Mohon tunggu...
Ir Muh Arif Arofah ST MT IPP
Ir Muh Arif Arofah ST MT IPP Mohon Tunggu... Insinyur - Program Profesi Insinyur Universitas Petra Surabaya (Mar 2024-Jul 2024) | S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (Sept 2022 - Feb 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (Sept 2016 - Augs 2020)| Ass. Tenaga Ahli Transport | SKA Ahli Teknik Jalan Muda

Mari berteman dengan klik follow IG @ir.arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com | LinkedIn: Muhammad Arif Arofah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kamu Ingin Membangun Sebuah Brand? Ayo, Ikuti 3 Resep Jitu Ini!

22 Mei 2022   14:10 Diperbarui: 22 Mei 2022   15:06 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : Freepik/storyset

Hai Kompasianers! Kamu sedang ingin membangun sebuah brand? Ada 3 resep jitu yaitu Harus Jelas, Harus Konsisten, dan Harus Berdampak. Berikut penjelasan lebih rinci 3 Cara membangun sebuah brand supaya bisa mendapat rasa kepercaayaan serta memberi daya tarik versi penulis: 

1. Jelas

Sumber Gambar : Freepik/freepik
Sumber Gambar : Freepik/freepik

Pastikan brand kamu mempunyai hal unik yang ingin ditonjolkan.  Mengutip dari perkataan Panji Pragiwaksono  "Sedikit lebih beda lebih baik, dibanding sedikit lebih baik". Gunakan tips ATM (Amati - Tiru - Modifikasi) dadi penulis yaitu:

  • Amati = Kamu perlu melihat disekitar lingkungan apakah sudah ada brand yang seperti milikmu. Atau lihatlah apa yang lingkungan kamu butuhkan saat ini.
  • Tiru = Kamu bisa meniru model bisnis brand kompetitor atau yang sudah ada. Namun bukan berarti semuanya kamu tiru ya. Supaya tidak dibilang plagiarisme.
  • Modifikasi = Pastikan ada yang berbeda dari brand milik mu. 

2. Konsisten

Sumber Gambar : Freepik/storyset
Sumber Gambar : Freepik/storyset

Lakukan secara terus menerus, jangan kadang ada kadang tidak ada. Hal tersebut bertujuan untuk membangun citra sekaligus meningkatkan pengenalan brand. 

Semakin sering kamu melakukan, maka semakin besar kesempatan brand kamu dikenal orang lain. Kamu bisa menggunakan platform media  sosial untuk melakukan branding yang menjangkau target audience.

3. Berdampak

Sumber Gambar : Freepik/storyset
Sumber Gambar : Freepik/storyset

Pastikan brand yang kamu bentuk dapat menjawab keinginan dan kebutuhan lingkungan sekitar. Kamu juga perlu berkolaborasi dengan brand lain lho! Setiap brand mempunyai target yang berbeda - beda. 

Berkolaborasi punya tujuan untuk memperbesar dan menyebarluaskan dampak positif keberadaan brand kamu lho! Dan tentunya dapat saling melengkapi keperluan sekaligus kepentingan satu sama lain. 

Nah, itu 3 resep jitu membangun sebuah brand supaya bisa mendapatkan rasa kepercayaan dan memberi daya tarik kepada calon konsumen.  

Semua perlu waktu yang lama dan tidak ada proses yang instan, jadi jangan lupa untuk menikmati setiap proses. Jangan lupa Kompasianers untuk selalu berlatih dan memperbaiki kesalahan. See You On Top!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun