Mohon tunggu...
muhammad fadlullah
muhammad fadlullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya bermain bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Mahasiswa Asistensi Mengajar 3 dalam Menerapkan Media Pembelajaran Numerasi di SDN 18 Ampenan

27 Juni 2024   09:47 Diperbarui: 27 Juni 2024   09:54 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

esuai dengan kebijakan MBKM yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek padatahun 2020, dimana setiap perguruan tinggi/prodi dapat menawarkan kepada mahasiswa mengambil 3 semester di luar program studi dengan memilih 3 dari 8 BKP salah satunya adalah Asistensi Mengajar di satuan pendidikan (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK). 

Pelaksanaan Asistensi Mengajar terkait juga dengan pencapaian tujuan pada indikator kinerja utama yang harus dicapai secara maksimal oleh UNRAM.

Asistensi Mengajar adalah kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam dan luar kelas melalui pemanfaatan dan pengembangan media informasi teknologi. 

Program ini dilaksanakan dan dikelola oleh pihak universitas yang merupakan salah satu program yang dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa di luar kampus terkait dengan pengembangan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan. 

Program tersebut bertujuan untuk memberikan solusi bagi satuan pendidikan dasar, menengah, dan atas agar dapat meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh melalui pemberdayaan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang ilmu. 

Program ini diharapkan kepada mahasiswa yang di sekitar area sekolah untuk membantu para guru dan kepala sekolah agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat memenuhi standar isi, proses dan evaluasi yang sudah ditetapkan terutama literasi dan numerasi.

Media Pembelajaran adalah setiap benda yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengajar dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari pembelajar kepada orang yang akan menerimanya (siswa), atau sebaliknya. Benda, peristiwa, orang, atau kombinasi dari semuanya dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk efektivitas proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran, seorang guru dituntut untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran.

Pada hakikatnya, proses pembelajaran merupakan komunikasi, maka, media pembelajaran dapat dipahami sebagai media komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan sarana fisik yang digunakan saat pembelajaran berupa penyaluran pesan. Tujuannya adalah agar terjadi proses interaksi komunikasi antara guru dan siswa.

Numerasi adalah kemampuan memahami dan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dan menganalisis informasi yang ditampilan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas II dan beberapa peserta didik di SDN 18 Ampenan, diperoleh informasi yang komprehensif mengenai penerapan media pembelajaran kantong bilangan, kantong perkalian, dan alat peraga penunjuk jam dalam upaya meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Penerapan media pembelajaran ini telah menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan numerasi peserta didik kelas II.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun