inklusif. Oleh karena itu, fasilitas berupa pelatihan untuk guru dan pendampingan pribadi menjadi penting untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif.

Kesimpulan mengenai fasilitas sekolah untuk peserta didik difabel adalah sebagai berikut:

• Aksesibilitas yang baik,

• Ruang kelas inklusif,

• Fasilitas pendukung khusus

• Transformasi yang ramah difabel

Dengan menyediakan fasilitas yang sesuai dan inklusif, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung bagi peserta didik difabel untuk belajar, berkembang, dan berpartisipasi sepenuhnya dalam kehidupan sekolah.

Biodata Penulis : Much. Faqih Nur Ma'arif, saat ini aktif sebagai mahasiswa, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di Universitas Peradaban, Bumiayu.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun