Mohon tunggu...
Muhammad Bayu Anggito
Muhammad Bayu Anggito Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang

Peminat anime yang senang belajar hal-hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Unnes GIAT 9: Mengembangkan Potensi Diri Remaja Melalui Psikologi Positif

30 Agustus 2024   10:41 Diperbarui: 30 Agustus 2024   11:21 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada Selasa, 30 Juli 2024, mahasiswa KKN Unnes GIAT 9 Desa Padomasan melaksanakan kegiatan sosialisasi bertema "Strategi Pengembangan Diri melalui Psikologi Positif" di SMK Ma'arif NU Nusahada, yang terletak di Jl. Reban-Limpung KM.2 Padomasan, Reban, Batang, Jawa Tengah. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 11 SMK Ma'arif NU Nusahada, dengan tujuan membantu mereka mengenali dan mengembangkan potensi diri, serta memotivasi mereka untuk melakukan kegiatan positif sebagai upaya pencegahan kenakalan remaja di desa.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh observasi tim KKN yang menemukan sejumlah masalah kenakalan remaja di Desa Padomasan. Dengan menghadirkan program ini, para siswa diharapkan dapat lebih memahami diri mereka sendiri, mengenali potensi yang dimiliki, dan mengarahkan diri mereka ke kegiatan yang positif dan produktif. Waka Kesiswaan SMK Ma'arif NU Nusahada, Gunawan, menyatakan pentingnya kegiatan ini karena memberikan pembelajaran yang tidak didapatkan di kelas formal.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Mereka mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana mengenali diri sendiri dan merencanakan masa depan yang lebih baik," ujar Gunawan.


Dalam pelaksanaan kegiatan, mahasiswa KKN memperkenalkan berbagai teknik pengembangan diri yang dirancang untuk membantu siswa mengenali potensi mereka dan merencanakan masa depan dengan lebih efektif. Kegiatan ini dimulai dengan pre-test menggunakan platform Quizziz untuk mengukur pemahaman awal siswa mengenai psikologi positif. Pre-test ini memberikan gambaran tentang pengetahuan awal siswa dan membantu tim KKN menyesuaikan materi agar lebih relevan.

Selanjutnya, pemateri dari tim KKN memaparkan materi utama dengan fokus pada strategi pengembangan diri melalui pendekatan psikologi positif. Siswa diajak untuk memahami konsep self-improvement dan self-development serta cara-cara praktis untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari. 

Teknik pengembangan diri yang dikenalkan,seperti jurnal kebersyukuran, analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), Mind Mapping, serta strategi-strategi pengembangan diri lainnya dan indikator keberhasilannya. Teknik-teknik ini diharapkan dapat membantu siswa lebih mengenal kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang mereka hadapi, serta bagaimana mereka dapat merencanakan masa depan dengan lebih efektif.

Praktik Gratitude Journaling

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Salah satu metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Gratitude Journaling. Para siswa diminta menuliskan hal-hal yang mereka syukuri pada lembaran yang disediakan, termasuk perasaan syukur, kata afirmasi, hal-hal yang mereka banggakan, serta harapan dan tujuan masa depan. Setelah menulis, mereka didorong untuk berbagi hasil tulisan mereka secara terbuka di hadapan teman-teman mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun rasa syukur, meningkatkan kepercayaan diri, dan menumbuhkan optimisme pada diri siswa.

Linda Haryanti, salah satu siswa jurusan ATPH yang mengikuti kegiatan ini, menyampaikan kesannya, "Acaranya sangat menyenangkan dan bermanfaat. Kakak-kakak panitianya asik, mereka menggunakan berbagai cara yang menarik untuk membuat kami lebih bersemangat. Materinya juga sangat relevan dan disampaikan oleh pembicara yang berpengalaman."

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Acara penutupan dimulai dengan sesi post-test menggunakan platform Quizziz. Siswa diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk mengukur peningkatan pemahaman mereka mengenai psikologi positif setelah mengikuti kegiatan. Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hasil pre-test, menandakan bahwa siswa telah menyerap materi dengan baik dan memperoleh pengetahuan baru yang bermanfaat. Setelah sesi post-test, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada tiga peserta dengan skor tertinggi. Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas usaha dan partisipasi aktif siswa selama kegiatan. Pembagian hadiah dilakukan dengan penuh antusiasme, dan peserta yang berprestasi merasa sangat dihargai atas pencapaian mereka.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari tim KKN kepada siswa dan pihak sekolah. Tim menyampaikan harapan agar ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama kegiatan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan manfaat jangka panjang. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, termasuk staf sekolah, siswa, dan masyarakat desa

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan siswa SMK Ma'arif NU Nusahada dapat mengaplikasikan pengetahuan dan teknik yang telah dipelajari dalam pengembangan diri mereka. Semoga mereka terus termotivasi untuk mengejar tujuan dan berkontribusi positif dalam masyarakat, sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi positif yang telah diperkenalkan.

Bersama Unnes GIAT, Membangun Indonesia dari Desa.

TIM MEDIA UNNES GIAT 9 Desa Padomasan, 2024.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun