Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Guru - Never give up
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Just To Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Pengembangan Kreativitas Melalui Proyek

22 November 2020   21:55 Diperbarui: 22 November 2020   22:00 818
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak biasanya sering juga menggunakan metode yang bisa digunakan salah satunya adalah metode proyek. Proyek dapat disebut juga dengan suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh anak dengan begitu dapat melakukan pendalaman tentang satu topik pembelajaran yang diminati.

Menurut Nurhayati (2010:4), proyek adalah suatu upaya atau aktivitas yang diorganisasikan untuk mencapai suatu tujuan, sasaran dan harapan-harapan penting dengan menggunakan anggaran dana serta sumber daya yang tersedia, yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Dunia anak memang dunia bermain, dengan begitu dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan melalui kegiatan bermain, kemungkinan besar permainan yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kreativitas anak, yaitu salah satunya dengan menggunakan pendekatan proyek. Pendekatan proyek adalah suatu strategi yang dapat bunda atau tanda gunakan untuk mengembengkan prinsip bermain sambil belajar dan dapat menjadikan anak sebagai pusat di pelaksanaan pembelajaran anak usia dini.

Pada metode seperti ini sehingga banyak ilmu pengetahuan yang di dapat oleh anak ketika melakukan sesuatu secara mandiri, dengan begitu anak mampu membuat anak mengingat hal tersebut karena dapat menjadikan kegiatan yang bermakna bagi anak, bahkan dapat membuat anak menambah pemahaman lebih luas, menjadikan rasa keingin tahuan anak semakin besar, dan anak kan merasa memiliki penghargaan atau perhatian dari orang lain. Oleh karena itu pendeketan proyek yang bisa diartikan suatu pendekatan yang mampu membuaat segala kegiatan terpusat pada anak dan anak bisa menjadi subjek didalam proses pembelajaran.

Dalam melakukan suatu pembelajaran proyek tentu memiliki beberapa cara atau langkah-langkah untuk melakukan suatu pembelajaran proyek, yaitu sebagai berikut :

1.  Topik, pada tahap yang pertama dilakukan dengan cara menentukan atau memilih topik terlebih dahulu. Topik yang diambil harus kongkrit dan dekat dengan lingkungan anak, selain itu guru dan anak harus membuat kesepakatan tentang topik yang harus diambil.

2.  Eksplorasi, pada tahap kedua dilakukan dengan cara anak harus distimulus terlebih dahulu, dengan mengungkapkan berbagai pertanyaan, selain komentar atau ide-ide yang sesuai dengan topik.

3.  Pengorganisasian pada tahap ketiga dilakukan dengan cara semua ide-ide dan pertanyaan anak dikembangkan menjadi kegiatan belajar yang lebih eksploratif, selain itu tidak lupa membuat dokumentasi berupa foto atau video dll.

4.  Diskusi atau representasi, pada tahap keempat dilakukan dengan cara anak akan berbagi, mencari solusi, jawaban, dan berbagai perasaan berupa ungkapan tentang suatu kegiatan yang dilakukan. Selain itu juga membandingkan antara pengetahuan awal dan pengetahuan setelah melakukan pembelajaran.

5.  Ringkasan dari semua kegiatan, pada tahap kelima adalah suatu puncak dari semua rangkaian kegiatan atau pengalaman didalam melakukan kegiatan, dengan begitu guru dapat melakukan evaluasi dengan anak-anak tentang apa yang telah dipelajari serta apa saja yang telaj dicapai.

Selanjutnya dalam mengenai bentuk kegiatan lainnya yaitu membuat hiasan dinding dengan kertas origami, membuat gantungan jendela dengan kertas origami, membuat topi dari kertas karton, dan membuat bangunan dari balok atau lego. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk pengembangan kreativitas anak, antara lain :

-Bernyanyi/Mendengarkan musik

Kegunaannya untuk melatih suatu kemampuan mendengar anak, dengan menggunakan tape recorder dan laoudspeaker. Alat seperti itu banyak digunakan untuk melatih suatu kemampuan mendengar anak-anak, agar melatih indera pendengar anak menjadi semakin terlatih dengan baik, selain itu yang harus dilakukan dengan baik kita sering mengajak anak untuk mendengarkan lagu-lagu, cerita, dan menanyakan kembali apa yang telah si kecil dengarkan dalam cerita tersebut.

-Menggambar

Kegunaannya untuk tidak hanya sekedar aktivitas menyenangkan saja bagi anak, melainkan memiliki banyak suatu manfaat yang dapat memengaruhi tumbuh kembangnya di masa depan, dengan begitu menggambar dapat bermanfaat bagi anak dapat mengasah suatu kemampuan seni dengan mengeluarkan imajinasi dan kreativitasnya.

-Bercerita

Kegunaannya untuk mengasah kemampuan berfikir anak dengan cara mengarang suatu cerita dengan berdasarkan pada benda-benda tersebut, dengan ceritanya tidak harus yang logis akan tetapi berilah kebebasan pada anak untuk menggunakan imajinasinya.

-Bermain Puzzle

Kegunaannya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, dapat menyelesaikan masalah sendiri, mengasah kemampuan motorik, mengembangkan rasa percaya diri dan sabar pada saat proses menghadapi suatu masalah.

-Bermain balok kayu

Kegunaannya untuk memperkuat genggaman pada jari dan tangan anak, dengan begitu dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Selain itu dapat juga mendidik anak mempelajari perbedaan bentuk geometri.

-Bermain perosotan

Kegunaannya untuk melatih suatu perkembangan otot kaki anak, dengan adanya perosotan anak akan lebih banyak berjalan untuk menaiki tangga sebelum anak ini meluncur ke bawah, selain itu perosotan juga memiliki manfaat untuk pertumbuhan fisik anak.

-Bermain ayunan

Kegunaannya untuk mencegah obesitas pada masa kanak-kanak dan mendorong anak untuk melakukan kegiatan outdoor yang dapat melibatkan semua otot dan mebakar kalori, pada gerakan menarik kembali dan mendororng maju dengan menggunakan kaki bisa membuat paha belakang dan paha depan bergerak juga.

-Membuat kerajinan tangan

Kegunaannya untuk dapat membuat suatu karya yang menghasilkan sesuatu dari kedua tangan yang bisa jadi cara efektif meningkatkan daya kreativitas, selain itu izinkan anak untuk berkreasi sesuai imajinasinya tetapi tetap selalu dengan bimbingan seorang pendidik

-Mengklasifikasi benda-benda

Kegunaannya untuk bisa menjadi sebuah tantangan sendiri yang cukup menyenangkan bagi si kecil, dengan contoh dapat mengklasifikasikan hewan yang berkaki dua, berkaki empat, dan mana yang herbivora dan karnivora dsb.

-Rekreasi

Kegunaannya untuk memberikan suatu pengalaman baru pada anak dengan begitu berilah anak waktu khusus dengan mengajaknya ke tempat yang belum pernah dikunjunginya, seperti museum, taman rekreasi, dan kebun binatang dll.

Sekian artikel dari saya, jika ada salah kata atau tidak mengenakkan bagi para pembaca mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan saling berbagi ilmu bagi para pembaca, sekian terimakasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun