Lembar Pengumpulan Data
Nama Mahasiswa            : M. Maskur Musa
Nama Sekolah yang Diamati  : SD Islam Sultan Agung 4
Analisis/Evaluasi Lingkungan Kaya Literasi
3 hal yang sudah berjalan dengan baik
- Kegiatan Aransi
- Pembiasaan membaca 15 Menit setiap hari kamis di Kelas 3B
- Melakukan Refleksi dari Pembiasaan membaca 15 Menit di Kelas 3B
2 hal yang bisa ditingkatkan
- Pojok Baca (Ketersediaan Buku dan Kelayakan Tempat)
- Pemanfaatan atau berkunjung ke perpustakaan sekolah
1 hal yang perlu didiskusikan
Membuat program atau kegiatan literasi yang lebih menarik bagi peserta didik untuk semua kelas.
Komponen Informasi Terkait Sekolah yang Diamati
Program/Kegiatan yang sudah berjalan
- Kegiatan Aransi
- Pojok Baca
- Pembiasaan membaca 15 Menit
- Refleksi dari pembiasaan membaca 15 Menit
- Pemanfaatan atau berkunjung ke Perpustakaan Sekolah
Program lain yang dapat ditambahkan
- Pembiasaan literasi setiap satu minggu sekali di semua kelas seperti rabu literasi, jumat literasi dan lainnya.
- Perpustakaan Keliling, perpustakaan yang menggunakan kendaraan khusus seperti mobil, bus, motor, atau bahkan gerobak yang dimodifikasi untuk membawa koleksi bahan bacaan.
- Kolaborasi Literasi dengan Orang Tua: Mengundang orang tua untuk menjadi pembaca cerita atau mendongeng di kelas atau mendampingi anak memilih buku di pojok baca.
- Klub Literasi Siswa: Dibentuk kelompok kecil yang fokus pada membaca, mendiskusikan buku-buku tertentu, bercerita dan menulis, dengan pendampingan guru.
- Klub Jurnalis Sekolah: Melatih siswa menjadi jurnalis muda yang mampu menulis sederhana yang hasilnya di tempel pada mading sekolah
- Kelas Literasi Mingguan: Siswa dibimbing menulis puisi atau cerita pendek setiap minggu.
- Pojok Baca Outdoor: Area membaca di taman sekolah dengan meja dan kursi sederhana.
- Lomba-Lomba Literasi seperti membaca puisi, mendongeng, menulis cerpen dan lomba lainnya.
Pihak yang dapat dilibatkan
- Komite Sekolah, mendukung dan membantu menyediakan dana untuk kegiatan literasi atau sumbangan buku.
- Kepala Sekolah, membuat dan mendukung program-program literasi yang dilaksanakan disekolah
- Guru, membimbing peserta didik, menyusun kegiatan literasi, dan mengevaluasi perkembangan.
- Peserta Didik, menjadi partisipan aktif dalam semua kegiatan literasi.
- Orang Tua, mendukung kegiatan literasi di sekolah dan rumah, serta ikut serta dalam program kolaboratif.
- Perpustakaan Daerah, memberikan pelatihan atau mendukung dengan koleksi buku tambahan salah satunya perpustakaan keliling.
Indikator keberhasilan program
- Partisipasi Aktif Siswa: 80% siswa mengikuti kegiatan literasi secara rutin.
- Minat Baca yang Meningkat: Siswa dapat membaca minimal 2 buku selama 1 tahun.
- Keterlibatan Orang Tua: 50% orang tua terlibat aktif dalam kegiatan literasi
- Karya Literasi Siswa: Peningkatan jumlah karya siswa yang dipublikasikan (dalam bentuk cetak atau digital).
Kendala yang dialami sekolah
- Keterbatasan Koleksi Buku: Koleksi bahan bacaan di perpustakaan sekolah atau pojok baca mungkin kurang beragam dan menarik.
- Kurangnya Dukungan dari Orang Tua: Tidak semua orang tua memiliki pemahaman dan kesadaran akan pentingnya literasi.
- Partisipasi Peserta Didik yang Rendah: Tidak semua peserta didik memiliki minat baca yang tinggi, sehingga sulit melibatkan mereka dalam kegiatan literasi.
Solusi alternatif yang dapat diajukan
- Penggalangan Donasi Buku: Mengadakan kegiatan penggalangan buku dari orang tua siswa, alumni, atau masyarakat.
- Kerja Sama dengan Perpustakaan Daerah: Memanfaatkan layanan perpustakaan keliling atau meminjam koleksi buku untuk menambah variasi bahan bacaan di sekolah.
- Edukasi dan Sosialisasi kepada Orang Tua: Mengadakan sosialisasi tentang pentingnya literasi untuk anak, yang juga memberikan tips praktis mendukung literasi di rumah.
- Komunikasi Rutin dengan Orang Tua: Melalui grup WhatsApp atau media komunikasi lain, guru dapat mengirimkan saran buku bacaan atau laporan perkembangan literasi anak untuk meningkatkan kesadaran orang tua.
- Membuat Kegiatan Literasi Lebih Interaktif: Mengadakan lomba seperti mendongeng, membaca puisi, atau diskusi buku yang menyenangkan untuk menarik minat peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H