Mohon tunggu...
Muhammad RidwanAziz
Muhammad RidwanAziz Mohon Tunggu... Guru - MAN 2 Kulon Progo

Melalui blog ini, saya berbagi pengalaman, tips, dan inspirasi dalam dunia pendidikan. Semoga tulisan-tulisan saya dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Terima kasih telah mengunjungi blog saya!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Optimalisasi Google Map dalam Memetakan Potensi Dampak Perubahan Sosial di Komunitas Lokal

20 November 2024   08:21 Diperbarui: 21 November 2024   04:40 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kemajuan teknologi telah memberikan berbagai alat yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya Google Map. Platform ini dapat dimanfaatkan untuk memetakan potensi dampak perubahan sosial di wilayah tempat tinggal. Dengan teknik pembelajaran berdiferensiasi etnik, siswa diajak bekerja dalam kelompok berdasarkan tempat tinggal mereka untuk memahami dan menganalisis perubahan sosial di sekitar mereka.

Langkah-Langkah Pemanfaatan Google Map

#01 Pembentukan Kelompok Berdasarkan Wilayah

Siswa dikelompokkan berdasarkan tempat tinggal mereka. Setiap kelompok bertugas memetakan wilayah sekitar dan mengidentifikasi potensi perubahan sosial yang terjadi, seperti akibat pembangunan atau kemajuan teknologi.

Gambar 2. Peta hasil identifikasi (Sumber: Dokumen Pribadi)
Gambar 2. Peta hasil identifikasi (Sumber: Dokumen Pribadi)

#02 Identifikasi Potensi Perubahan Sosial

Siswa mengamati lingkungan sekitar untuk mencatat perubahan seperti:

  • Dampak pembangunan fasilitas umum (jalan, pusat perbelanjaan, atau pabrik).

  • Perubahan pola kerja akibat digitalisasi.

  • Pergeseran budaya atau kebiasaan lokal.

#03 Pemanfaatan Google Map

Kelompok memanfaatkan Google Map untuk:

  • Menandai lokasi perubahan signifikan di wilayah mereka.

  • Menambahkan deskripsi terkait dampak perubahan di titik yang ditandai.

  • Membandingkan peta lama dengan kondisi terkini.

#04 Analisis dan Diskusi

Setiap kelompok menganalisis perubahan yang mereka temukan. Misalnya, apakah perubahan tersebut membawa dampak positif seperti peningkatan ekonomi atau justru menghilangkan tradisi lokal.

Gambar 3. Presentasi hasil pemetaan (Sumber: Dokumen Pribadi)
Gambar 3. Presentasi hasil pemetaan (Sumber: Dokumen Pribadi)

#05 Presentasi Hasil Pemetaan

Kelompok mempresentasikan hasil pemetaan mereka dengan menunjukkan lokasi-lokasi di Google Map yang telah mereka tandai dan menjelaskan dampaknya terhadap masyarakat setempat.

Manfaat Pembelajaran

  • Pemahaman Kontekstual. Siswa memahami konsep perubahan sosial dalam konteks nyata di lingkungan mereka sendiri.

  • Penguasaan Teknologi. Siswa belajar menggunakan Google Map sebagai alat analisis.

  • Kolaborasi dan Analisis Kritis. Melalui kerja kelompok, siswa belajar bekerja sama dan menganalisis dampak sosial secara kritis.

Melalui pembelajaran ini, siswa tidak hanya memahami teori perubahan sosial tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini juga memperkuat relevansi pembelajaran dengan lingkungan lokal, menjadikannya lebih bermakna dan menarik bagi siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun