Hasil dari sebuah pembelajaran merupakan salah satu tanah penting dalam sebuah proses pembelajaran untuk itu mari kita simak tentang penjelasan berikut ini. Pada kesempatan kali ini tentunya kita akan membahas tentang materi mengenai Hasil Belajar Akidah Akhlak
1. Taukah kamu apa itu hasil belajar? Untuk itu perlu kita ketahui bahwa hasil belajar adalah proses akhir dari sebuah pembelajaran atau sesuatu yang menjadi sebab akibat dari sebuah usaha yang mana untuk mengetahui tingkat pemahaman dari peserta didik pada materi yang dipelajari.Â
Sedangkan kata belajar itu sendiri merupakan sebuah usaha dalam proses untuk mendapatkan kepandaian ketika menuntut ilmu juga suatu tanggapan dari didapatkan dari sebuah pengalaman, kesimpulannya hasil belajar adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh sebuah usaha dikarenakan adanya kegiatan berupa penyampaian materi oleh guru kepada peserta didik yang diterangkan baik dengan angka ataupun huruf.
2. Apakah yang dimaksud dengan akidah? Akidah berasal dari kata yang memiliki arti pengikatan, pada umumnya akidah itu sendiri berarti sebuah kepercayaan, iman dan yakin yang mana akidah itu sendiri merupakan sebuah perbuatan hati dan juga pengetahuan pokok dari Rukun Islam yang mana didalamnya terdiri atas iman kepada Allah, iman kepada para malaikat, iman kepada rasul, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada hari akhir dan iman kepada kodok dan qadar Allah.Â
Jadi akidah disebut juga sebuah kepercayaan yang menjadi titik tolak permulaan seseorang menjadi muslim. Selain akidah ada satu lagi satu hal yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia termasuk umat muslim yaitu akhlak.
Apakah akhlak itu? Beberapa pendapat menyatakan bahwa akhlak itu sendiri adalah keadaan jiwa seseorang yang sering kali mendorong untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa adanya pertimbangan. Jadi kesimpulannya akhlak itu sendiri adalah suatu perbuatan baik dengan sengaja ataupun tidak yang mana muncul dalam diri manusia baik berupa perkataan ataupun perbuatan tanpa adanya rencana terlebih dahulu.
3. Taukah kamu apa itu Tipe Hasil Belajar? Ada beberapa penilaian dari sebuah proses hasil belajar antara lain yaitu:
A. Tipe Hasil Belajar Pengetahuan, pada tipe hasil belajar ini termasuk tingkatkan yang paling rendah, namun pada pada prosesnya tipe hasil belajar ini menjadi sebuah syarat bagi tipe hasil belajar berikutnya.
B. Tipe Hasil Belajar Pemahaman, tipe hasil belajar ini lebih tinggi daripada sebuah pemahaman, seperti pola penjelasannya dengan susunan kalimatnya itu sendiri dibaca atau didengar dengan contoh lain dari yang telah dicontohkan seperti cara menggunakan petunjuk lain pada suatu penerapan jika ada kasus lain.
C. Tipe Hasil Belajar Aplikasi, pada tipe hasil belajar aplikasi ini lebih menggunakan abstrak dalam situasi yang bersifat kongerat atau situasi yang bersifat khusus, abstraksi itu sendiri kemungkinan berupa ide, teori dan petunjuk dalam sebuah teknis.
D. Tipe Hasil Belajar Analisis, tipe ini lebih menyatukan pada unsur-unsur dan juga bagian-bagian sehingga lebih jelasnya pada proses penyusunannya, proses ini merupakan suatu dari sebuah pemahaman yang bersifat kompleks yang memanfaatkan dari tiga tipe pembelajaran sebelumnya.
E. Tipe Hasil Belajar Sintesis, dari segi cara penyatuannya antara unsur dan bagian dalam bentuk susunan penyuluhan ini yang dimaksudkan, dilihat berdasarkan pengetahuan dari segi hafalan, berfikir tentang pemahaman, bagaimana cara mengaplikasikannya dan cara menganalisa dapat dipandang sebagai cara berpikir yang bersifat konvergen.
F. Tipe Hasil Belajar Evaluasi, pada tipe ini cara pemberian keputusan tentang nilai yang kemungkinan dilihat dari segi tujuan, gagasan, cara bekerja, memecahkan sebuah permasalahan, dan lain sebagainya.
4. Tujuan Hasil Belajar, dalam menempuh sebuah pembelajaran mestinya memiliki tujuan ketika telah usai proses pembelajarannya, nah tujuan hasil belajar merupakan deskripsi tentang suatu perubahan perilaku yang diinginkan, pengukuran deskripsi itu sendiri mempunyai hubungan yang sangat erat dengan evaluasi, evaluasi ini dilakukan bertujuan untuk dilakukannya proses pengukuran, dalam artian keputusan yang harus ada dalam evaluasi berdasarkan data yang diperoleh dari pengukuran.Â
Untuk mengetahui seberapa jauh tidaknya pengalaman belajar siswa yang telah dimiliki perlu dilakukan pengukuran tingkat pencapaian siswa, dilihat dari hasil pengukuran ini guru dapat mengetahui dan memberikan evaluasi atas keberhasilan pengajaran siswa dan selanjutnya melakukan langkah-langkah guna untuk memperbaiki proses mengajar berikutnya.
5. Apakah manfaat dari hasil belajar Itu? Pasti dari kalian sering kali bertanya-tanya tentang manfaat hasil belajar itu sendiri, perlu diketahui bahwasanya dari belajar begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan tujuan dari belajar itu sendiri ialah menghilangkan kebodohan pada diri kita sendiri dengan belajar pula kita dapat dengan mudah ingin bergelut di depan dunia yang kita inginkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H