Meningkatkan Mutu Hasil Belajar Siswa di Sekolah melalui Model Pembelajaran InyamengÂ
 Oleh:
Muhammad Arifai
Salah satu model pembelajaran yang dapat  meningkatlkan mutu hasil belajar siswa di sekolah adalah model pembelajaran Inyameng (interaksi nyaman menyenangkan). Model pembelajaran inyameng merupakan hasil inovasi yang saya lakukan guna meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa di sekolah. Di samping itu, model pembelajaran inyameng  lahir karena dilatarbelakangi oleh beberapa hal sebagai berikut:
- Siswa cenderung kurang bergairah dan termotivasi untuk berinteraksi dengan siswa lainnya dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
- Siswa kurang terampil melakukan kegaiatan bertanya dalam forum diskusi kelas.
- Untuk mencairkan dan mengalirkan kompetensi siswa agar mengalir ke muara prestasinya sesuai dengan potensinya masing-masing melalui kegiatan kolaborasi, diskusi, dan interaksi yang nyaman dan menyenangkan.
- Untuk memudahkan siswa memahami materi pembelajaran dengan baik.
- Untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran siswa di sekolah.
Adapun pelaksanaan model pembelajaran inyameng adalah sebagai berikut:
Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil (lima orang siswa per kelompok);
Membagikan kertas plano, post it, dan teks bacaan atau kertas kerja kepada setiap kelompok;
Setiap kelompok mendiskusikan jawaban dari kertas kerja yang dibagikan;
Setiap kelompok menuliskan jawabannya di kertas post it lalu ditempel di kertas plano;