Mohon tunggu...
Muhammad fakhrul alrasyid
Muhammad fakhrul alrasyid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif di Institut Agama Islam Tazkia bogor

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Supply Chain Management PT. Unilever Indonesia

13 Maret 2024   22:43 Diperbarui: 13 Maret 2024   22:49 4712
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://finance.detik.com/

PT. Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan yang beroperasi di industri FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) dengan produk-produk yang beragam, termasuk sabun, deterjen, minyak sayur, makanan, dan produk kosmetik. Untuk menjamin ketersediaan produk yang optimal, perusahaan ini menggunakan strategi manajemen rantai pasok yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek dari manajemen rantai pasok di PT. Unilever Indonesia:Strategi Outsourcing & Kerjasama

PT. Unilever Indonesia melakukan serangkaian kegiatan outsourcing atau menggunakan pihak lain dalam menjalankan salah satu kegiatan packaging. Hal ini berfungsi untuk mengurangi biaya produksi dan memperbaiki efisiensi rantai pasok.

Pengendalian Inventori

Pengendalian inventori adalah aspek yang sangat penting dalam manajemen rantai pasok. PT. Unilever Indonesia menggunakan metode echelon inventory, yang merupakan metode yang menggambarkan jika tingkat dari ketersediaan tidak dilihat secara independen dari tiap mata rantai, namun secara keseluruhan dari tahap rantai pasok.

Strategi Distribusi

Strategi distribusi yang digunakan PT. Unilever Indonesia adalah Traditional Warehousing -- Cross Docking Distribution. Proses pengiriman produk oleh PT. Unilever Indonesia dilakukan dengan menggunakan transportasi darat, laut, dan udara. Model dari traditional warehousing yang digunakan oleh PT. Unilever Indonesia adalah centralized model, karena pusat distribusi untuk setiap daerah terletak di titik tertentu baru menuju tempat destinasi untuk retailer.

Ketidakpastian Permintaan dan Pemasok


PT. Unilever Indonesia mengendalikan ketidakpastian pemasok dengan menjalin hubungan kerja sama dengan para petani lokal untuk membeli bahan mentah yang berdekatan dengan pabrik melalui petani lokal. Hal ini memperoleh keuntungan dalam biaya produksi dan mengurangi ketidakpastian permintaan.

Pengelolaan Skala Ekonomi

Pengelolaan manajemen rantai pasok juga tidak luput dari skala ekonomi, dimana hal tersebut biasanya menyebabkan rata-rata dana produksi untuk suatu barang akan menurun ketika jumlah output yang rendah. PT. Unilever Indonesia mengelola hal tersebut dengan menghubungi para petani lokal untuk membeli bahan mentah yang berdekatan dengan pabrik melalui petani lokal.

Sistem ERP dan Supply Chain Management

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun