Mohon tunggu...
Athallah  315
Athallah 315 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa FISIP/Ilmu Komunikasi Uhamka

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Persepsi Emosional di Kalangan Remaja terhadap Film Animasi Kimi No Nawa (Your Name)

16 Januari 2023   01:35 Diperbarui: 16 Januari 2023   02:04 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Persepsi Emosional Di Kalangan Remaja Terhadap Film Animasi Kimi No Nawa (Your Name)

ABSTRAK

Keunikan dalam film animasi kimi no nawa pada tahun 2016 ini terdapat rasa simpatik dan juga empatik terhadap kalangan remaja. Menurut penelitian oleh John B. Nezlek (1996) tentang peran empati dan simpati dalam mempengaruhi penilaian sosial, yang di mana dalam penelitian film ini terdapat kepercayaan dan persepsi kalangan remaja terhadap film animasi Kimi No Nawa (Your Name) sangat beragam. Salah satu yang paling menarik adalah bagaimana film ini berhasil menggabungkan elemen fantasi dan realisme.

PENDAHULUAN

Empati adalah kapasitas untuk memahami atau merasakan apa yang dialami orang lain dari sudut pandang mereka, yakni kapasitas untuk menempatkan diri sendiri pada posisi orang lain. Definisi empati mencakup berbagai proses sosial, kognitif, dan emosional yang terutama berkaitan dengan memahami orang lain (khususnya perasaan orang lain). Jenis-jenis empati meliputi empati kognitif, empati emosional (atau afektif), empati somatik, dan empati spiritual.

Simpati adalah suatu proses kejiwaan di mana seorang individu merasa tertarik pada seseorang atau sekelompok orang karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya yang sedemikian rupa. Simpati melibatkan proses evaluasi atau penilaian sebelum menentukan tertarik atau tidak, sehingga merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain itu akan menjadi emosi yang sangat mendalam. Bentuk dari simpati juga dapat berupa dukungan yang dilakukan secara spontan karena merupakan hasil dari respon tertarik yang datangnya tidak bisa diduga-duga.

Dibandingkan dengan rasa kasihan, simpati menyiratkan rasa kesamaan yang lebih besar bersama dengan keterlibatan pribadi yang lebih mendalam. Dalam keadaan emosional, simpati merupakan kumpulan dari afinitas sosial di mana satu orang berdiri dengan orang lain, sangat memahami perasaannya. 

Simpati ada ketika perasaan atau emosi seseorang dipahami dan dihargai secara mendalam oleh orang lain. Film ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Taki yang tiba-tiba bisa bertukar tubuh dengan seorang gadis bernama Mitsuha. Meskipun kisah ini ada di dunia fantasi, namun kisah ini masih realistis karena ada hubungan emosional yang dibangun antara Taki dan Mitsuha. Hal lain yang menarik dari film ini adalah cara Taki dan Mitsuha mencoba untuk menemukan satu sama lain. 

Hal ini mengingatkan remaja tentang bagaimana pentingnya melakukan usaha untuk mengerti dan mencintai orang lain. Keseluruhan, film animasi Kimi No Nawa menawarkan keunikan yang berhasil menarik kalangan remaja. Dengan menggabungkan elemen fantasi dan realisme, film ini menawarkan kisah yang bisa dinikmati oleh para remaja. Kisah ini juga mengingatkan remaja tentang pentingnya mencintai orang lain.

Menurut Dr. Karyn Hall, seorang ahli psikologi, simpati dan empati adalah dua aspek penting dalam pengembangan emosi remaja. Simpati adalah kemampuan untuk memahami emosi orang lain dan emosi mereka, sementara empati adalah kemampuan untuk merasakan emosi orang lain dan mencoba untuk menghormati dan memahami mereka. Kedua aspek ini penting untuk mengembangkan kemampuan untuk menghargai orang lain, membina hubungan, dan memahami bagaimana emosi berperan dalam kehidupan remaja. simpati dan empati adalah dua aspek penting dalam pengembangan emosi remaja.

PEMBAHASAN

Persepsi emosional yang dimiliki remaja terhadap film animasi Kimi no Nawa adalah positif, yang di mana film ini memiliki beberapa tema yang dapat memikat remaja, seperti tema persahabatan, percintaan, dan pengorbanan. Remaja juga dapat merasakan kisah cinta yang ditampilkan dalam film ini dan membuat mereka merasakan berbagai emosi yang berbeda. Remaja juga dapat menyesuaikan diri dengan karakter yang ada dalam film, seperti kepribadian Taki dan Mitsuha, yang dapat dilihat sebagai sosok yang mereka miliki. Selain itu, film ini juga menyajikan animasi yang menakjubkan dan lagu-lagu yang indah yang berkontribusi untuk menciptakan suasana yang indah. Secara keseluruhan, remaja merasakan persepsi emosional yang sangat positif terhadap film animasi Kimi no Nawa.

METODE CARA PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang juga menggunakan research gap dari penelitian sebelumnya sebagai acuan atau gambaran umum dari penelitian ini, dengan menggunakan strategi penelitian survey, yang sesuai dengan persepsi. Persepsi adalah proses yang ditempuh suatu individu untuk mengorganisasikan atau menasirkan kesan indra mereka agar bermakna sss(Simbolon, 2008). Metode survey juga merupakan pengumpulan data yang menggambarkan atau menguji pada suatu sampel atau populasi yang dijadikan objek dalam penelitian.

Yang dimana penelitian kualitatif sesuai dengan judul dari karya ilmiah ini yang mana lebih berpusat pada sifat kealamian atau sesuai dengan yang berada di lapangan, yang mana menghasilkan data yang deksriptif sesuai dengan lisan dari orang yang dijadikan sampel, dan sesuai dengan pengertian penelitian kualitatif pendekatan yang dalam ilmu sosial yang menggunakan paradigma alamiah berdasarkan teori fenomenologis. (Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., 2021)

Tabel Instrumen simpati dan empati pada film animasi Kimi No Nawa:

Berdasarkan menurut wawancara dari Luthfi bahwa di film animasi Kimi No Nawa ini:

  

No.

Scene/dialog

Simpatik

Empatik

Penjelasam

1.

Di scene 38:01 sampai di scene 41:12 saat di mana Taki berkencan dengan Okudera

         

        X

               

karena disaat ia bercermin tanpa sadar dia memiliki rasa ketertarikan kepada taki sehingga ia meneteskan air mata disebabkan dia merasa cemburu juga

2.

Di scene 51:45 sampai di scene 52:53 saat di mana Taki mengetahui bahwa Mitsuha sudah meninggal 3 tahun yang lalu

      

        X

Karena waktu pertama kali nonton dulu saya sock seperti yang dirasakan si mc karena awalnya kukira mereka hanya bertukar tubuh dengan gariswaktu yang sama namun discene ini  dikasih tau kalau mereka bertuakar tubuh antara 3 tahun lalu dan 3 tahun yang sekarang.

3.

Di scene 59:38 sampai di scene 1:00:51 saat di mana Taki meminum sakenya Mitsuha di sebuah goa/kuil tua untuk berharap bisa bertukar tubuh lagi dengan Mitsuha

      

        X

karena si mc saat dilokasi memiliki harapan besar agar bisa bertukar tubuh untuk menyelamtkan si heroinenya

4.

Di scene 1:18:00 sampai di scene 01:21:12 saat di mana Taki bertemu dengan Mitsuha

   

      X

karena disaat itu saya turut seneng melihat mereka berdua akhirnya bisa ketemu

5.

Di scene 1:23:02 sampai di scene 1:27:15 saat di mana Mitsuha dan teman-temannya yang ingin mencoba menyelamatkan desa Itomori dari komet yang jatuh

  

         X

karena perjuangan mereka untuk menyelamtakn orang banyak

6.

Di scene 1:30:30 sampai di scene 1:32:21 saat di mana komet mulai berjatuhan

         

          X

karena tempat tersebut kejatuhan komet yang membuat hancur

7.

Di scene 1:36:36 sampai di scene 1:40:45 saat di mana Taki mengetahui bahwa Mitsuha dan teman-temannya Mitsuha berhasil hidup sampai pada 3 tahun setelah komet berjatuhan

         

         X

Karena akhirnya mereka bertemu lagi walau tidak ingat nama satu sama lain disaat menonton saya ikut menteskan air mata saat scene tersebut

Berdasarkan menurut wawancara dari Muhammad Faqih bahwa di film animasi Kimi No Nawa ini:

  

No.

Scene/dialog

Simpatik

Empatik

Penjelasam

1.

Di scene 38:01 sampai di scene 41:12 saat di mana Taki berkencan dengan Okudera

          X

Karena si Okudera itu melihat kalau si Taki sifatnya berbeda dengan saat dia berinteraksi dengan Taki pada hari sebelumnya namun dia berusaha memahami dan menghormati perasaan dari si Taki

2.

Di scene 51:45 sampai di scene 52:53 saat di mana Taki mengetahui bahwa Mitsuha sudah meninggal 3 tahun yang lalu

         X

Karena Taki paham bagaimana perasaan bahagia Mitsuha ketika kometnya terlihat sangat indah, sedangkan Taki sendiri merasa sangat sedih dan terkejut ketika mengetahui kalau komet itulah yang membunuh Mitsuha       

3.

Di scene 59:38 sampai di scene 1:00:51 saat di mana Taki meminum sakenya Mitsuha di sebuah goa/kuil tua untuk berharap bisa bertukar tubuh lagi dengan Mitsuha

         X

Taki bersimpati terhadap Mitsuha, karena Taki terkejut dengan kejadian yang telah terjadi ke Mitsuha dan dia berusaha untuk merubahnya

4.

Di scene 1:18:00 sampai di scene 01:21:12 saat di mana Taki bertemu dengan Mitsuha

          X

Karena Taki meminta maaf kepada Mitsuha karena sudah memegang dadanya pada di scene awal film

5.

Di scene 1:23:02 sampai di scene 1:27:15 saat di mana Mitsuha dan teman-temannya yang ingin mencoba menyelamatkan desa Itomori dari komet yang jatuh

        X

Karena Mitsuha dan teman-temannya masih berusaha untuk menyelamatkan warga desa Itomori dari hantaman komet dengan cara meledakan gardu listrik desa

6.

Di scene 1:30:30 sampai di scene 1:32:21 saat di mana komet mulai berjatuhan

        X

Karena Mitsuha masih ingin menyelamatkan ayahnya walaupun ayahnya tidak memperyai Mitsuha

7.

Di scene 1:36:36 sampai di scene 1:40:45 saat di mana Taki mengetahui bahwa Mitsuha dan teman-temannya Mitsuha berhasil hidup sampai pada 3 tahun setelah komet berjatuhan

         X

Karena Taki merasa bahagia ketika mengetahui jika Mitsuha dan kawan-kawannya  masih hidup setelah kejadian komet jatuh walaupun Taki juga masih ragu jika orang yang dia lihat adalah Mitsuha 

Berdasarkan menurut wawancara dari Alfar bahwa di film animasi Kimi No Nawa ini:

  

No.

Scene/dialog

Simpatik

Empatik

Penjelasam

1.

Di scene 38:01 sampai di scene 41:12 saat di mana Taki berkencan dengan Okudera

        X

di scene ini Taki sebenarnya seneng tapikan dia juga ga tau juga harus bagaimana karena sebelum adanya kencan di timelinenya beda terus si Mitsuha yang dari masa lalu juga keliatan seneng tapi tanpa dia sadari dia sedih mungkin karena orang yang dia suka kencan sama yang lain

2.

Di scene 51:45 sampai di scene 52:53 saat di mana Taki mengetahui bahwa Mitsuha sudah meninggal 3 tahun yang lalu

 

        X

Karena kasian aja bahwa wanita yg dia kenal itu ternyata bukan dari waktu yang sama dan pas dia tau sudh mati, ya pasti sedih sii apalagi tau klo dia itu emang ga ada dari awal

3.

Di scene 59:38 sampai di scene 1:00:51 saat di mana Taki meminum sakenya Mitsuha di sebuah goa/kuil tua untuk berharap bisa bertukar tubuh lagi dengan Mitsuha

        X

disini menurut gua Taki itu berusaha untuk bertemu dengan Mitsuha walaupun melawan takdir itu perjuangan banget menurut gua

4.

Di scene 1:18:00 sampai di scene 01:21:12 saat di mana Taki bertemu dengan Mitsuha

       X

Karena disini keliatan Taki dan Mitsuha Bahagia dan seneng pastinya itu, karena akhirnya meraka bisa bertemu

5.

Di scene 1:23:02 sampai di scene 1:27:15 saat di mana Mitsuha dan teman-temannya yang ingin mencoba menyelamatkan desa Itomori dari komet yang jatuh

        X

 Karena disini mereka semangat banget untuk menyelamatkan banyak orang dan pastinya ada paniknya juga pas ngbajak siaran suara

6.

Di scene 1:30:30 sampai di scene 1:32:21 saat di mana komet mulai berjatuhan

    

         X

Karena merasakan ada paniknya juga disini deg"an gitu

7.

Di scene 1:36:36 sampai di scene 1:40:45 saat di mana Taki mengetahui bahwa Mitsuha dan teman-temannya Mitsuha berhasil hidup sampai pada 3 tahun setelah komet berjatuhan

        X

Karena Taki pasti seneng banget dan bahagia, ternyata apa yang dia perjuangangin berhasil

KESIMPULAN

Dari hasil wawancara serta metode penelitian diatas perlu diketahui membahas tentang bagaimana perasaan emosional remaja melalui Persepsi Emosional Di Kalangan Remaja Terhadap Film Animasi Kimi No Nawa (Your Name). Pesan-pesan yang dibawakan oleh pembuat dalam film Kimi No Nawa (Your Name) dapat pula dimaknai secara berbeda. Persepsi khalayak akan menentukan Apakah film tersebut berhasil atau tidak. Secara Umum "Kimi No Nawa (Your Name)" dimaknai dalam kerangka pemaknaan dominan, artinya persepsi kalangan remaja memvalidasi yang ditampilkan dalam film tersebut. Pembacaan dominan dapat berupa persetujuan pada pesan denotatif dan konotatif, misalnya film ini dimaknai sebagai kritik sosial yang segar. Hal inilah yang menandai kesuksesan film "Kimi No Nawa (Your Name)".

Namun, perspektif dan nilai-nilai pemirsa yang lain akan menimbulkan pemaknaan yang berbeda, dalam kasus "Kimi No Nawa (Your Name)" adalah kritik serta saran dan pesan yang ada di film mengenai gosip dan hoaks. Di sisi lain, pembacaan negosiatif terutama yang disampaikan ke halayak penting untuk menjembatani kedua posisi pemirsa. Dengan demikian, dapat terjadi diskusi yang membawa ke arah saling pengertian dan pemahaman akan perbedaan sudut pandang terutama untuk dapat terus-menerus membongkar stereotip-stereotip yang tidak disadari ada di masyarakat yang direkonstruksi media.

Dapat dikatakan simpatik apabila perasaan seseorang dapat memahami perasaan orang lain maupun dari sebuah scene atau suatu adegan, dan empatik merupakan sebuah perasaan orang lain yang dapat kita di rasakan.

Daftar Pustaka

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20211124185154-225-725640/sinopsis-anime-kimi-no-nawa-your-name

https://kiminonawa.fandom.com/wiki/Kimi_no_Na_wa.

https://en.wikipedia.org/wiki/Your_Name

https://katadata.co.id/agung/berita/624a735e66f9b/pengertian-simpati-menurut-para-ahli-faktor-penyebab-dan-contohnya

https://www.gramedia.com/best-seller/beda-simpati-dan-empati/

https://id.wikipedia.org/wiki/Simpati

https://www.alodokter.com/memahami-arti-ciri-ciri-dan-manfaat-empati

https://id.wikipedia.org/wiki/Empati

https://www.gurusiana.id/read/agussumarnospdmpd/article/antara-empati-dan-simpati-4506726#:~:text=Simpati%20muncul%20karena%20merasa%20pernah,peristiwa%20yang%20dialami%20orang%20lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun