Mohon tunggu...
MUHAMMADFADIL_43120010310
MUHAMMADFADIL_43120010310 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mercubuana Jakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1 Manajemen) Dosen : Prof. Dr. Apollo, M.Si, Ak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TB1 - Pentingnya Memahami tentang Etika dan Hukum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

1 April 2023   02:17 Diperbarui: 1 April 2023   02:36 415
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Etika adalah sesuatu yang berkaitan dengan karakteristik individu. Etika bisnis mengacu pada manajer dan karyawan dalam membuat keputusan dan mengelola perilaku manajer dan karyawan di perusahaan atau organisasi. Namun, banyak perusahaan masih mencoba untuk secara ketat mengontrol perilaku etis dari manajer dan karyawan mereka, dan dengan jelas mengharuskan perusahaan mengharapkan karyawan mereka untuk berperilaku etis yang baik. 

Organisasi juga harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghilangkan kecurigaan perilaku etis atau tidak etis oleh karyawan sebanyak mungkin. Organisasi sendiri tidak memiliki etika tetapi terikat dengan lingkungan organisasi dengan melakukan hal-hal yang seringkali melibatkan etika dan keputusan yang dibuat oleh individu dalam organisasi. 

Situasi ini sering disebut sebagai konteks tanggung jawab sosial organisasi. Tanggung jawab sosial dapat dipahami sebagai komitmen suatu perusahaan untuk membuat kebijakan, mengambil keputusan dan bertindak yang bermanfaat bagi masyarakat . Tanggung jawab sosial adalah keseluruhan kontribusi dunia usaha terhadap keberlanjutan, dengan mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari perusahaan.

Padahal, etika dihadirkan sebagai bagian dari model perubahan positif dengan mempertimbangkan semua kepentingan pemangku kepentingan secara bersama-sama. Oleh karena itu, manajemen akan terus beradaptasi dan berubah sambil memilih urgensi manfaat untuk memaksimalkan hasil model CSR yang dipilih perusahaan. Pemilihan strategi CSR sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: B. budaya minat yang ada, mengamati reaksi pelanggan, mengevaluasi persaingan di industri terkait dan peran pemerintah dalam menekankan CSR lokal. 

Pemahaman seperti itu pada akhirnya mengarah pada pilihan etika bisnis dan tanggung jawab sosial tergantung pada apakah klien mengharapkan tanggapan positif dari klien dan memutuskan untuk mengurangi tekanan yang disebabkan oleh peran pemerintah dalam peraturan terkait dan membandingkan bagaimana suasana kompetitif dibangun. akan. berdasarkan yang sudah ada. tanggung jawab sosial. Pentingnya kajian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang dijadikan tujuan penerapan etika bisnis dan tanggung jawab perusahaan harus bersifat dinamis agar mendapat respon positif bagi perusahaan.

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah kewajiban bagi perusahaan yang ingin meningkatkan dan melindungi operasi organisasi ekonomi lokal. Tanggung jawab sosial adalah gagasan bahwa, selain menghasilkan keuntungan maksimum, perusahaan memiliki kewajiban tertentu kepada masyarakat.

Jika diterapkan dengan benar, konsep tanggung jawab sosial dapat membawa berbagai keunggulan kompetitif, seperti: B. penjualan dan keuntungan yang lebih tinggi, peningkatan produktivitas dan kualitas, sumber daya yang lebih efisien, dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Tujuan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah menerjemahkan dan menciptakan strategi dalam pengambilan keputusan perusahaan, yaitu melalui pemenuhan misi keuangan perusahaan, menciptakan keuntungan bagi pemegang saham dan menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan. 

Perusahaan, yang untuk melindungi alam dan meningkatkan kesejahteraan umum. menjadi perusahaan. Sasaran bertujuan untuk menyelaraskan bisnis dengan Sasaran Keberlanjutan global dengan menawarkan serangkaian sasaran kerja yang lebih luas daripada sekadar keuntungan. Pandangannya adalah untuk menjadi bisnis atau organisasi yang berkelanjutan, sebuah perusahaan harus sehat secara finansial, meminimalkan dampak lingkungan yang negatif dan dapat beroperasi sesuai dengan harapan masyarakat. 

Manfaat ketika perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial, yaitu. keberadaan perusahaan dapat tumbuh secara berkelanjutan dan perusahaan mendapatkan citra yang baik di masyarakat, perusahaan memiliki akses yang lebih mudah ke pasar dan modal, perusahaan dapat mempertahankan sumber daya manusia dan perusahaan yang berkualitas. dapat meningkatkan pengambilan keputusan pada isu-isu kritis untuk menjaga bisnis berjalan dengan baik.

Di bawah ini saya akan memberikan contoh penerapan strategi tanggung jawab sosial perusahaan yang ditujukan untuk melindungi dan menjaga lingkungan alam, yaitu. H. Mempromosikan brand The Body Shop dengan kampanye bertema Beauty With Heart. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun