NAMAÂ Â :Â Â MUHAMMAD AL HBIB
NIM Â Â Â Â : Â 12111410568
EMAIL  :  malhabib123@gmail.com Â
PEMBUKAANÂ
 Puji sukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT. yang telah memberikan rahmad dan hidayahnya serta karunianya sehingga saya dapat menyelesikan tugas artikel saya dari pelajaran mata kuliyah '' pengantar geografi'' dengan judul PANDANGAN KURIKULUM TERHADAP ILMU GEOGRAFI'' tepat waktu.
A. KEDUDUKAN ILMU GEOGRAFI
Geografi adalah imu yang mempelajari fisisk-fisisk atau gejala-gejala yang ada di permukaan bumi dan atmosfer bumi dari persektif regional. Geografi ini juga ilmu yang bersifat universal karena geografi mempelajari benda-benda yang ada di permukaan bumi dan di ruang angkasa. dan ilmu-ilmu lain menganggap bahwa geografi merupakan ilmu penunjang ilmu yang lain.
Geografi juga sebagai ilmu pengetahuan, karena di susun secara sistematik,menarik, bukan hanya memberikan deskripsi tentang bumi akan tetapi pembelajaran ini sudah mengkaji dan menganalisis baik objek fisik maupun sosial.
Dan jugak ilmu geografi mempelajari persaman dan perbedaan penomena geosfer dan titosfer di lihat dari sudut pandang kewilayahan dalam kontes keruangan.
Geografi berasal dari dua(2) suku kata yaitu geo dan graphien. geo artinya bumi dan graphien artinya tulisan, gambaran, atau penjelasan terhadap apa yang di teliti.
B. KURIKULUM 2013
Kurikulum adalah seperangkat atau suatu sisitem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang adpat di pedomani dalam aktivitas belajar mengajar.
Kurikulum berbasisi 2013 dapat diartikan sebagai konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melaksanakan tugas dengan setandar sehingga pembelajaran yang diterima tercapai oleh perserta didik atau siswa.
Fungsi pendidikan dan pembelajaran geografi  adalah membina dan menambah wawasan yang lebih luas kepada perserta didik dan  masyarakat akan pentingnya pembelajaran geografi ini pada masa depan, sehingga tersadar akan kedudukan sebagai mahluk sosial terhadap kondisi yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
 C. KARAKTERISTIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Adapun karakteristik mata pelajran geografi sebagai berikut :
-geografi merupakan kajian tentang fenomena alam dan yang berhubungan denag manusia
-geografi mempelajari fenomena geosfer,litosfer,hidrosfer,biosfer,atmosfer, dan antroposfer.
- pendekatan yang digunakn yaitu pendekatan keruangan, lingkungan maupun analisis wilayah.
D. PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Pembelajaran geografi adalah pembelajaran yang mengenai keruangan permukaan bumi yang diajarkan pada sistem pendidikan formal dan materinya disesuaikan dengan tingkat perkembangan pisikologi pengetahuan perserta dalam bagian jenjeng masing-masing.
Dan juga pembelajaran geografi hakikatnya adalah pelajaran tentang aspek-aspek keruangan permukaan bumi yang merupakan keseluruhan gejala alam dan kehidupan umat manusiya yang maju.
Manfaat mempelajari ilmu geografi iyalah masyarakat dapat memahami keadan sekitar dengan cara memahami dengan muda. contohya adalah bila ada bencana alam terjadi dia tidak panik karena dia telah mempelajarai cara mengantisipasinya.
E. PANDANGAN GEOGRAFI DALAM KURUKULUM 2013.
Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran geografi di kelompokan pada rumpun mata pelajaran pemerintahan ilmu-limu sosoial sehinga kajianya lebih diarahkan pada sudut pandang keberadaan dan aktifitas manusia yang di pengaruhi olaeh dinamika alam . dan adalam kurikulum ini, ilmu geografi bisa dijadikan sebagai pedoman para guru atau tenaga pendidik untuk dalam mengorganisasikan atau mengaplikasikan proses pendidikan.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H