Identifikasi Sekolah
Penyusun : Muhammad Nur Fajri
Sekolah : SDN Nguter 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : II / Gasal
Fase : A
Materi Pokok : Memahami isi Bacaan
Alokasi Waktu : 1 Minggu x 3 jam pelajaran @ 35 Menit
Jumlah Peserta didik : Maksimal 22 Siswa
Target Peserta didik : Reguler
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Kompetensi Awal
Peserta didik sebaiknya telah memiliki kemampuan membaca dan menulis
Profil Pancasila
Gotong royong : Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang Ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain
Mandiri : Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya
Bernalar Kritis : Melalui informasi yang diperoleh dapat menggunakannya untuk menganalisis permasalahan maupun informasi
Berkebhinekaan global : penghargaan terhadap keragaman di seluruh dunia, kerjasama antar negara, penghormatan hak asasi manusia, dan toleransi terhadap perbedaan. Ini mendorong pemahaman, dialog, dan solusi untuk masalah global.
Kreatif : kemampuan untuk menghasilkan ide, konsep, atau karya yang baru, orisinal, dan berbeda dari yang sudah ada.
Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
Sarana : Ruang Kelas, Buku bacaan, Buku tulis.
Prasarana : Buku paket Bahasa Indonesia Kelas II, Modul Ajar.
Target Peserta Didik
Siswa Reguler
Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi memahami isi cerita adalah Cooperative Learning.
ELEMEN
Membaca dan memirsa
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Fase A, peserta didik mampu berbahasa sederhana untuk berkomunikasi, memahami instruksi lisan sederhana, kata-kata yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan kata-kata baru yang dibacakan dengan atau tanpa bantuan gambar. Peserta didik mampu melafalkan kata dan dapat dipahami, bertanya jawab berdasarkan topik sederhana. Peserta didik mampu memahami teks cerita sederhana (tiga kata) dan teks deskripsi sederhana serta melakukan kegiatan pramenulis seperti: memegang alat tulis, menggambar, membuat coretan yang bermakna, menulis di udara, menebalkan huruf, menyalin huruf, serta menyalin suku kata dan kata sederhana
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Akhlak mulia dengan menggunakan bahasa Indonesia secara santun
- Sikap pengutamaan dan penghargaan terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara Republik Indonesia;
- Kemampuan berbahasa dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual) untuk berbagai tujuan (genre) dan konteks;
- Kemampuan literasi (berbahasa, bersastra, dan bernalar) dalam belajar dan bekerja;
- Kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang cakap, mandiri, bergotong royong, dan bertanggung jawab;
- Kepedulian terhadap budaya lokal dan lingkungan sekitarnya; dan
- Kepedulian untuk berkontribusi sebagai warga Indonesia.
- D. ASESMEN
- a. Posttest
- Formatif
- b.Pengetahuan : Tes Tulis
- c. Ketrampilan : Berbicara di hadapan siswa lainnya
- d Sikap : Observasi
E. PEMAHAMAN BERMAKNA
Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam. Peserta didik juga mulai mampu mengungkapkan gagasannya secara lisan dan tulisan dengan sikap yang baik menggunakan kata-kata yang dikenalinya sehari-hari.
F. PERTANYAAN PEMANTIK
Pertanyaan pemantik untuk peserta didik sebagai berikut.
- Apa saja kata tanya yang kalian ketahui ?
- Pernahkah kalian menceritakan kembali cerita yang kalian baca?
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Tahapan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
Pembukaan
Guru mengucapkan salam.
Memulai dengan berdo’a secara bersama-sama.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
Guru melakukan presensi siswa.
Guru mengisi buku agenda kelas.
Apersepsi
Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Motivasi
Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan penerapan materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
Guru memberikan pertanyaan pemantik:
Apa saja kata tanya yang kalian ketahui ?
Pernahkah kalian menceritakan kembali cerita yang kalian baca?
15 menit
Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Peserta didik masing-masing membaca buku cerita.
Elaborasi
Guru menjelaskan macam kata tanya.
Guru menjelaskan penggunaan kata tanya dalam kalimat tanya.
Peserta didik mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan mencatat poin penting materi tentang alat ukur.
Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya
Peserta didik mengerjakan latihan membuat pertanyaan beserta jawabannya berdasarkan cerita yang dibaca.
Konfirmasi
Peserta didik maju dan membacakan hasil pekerjaannya.
Guru menunjuk siswa jika tidak ada peserta didik yang mau maju.
Melakukan diskusi dan koreksi dari hasil pekerjaan yang disampaikan peserta didik.
Peserta didik memperbaiki dan melengkapi pekerjaan yang kurang lengkap.
75 menit
Penutup
Kegiatan Akhir
Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan
Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi pada pertemuan selanjutnya.
Memberikan motivasi peserta didik untuk percaya diri dan tetap semangat dalam menuntut ilmu (belajar).
Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a.
Guru menginstruksikan peserta didik untuk merapikan dan membersihkan tempat duduk.
Mengucapkan menutup pembelajaran dengan mengucap salam.
15 menit
J. REFLEKSI PEMBELAJARAN
1. Apakah peserta didik belajar dengan cara yang menyenangkan?
2. Apakah peserta didik dapat mengikuti alur pembelajaran?
3. Ada berapa persen peserta didik yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan kategori tuntas?
4. Ada berapa persen peserta didik yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan kategori tidak tuntas?
5. Pembelajaran dengan model seperti apa yang diinginkan peserta didik untuk pembelajaran selanjutnya
K. GLOSARIUM
Apa: Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan informasi atau objek.
Bagaimana: Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan cara atau metode suatu kejadian.
Dimana: Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan lokasi atau tempat kejadian.
Kapan: Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu atau saat kejadian.
Mengapa: Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu peristiwa dalam cerita.
Siapa: Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan orang atau karakter dalam cerita.
Mengetahui,
Wonogiri, 17 Oktober 2023
Kepala Sekolah,
Guru Pengajar,
Tri Atmi Sri Minaningsih, S.T., M.Pd.
Muhammad Nur Fajri
H. Materi Ajar
Memahami Isi Cerita
Jenis-jenis Kata Tanya
Jenis kata tanya ada 6 macam, yaitu apa, dimana, siapa, kapan, mengapa dan bagaimana. Dapat disingkat menjadi “ADISKAMBA”. Dalam bahasa Inggris akrab dikenal 5W+1H (What, When, Where, Who, Why dan How). Berikut jenis-jenis kata tanya yang wajib kamu ketahui.
Kata Tanya Apa
Jenis kata tanya yang pertama, yaitu ada kata tanya "Apa" yang digunakan dalam kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu yang berupa perbuatan/keadaan, contohnya:
❖ Apakah kamu sudah tidur?
❖ Apa alasan kamu mau kerja di sini?
❖ Apakah Andi sudah berangkat sekolah?
Kata Tanya Di mana
Kata tanya "Dimana" biasanya digunakan dalam kalimat tanya yang menanyakan tempat atau lokasi. Kata ini diawali dengan kata depan: di, ke dan dari, contohnya:
❖ Di mana tempat tinggal kamu?
❖ Dimana lokasi masjid terdekat?
❖ Darimanakah perempuan itu berasal?
❖ Kemana dia akan pergi?
Kata Tanya Siapa
Jenis kata tanya selanjutnya, yaitu kata tanya "Siapa" yang digunakan untuk menanyakan seseorang, dan berikut beberapa contoh kata tanya siapa tersebut:
❖ Siapakah namamu?
❖ Siapa yang telah membersihkan ruang kelas?
❖ Siapa yang membelikan minuman ini?
Kata Tanya Kapan
Kata "Kapan" digunakan dalam kalimat tanya untuk menanyakan waktu kejadian yang sudah terjadi atau sedang berlangsung, berikut ini beberapa contoh kalimat tanya kapan tersebut:
❖ Kapan beliau berangkat ke Bandung?
❖ Kapankah kita dapat bertemu lagi?
❖ Kapan kamu membeli tas baru?
❖ Kapan kejadian kecelakaan siswa di depan sekolah tersebut?
Kata Tanya Mengapa
Jenis kata tanya "Mengapa" digunakan untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu peristiwa atau keadaan. Berikut adalah contoh kalimat tanya menggunakan kata tanya "Mengapa":
❖ Mengapa kamu memilih jurusan tersebut?
❖ Mengapa harga barang tersebut naik begitu cepat?
❖ Mengapa mereka tidak datang ke acara tersebut?
Kata Tanya Bagaimana
Kata tanya "Bagaimana" digunakan untuk menanyakan cara atau proses terjadinya suatu peristiwa atau keadaan. Berikut adalah contoh kalimat tanya menggunakan kata tanya "Bagaimana":
❖ Bagaimana cara membuat kue brownies?
❖ Bagaimana proses terbentuknya bintang?
❖ Bagaimana kondisi lalu lintas di pagi hari?
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Satuan Pendidikan : SDN Nguter 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Pokok : kata tanya dan kata jawab
Kelas : 2 / 1
- Tujuan
Siswa dapat mengenal kata tanya dan menulis kalimat berdasarkan kata tanya.
- Alat dan Bahan yang diperlukan
• Alat tulis
• Buku Siswa
• Buku cerita
- Langkah – langkah kegiatan
- Mengambil buku dari pojok baca.
- Mencari cerita pendek dari buku yang dipilih.
- Membuat kalimat tanya dan jawabannya dari cerita yang dibaca
No
Kata Tanya
Kalimat Tanya
Jawaban
1
Apa
2
Dimana
3
Siapa
4
Kapan
5
Mengapa
6
Bagaimana
. ASSESMEN
Penilaian Pengetahuan
Soal Pilihan Ganda:
1. Di sore hari, Maria pergi ke _______ untuk membeli buah dan sayuran.
a. Apa
b. Dimana
c. Siapa
d. Kapan
Jawaban: b. Dimana
2. Setiap hari Sabtu, keluarga Adit selalu pergi ke ________ bersama.
a. Bagaimana
b. Mengapa
c. Apa
d. Kapan
Jawaban: d. Kapan
3. Lisa menemukan sebuah buku di perpustakaan dan ingin tahu ________ buku tersebut ditulis.
a. Apa
b. Dimana
c. Siapa
d. Bagaimana
Jawaban: c. Siapa
4. Nia menemukan sebuah kunci di laci dan bertanya, "________ ini punya siapa?"
a. Kapan
b. Apa
c. Siapa
d. Dimana
Jawaban: c. Siapa
5. Rini meneliti tentang planet-planet dan bertanya kepada guru, "________ planet yang paling besar?"
a. Apa
b. Dimana
c. Siapa
d. Bagaimana
Jawaban: a. Apa
6. Dalam cerita, tokoh utama bertanya, "________ dia harus pergi untuk menemukan harta karun itu?"
a. Mengapa
b. Apa
c. Dimana
d. Siapa
Jawaban: c. Dimana
7. Ayah bertanya kepada anaknya, "________ kamu memilih jurusan ini untuk kuliah?"
a. Mengapa
b. Bagaimana
c. Apa
d. Kapan
Jawaban: a. Mengapa
8. Saat liburan, kita bisa bertanya, "________ kita akan pergi berlibur tahun ini?"
a. Kapan
b. Apa
c. Siapa
d. Dimana
Jawaban: a. Kapan
9. Pengajar bertanya kepada muridnya, "________ alasan kamu memilih buku ini untuk dibaca?"
a. Bagaimana
b. Apa
c. Siapa
d. Mengapa
Jawaban: d. Mengapa
10. Ketika menonton film, Rizky bertanya, "________ pemeran utama film ini sangat terkenal?"
a. Bagaimana
b. Apa
c. Siapa
d. Kapan
Jawaban: c. Siapa
Rubrik Penilaian Pengetahuan
Kriteria Jawaban Soal Pilihan Ganda
No
Kriteria Jawaban
Skor
1-10
Benar
10
Salah
Skor Maksimal = 10x10 = 100
Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
No
Jawaban
1
b. Dimana
2
d. Kapan
3
c. Siapa
4
c. Siapa
5
a. Apa
6
c. Dimana
7
a. Mengapa
8
a. Kapan
9
d. Mengapa
10
c. Siapa
Penilaian Sikap
No
Nama Peserta Didik
Dimensi Gotong Royong
Skor yang diperoleh
Nilai Akhir
Kolaborasi
Kepedulian
Berbagi
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
5
Penilaian Ketrampilan
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(2)
Penggunaan Kalimat Tanya
- Memasukkan kalimat tanya yang tepat
4
3
2
1
- Keragaman dalam jenis kalimat tanya
4
3
2
1
Konteks Cerita
- Pertanyaan terkait dengan isi cerita
4
3
2
1
- Kalimat tanya memberikan nuansa tambahan
4
3
2
1
Kohesivitas dan Alur Cerita
- Kalimat tanya mendukung alur cerita
4
3
2
1
- Transisi yang mulus antara kalimat tanya
4
3
2
1
Kelengkapan Informasi
- Pertanyaan mencakup aspek penting cerita
4
3
2
1
- Memberikan jawaban yang memadai
4
3
2
1
Penggunaan Kata Tanya yang Sesuai
- Memilih kata tanya yang sesuai dengan konteks
4
3
2
1
- Tidak mengulangi kata tanya secara berlebihan
4
3
2
1
Total Skor
LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Nama Observer :
Waktu : Hari …………, Tanggal
Petunjuk Pengisian Lembar Observasi
Berilah tanda (✓) pada setiap kolim di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
Ya : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan memenuhi aspek
Tidak : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan tidak memenuhi aspek
Penilaian Observasi keterlaksanaan pembelajaran
Aspek yang diamati
Penilaian keterlaksanaan pembelajaran
Catatan
Ya
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
1
Mengucapkan salam pembuka dan berdoa
2
Mengkondisikan suasana belajar dan memberikan motivasi dan menanyakan kondisi peserta didik
3
Melakukan presensi kehadiran peserta didik
4
Memberikan apersepsi materi yang
lalu
5
Menyampaikan Capaian Pembelajaran
6
Menjelaskan Tujuan Pembelajaran
7
Menjeaskan bentuk penilaian
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik pada masalah
1
Memberikan pertanyaan Pemantik
2
Menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media dan video pembelajaran
3
Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
1
Pembagian kelompok peserta didik
2
Menjelaskan permasalahan yang terjadi seputar routing statis
Membimbing penyeledidika individu maupun kelompok
1
Memfasilitasi, membimbing, mengamati keterlibatan peserta didik dalam diskusi, menyelesaikan masalah dan pengerjaan LKPD
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1
Mengamati dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam praktek, penyelesaian masalah dan proses mengerjakan LKPD
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1
Membimbing peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan meminta kelompok lain memberi tanggapan
2
Bersama peserta didik menyimpulkan solusi dari lembar kerja
3
Membimbing peserta didik mengumpulkan hasil diskusi dan unjuk kerja
Penutupan
1
Melakukan evaluasi dan rangkuman pembelajaran
2
Melakukan refleksi secara lisan tentang pembelajaran yang telah dilakukan
3
Menyampaikan materi pertemuan yang akan datang
4
Memberikan motivasi kepada peserta didik
5
Meminta peserta didik Bersamasama berdoa
6
Mengucapkan salam penutup
LEMBAR REFLEKSI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama : …………………………………………………
Kelas yang diampu : …………………………………………………
Waktu : Hari …………, Tanggal ……………………….
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Apakah ada permasalahan baik dalam persiapan maupun pada saat proses pembelajaran terkait dengan sarana dan prasarana?
Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………….
Apa hal menarik yang saya temukan selama proses pembelajaran?
Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………
Apakah siswa telah menunjukkan antusiasme selama pembelajaran?
Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………
Apa yang belum dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran ini?
Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………
Apa yang perlu diperbaiki dari pembelajaran yang sudah dilakukan?
Jawaban:
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
INSTRUMEN SURVEI
LEMBAR PERTANYAAN KEPADA SISWA
Nama
: ………………………………………………….
Sekolah
: ………………………………………………….
Kelas
: ………………………………………………….
Mapel
: ………………………………………………….
Waktu
: Hari …………, Tanggal ……………………….
Petunjuk:
Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Jawablah dengan jujur karena ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Kamu hanya perlu menjawab sesuai ekspresi yang ada di lembar ini yang menggambarkan perasaan kamu sangat sedih, sedih, senang atau sangat senang dengan memberi tanda ceklis (✓).
No.
Pertanyaan
4
3
2
1
1.
Saya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
2.
Saya memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru
3.
Kami boleh bertanya tentang apa saja kepada guru
4.
Guru membentuk kelompok dalam pembelajaran dengan adil
5.
Guru memberikan umpan balik kepada kami saat menjelaskan materi
6.
Pembelajaran yang diberikan membuat kami termotivasi untuk terus belajar
7.
Guru memperhatikan dan peduli kepada semua siswa di kelas
8.
Guru selalu memberikan motivasi
9.
Guru bertanya apakah kami senang atau tidak dengan pelajarannya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H