Mohon tunggu...
Muhammad Hidayatullah
Muhammad Hidayatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - A polyglot (speaks indonesian, english, russian, italian and spanish)

Seorang Pria penyuka olahraga (tennis, gym dan lari ) dan traveling. Menguasai 5 bahasa (Indonesia , Russia , Inggris , Spanyol dan Italia)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Optimisme Menyongsong Indonesia Emas 2045, Transformasi dan Inovasi 33 tahun Bakti JNE untuk Negeri

27 Juni 2024   16:24 Diperbarui: 27 Juni 2024   16:34 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tahun 2045 nanti Indonesia genap berusia 100 tahun atau satu abad kemerdekaan , energi dan semangat untuk membangun mewujudkan negara yang adil , makmur  dan sejahtera telah digelorakan sejak bangsa ini membentuk undang -- undang dasar 1945 , yang mengamanatkan agar pembangunan nasional dijadikan kunci untuk mewujudkan negara Indonesia yang maju . Gerakan Generasi Emas Indonesia 2045 telah dicanangkan  pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025 -- 2045 , ini untuk mewujudkan visi negara Nusantara yang berdaulat , maju dan berkelanjutan.

Pembangunan bidang nasional khususnya di bidang ekonomi sangat mutlak dilakukan untuk bisa maju, mengejar ketertinggalan. Ada dua hal essensial yang harus dilakukan. Pertama , Indonesia harus mengejar pendapatan per kapita setara negara maju , kedua, menurunkan tingkat kemiskinan menuju 0 persen , atau tepatnya di angka 0,5 persen -- 0,8 persen. 

Untuk mewujudkan dua hal essenisal ini tentunya tidak mudah, apalagi pada tahun 2030 nanti Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yaitu dimana jumlah penduduk usia produktif (15 -- 64 tahun) diprediksi di atas 68 persen. Ini adalah keuntungan yang seharusnya bisa dimanfaatkan , artinya dengan jumlah penduduk usia produktif sebanyak itu , maka akan selaras dengan jumlah produk dan jasa yang dihasilkan. 

Dengan kata lain, akan terjadi peningkatan secara signifikan dan berkembang pesatnya sektor bisnis dan industri  ,  yang akan meningkatan nilai eskpor  menuju peningkatan devisa negara dan pendapatan per kapita.

Berbicara tentang produksi barang di sektor usaha industri , apalagi jelang kenaikan angkatan kerja usia produktif pada bonus demografi 2030, salah satu sektor penting yaitu distribusi dan jasa pengiriman produk (logistic atau ekspedisi). 

Jasa perusahaan logistik memegang peran penting dalam penyaluran dan pengiriman  produk dari produsen ke tangan konsumen, semakin cepat dan mudahnya konsumen mendapatkan barang yang mereka inginkan , maka akan semakin cepat pula perputaran uang yang ada , sehingga pada gilirannya akan mendorong percapatan usaha industri dan pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Banyaknya perusahaan pengiriman logistik atau ekspedisi saat ini di Indonesia   menunjukkan semakin banyaknya pilihan bagi produsen dan juga konsumen dalam menentukan pilihan perusahaan jasa logistik yang terbaik .

Dalam sepuluh tahun terakhir platform pasar E-commerce (digital market) semakin berkembang pesat di Indonesia, dimana semakin mudahnya konsumen untuk berbelanja melalui gawai yang mereka punya, dan memilih marketplace yang mereka inginkan untuk berbelanja. Berbelanja di  e-commerce sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia. 

Valuasi bisnis e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifkan, yaitu pada tahun 2022 tercatat sebesar US$ 77 miliar dan pada tahun 2025 diproyeksikan sebesar US$ 130 milyar , studi yang dirilis oleh e-Economy Southeast Asia oleh Google.

Pertumbuhan e-commerce dan marketplace menjadi peluang emas bagi para perusahaan logistik untuk berkontribusi dan memberikan daya dorong bagi industri ekonomi kreatif di dalam negeri untuk tumbuh dan berkembang , perusahaan jasa logistik adalah hal yang sangat vital bagi usaha industri kreatif , terutama usaha kecil dan menengah di Indonesia tumbuh dan berkembang .

Salah satu perusahaan logistik terpercaya di Indonesia adalah JNE , yang sudah berusia 33 tahun dan memiliki lebih dari 5000 gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Sebagai perusahaan logistik nomor satu di Indonesia JNE mampu memberikan jaminan pengiriman barang ke seluruh Indonesia secara cepat , aman dan tepat waktu. 

Semakin menjamurnya usaha bisnis e-commerce ditambah semakin banyaknya usaha UMKM industri kreatif, mendorong perusahaan logistik seperti JNE untuk terus berbenah , bertransformasi lebih baik untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pasar. Misalnya dengan gerai 24 jam di kota-kota besar sehingga pihak penjual dan pembeli dapat melakukan kontak dan transaksi kapan pun, bahkan di hari libur sekalipun.

Kemudahan akses berbelanja di era digital juga mendorong JNE untuk memberikan solusi kepada konsumen , baik di tingkat supplier dan retailer sampai di tingkat konsumen. JNE pun berinovasi dengan meluncurkan aplikasi My JNE , sebuah aplikasi yang terhubung antara JNE sebagai penyedia jasa logistik dengan retailer dan supplier dan juga konsumen . 

sehingga tidak hanya  memudahkan pelacakan pengiriman barang tetapi juga terkait pengecekan tarif, layanan pick up barang, selain itu juga terhubung dengan customer service yang siap membantu melalui email dan kontak telefon. Tidak hanya itu JNE juga memberikan beberapa fasilitas kemudahan lainnya seperti PIPO (pick up point), JOB ( JNE online Booking) dan JLC (JNE loyalty Card), yang dapat memudahkan proses pengiriman kepada konsumen.

sumber website rsud sultan suriansyah
sumber website rsud sultan suriansyah

Selain itu ada inovasi layanan terbaru JNE di tahun 2024 , JNE di beberapa kota meluncurkan layanan LAPAT (Layanan Pengantaran Obat) suatu inovasi layanan yang sangat membantu kebutuhan masyarakat , khususnya dalam menyikapi permasalahan antrean pengambilan obat pada pasien BPJS di rumah sakit - rumah sakit  , layanan LAPAT ini telah diterapkan misalnya di JNE banjarmasin yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Suriansyah. 

Tujuannya untuk meringankan pasien dalam mengantri obat, pasien tidak perlu mengantri dan JNe yang akan mengantarkan obat langsung ke rumah pasien. JNE berkomitmen layanan LAPAT ini akan mengantarkan obat tersebut tepat waktu, JNE mengantarkan obat rawat jalan langsung ke rumah pasien di hari yang sama.

Kreativitas dan  Inovasi yang dilandasi dengan semangat untuk terus maju menjadikan JNE sebagai perusahaan logistik terbaik dan terbesar di Indonesia, kiranya energi positif ini bisa menjadikan semangat dan contoh untuk seluruh masyarakat Indonesia untuk terus bergerak maju, mengembangkan kreativitas dan terus berinovasi , maka mimpi untuk menggapai generasi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud.

 #JNE#ConnectingHappiness#JNE33Tahun#JNEContentCompetition2024#GasssTerusSemangatKreativitasnya  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun